UKM Indonesia

​Tren dalam Youtube yang Penting Bagi Digital Marketing



sumber : brookings.edu

Sahabat Wirausaha tentu setuju kan kalau YouTube saat ini merupakan platform berbagi video terbesar di dunia? Dengan demikian, sangat beralasan jika banyak sekali pengguna yang memilih saluran internet ini secara maksimal sebagai salah satu strategi pemasaran produk maupun brand perusahaan. Berdasarkan data statistik yang dirilis oleh Katadata, ada sebanyak 93,8% pengguna internet usia produktif di Indonesia mengakses platform YouTube. Menariknya Sahabat Wirausaha, angka ini bahkan lebih tinggi dibanding jumlah pengakses Instagram dan Facebook. Pengguna YouTube pada Januari 2021 menempati urutan teratas diantara saluran internet populer lainnya seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter, dan lain-lain. Lebih jauh, pengguna platform ini di dunia bahkan angkanya lebih fantastis.

Gambar 1. Persentase Akses Media Sosial oleh Pengguna Internet Usia 16-64 Tahun di Indonesia (2020)

sumber : Katadata

Senada dengan hal tersebut, menurut Global Media Insight, jumlah pengguna internet di dunia yang setiap bulannya secara aktif mengakses YouTube sebanyak 2 miliar pengguna. Bahkan, pemasaran lewat video atau video marketing disebut-sebut akan booming di tahun 2022, karena 82% trafik internet akan berasal dari video. Maka tidak heran Sahabat Wirausaha, jika banyak sekali online marketer menggunakan strategi YouTube marketing.


Mengenal YouTube Marketing

YouTube marketing adalah teknik pemasaran dengan membagikan video melalui platform YouTube yang bertujuan untuk mempromosikan brand dan produk, mengkonversi, hingga meningkatkan penjualan. Video yang dibagikan bisa berupa iklan untuk ditampilkan pada tayangan lain. Bukan hanya iklan, Sahabat Wirausaha juga dapat membuat sendiri video promosi yang menarik dan mampu menyita perhatian penonton, baik dari segi ceritanya, aspek sinematik, atau berangkat dari judul. Membuat sebuah video promosi untuk tayangan YouTube memang cukup menantang. Namun hasil yang diperoleh akan sepadan dan mampu berkontribusi terhadap penjualan produk maupun layanan yang Sahabat Wirausaha tawarkan.

Gambar 2. YouTube Marketing

sumber : Sahabat Internet Marketing


Kelebihan YouTube Marketing

Seperti yang Sahabat Wirausaha ketahui, saat ini sudah banyak bisnis online yang menggunakan strategi marketing dengan menggunakan YouTube. Hal ini karena konten YouTube terbilang cukup menghasilkan. Bagi Sahabat Wirausaha yang belum mengetahui kelebihan dari marketing YouTube, berikut ini beberapa kelebihan YouTube:

  • Merangsang pengguna untuk membeli produk

Salah satu kelebihan yang bisa Sahabat Wirausaha dapatkan dari marketing YouTube yaitu merangsang calon pembeli. Seperti yang diketahui, bisnis online saat ini sudah banyak digunakan dan dipromosikan melalui YouTube. Keuntungannya pun lumayan, terlebih jika konten Sahabat Wirausaha menarik untuk diikuti.

Selain itu, jika Sahabat Wirausaha membuat konten berupa review, pengunjung bisa tahu produk tersebut bagus atau tidak, bagaimana kualitasnya, fitur atau fasilitas apa saja yang dimiliki, dan lain sebagainya. Sahabat Wirausaha juga bisa menambah testimoni agar pengunjung lebih percaya. Satu pengunjung yang berubah menjadi pembeli biasanya akan memberikan rekomendasi kepada lingkungannya.

  • Lebih Komunikatif

Kelebihan YouTube Marketing lainnya yang bisa Sahabat Wirausaha dapatkan adalah video yang lebih komunikatif. Tujuannya agar fitur yang ada dalam produk Sahabat Wirausaha dapat dimengerti banyak orang. Selain itu, Sahabat Wirausaha juga bisa menggunakan animasi atau efek visual untuk membuat konten semakin menarik. Tambahkan juga suara karena dapat membuat konten semakin tidak terlihat membosankan.

  • Memberikan Kesan Kredibel

Kelebihan menggunakan marketing pada konten YouTube berikutnya adalah memberikan kesan kredibel. Kesan kredibel dalam benak konsumen bisa membuat produk Sahabat Wirausaha terus diingat. Namun, untuk bisa memberikan kesan tersebut, Sahabat Wirausaha membutuhkan strategi yang sangat tepat.

Jika Sahabat Wirausaha berhasil menyampaikan kesan kredibel dalam benak konsumen, maka konsumen akan langsung membelinya. Itulah kenapa Sahabat Wirausaha harus membuat video marketing yang menarik. Sahabat Wirausaha bisa membuat nama yang unik dan mudah diingat. Atau dengan strategi lainnya, yaitu Sahabat Wirausaha bisa memanfaatkan kondisi yang viral saat ini.


Untuk bisa mendapatkan keuntungan karena menggunakan YouTube marketing seperti yang telah disampaikan sebelumnya, maka hal dasar yang perlu Sahabat Wirausaha lakukan adalah:

1. Buat Channel YouTube Khusus untuk Bisnis

Pada dasarnya, langkah pertama ini tidak wajib Sahabat Wirausaha lakukan. Namun, channel YouTube khusus bisnis mempunyai satu keunggulan yang tak dimiliki oleh channel pribadi, dimana channel YouTube khusus bisnis memungkinkan lebih dari satu akun untuk login. Artinya, channel YouTube Sahabat Wirausaha bisa diurus oleh banyak orang sekaligus.

Gambar 3. Channel YouTube Bisnis

sumber : sproutsocial

Di awal, Sahabat Wirausaha tentu berpikir bisa mengurus channel YouTube sendirian. Namun seiring berjalannya waktu, channel dan bisnis Sahabat Wirausaha pasti akan semakin berkembang, kan?

Efeknya, Sahabat Wirausaha akan membutuhkan banyak orang untuk mengurus channel tersebut agar kontennya tetap terjaga. Itulah mengapa dibutuhkan lebih dari satu akun yang dapat login, dan ini bisa dilakukan hanya jika Sahabat Wirausaha memiliki channel YouTube khusus bisnis

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat channel YouTube khusus bisnis:

  • Sahabat Wirausaha dapat login terlebih dahulu ke YouTube menggunakan akun Google
  • Klik ikon akun YouTube di kanan atas dan pilih “Buat Channel”
  • Klik tombol biru “Mulai” saat muncul jendela Mengawali perjalanan Sahabat Wirausaha sebagai kreator
  • Pilih opsi “Gunakan nama kustom” di sebelah kanan untuk membuat channel YouTube khusus bisnis
  • Isi nama channel sesuai bisnis Sahabat Wirausaha di kolom yang disediakan. Jangan lupa untuk mencentang “Saya mengerti…” lalu klik “Buat”
  • Jika muncul halaman Verifikasi akun, masukkan saja nomor telepon Sahabat Wirausaha (08xxx) untuk menerima SMS kode. Saat kode sudah diterima, Sahabat Wirausaha dapat memasukkan kode tersebut di kolom yang tersedia, lalu klik “Continue”. Jika kode belum diterima dalam waktu 15 menit, Sahabat Wirausaha bisa klik “try again” di bawah kolom agar kode dikirim ulang
  • Setelah itu, Sahabat Wirausaha akan dibawa ke halaman pengaturan channel. Di sini, Sahabat Wirausaha bisa mengupload foto profil, menulis deskripsi channel, dan memasukkan link website/media sosial. Pastikan Sahabat Wirausaha mengisi semuanya sesuai dengan bisnis Sahabat Wirausaha. Setelah semua terisi, klik saja tombol “Save and Continue” yang berada di bagian paling bawah.
  • Selamat, karena channel khusus bisnis Sahabat Wirausaha telah sukses dibuat.

Gambar 4. Langkah Membuat Channel Khusus Bisnis di YouTube

sumber : niagahoster

Selanjutnya, jika Sahabat Wirausaha ingin menambahkan akun pengurus lain ke channel bisnis tersebut, berikut panduan yang dapat Sahabat Wirausaha ikuti :

  • Klik foto profil channel di kanan atas lalu pilih “Setelan”
  • Sahabat Wirausaha akan dibawa ke halaman baru. Klik saja “Tambahkan” atau hapus pengelola
  • Klik tombol “Manage Permissions”
  • Sahabat Wirausaha klik ikon di kanan atas
  • Lalu, masukkan alamat email pengurus yang ingin Sahabat Wirausaha tambahkan di kolom. Pastikan Sahabat Wirausaha memilih “Manager” pada choose a role. Setelah itu, klik Invite.
  • Pengurus yang Sahabat Wirausaha tambahkan akan mendapatkan email dari google-my-business-noreply. Klik saja “Accept Invitation” untuk mengkonfirmasinya.
  • Jika pengurus Sahabat Wirausaha ingin mengurusi channel YouTube bisnis, ia harus login ke akun YouTube-nya sesuai email yang Sahabat Wirausaha masukkan. Setelah itu, klik foto profil di kanan atas, pilih Ganti akun dan klik saja channel bisnis Sahabat Wirausaha.
  • Selesai! Sekarang, ia bisa mengurusi channel bisnis sesuai dengan tugas yang Sahabat Wirausaha berikan.

2. Verifikasi Channel YouTube Sahabat Wirausaha

Jika beragam langkah di nomor satu bisa Sahabat Wirausaha lewati dengan sukses, maka cara nomor dua ini wajib Sahabat Wirausaha lakukan juga. Mengapa penting Sahabat Wirausaha? karena dengan memverifikasi akun, Sahabat Wirausaha akan mendapatkan beragam -fitur tambahan yang bisa menunjang YouTube Marketing, seperti bisa mengupload video dengan durasi lebih dari 15 menit, memasang custom thumbnail, dan melakukan live stream.

Berikut adalah cara memverifikasi channel YouTube Sahabat Wirausaha:

  • Kunjungi https://www.youtube.com/verify dengan akun channel Sahabat Wirausaha.
  • Pilih negara, dimana biasanya secara otomatis YouTube memilihkan Indonesia.
  • Pilih apakah Sahabat Wirausaha ingin dikirimi kode verifikasi melalui SMS atau telepon.
  • Masukkan nomor telepon Sahabat Wirausaha pada kolom yang muncul setelah memilih SMS atau telepon. Lalu, klik “Kirim”.
  • Akan terbuka jendela baru. Setelah Sahabat Wirausaha menerima kode verifikasinya, masukkan saja kode 6 digit tersebut lalu klik Kirim. Selamat, channel Sahabat Wirausaha sudah selesai diverifikasi.

Gambar 5. Verifikasi Akun

sumber : niagahoster

3. Ketahui Format Video yang Cocok untuk Sahabat Wirausaha

Setelah memiliki channel, langkah berikutnya yang perlu Sahabat Wirausaha lakukan adalah mengetahui dan memahami jenis video apa yang ingin Sahabat Wirausaha buat? Sahabat Wirausaha tentu mau video yang dibuat menarik banyak penonton, bukan?. Terkait dengan hal ini, Sahabat Wirausaha tak perlu bingung. Berikut ini adalah beberapa jenis video yang biasanya digunakan untuk YouTube Marketing yang dapat Sahabat Wirausaha gunakan, yaitu :

  • Listicles
Listicles adalah jenis video yang memberikan daftar atau list terkait suatu hal, contohnya seperti “10 Ras Kucing Paling Populer di Dunia” atau “7 Fenomena Alam Paling Keren di Berbagai Belahan Dunia.”

Terkait hal ini, pastikan video listicles di YouTube Marketing berkaitan dengan bisnis dan niche market Sahabat Wirausaha. Sebagai contoh adalah Niagahoster, perusahaan penyedia hosting dan jasa pembuatan website. Sehingga video listicles yang Niagahoster upload di channel “Niagahoster Indonesia” semuanya berkaitan dengan website.

Gambar 6. Listicle YouTube

sumber : YouTube

  • Panduan
Video jenis panduan biasanya mempunyai performa bagus karena memberikan edukasi atau informasi berharga kepada penonton. Penonton mau tak mau akan menonton sampai akhir agar informasi yang didapatkan benar-benar lengkap. Jangan lupa ya Sahabat Wirausaha, video panduan yang Sahabat Wirausaha buat juga sebaiknya berhubungan dengan produk atau jasa yang dijual.

Gambar 7. Panduan YouTube

sumber : YouTube

  • Behind-the-scene
Video behind-the-scene menampilkan apa yang terjadi di balik layar pada bisnis Sahabat Wirausaha, baik itu proses pembuatan produk, proses packing barang sebelum dikirim, perayaan ulang tahun di kantor, dan lain sebagainya. Usahakan video behind-the-scene Sahabat Wirausaha apa adanya agar bisa memberikan kesan asli pada penonton.

Gambar 8. Behind-the-scene

sumber : YouTube

  • Video Produk
Seperti namanya, video jenis ini bertujuan untuk memperlihatkan produk atau jasa Sahabat Wirausaha. Di video ini, Sahabat Wirausaha bisa menampilkan fitur tertentu, pemberitahuan versi baru dan kelebihannya, atau sekedar mengumumkan promosi terkait produk tersebut.

  • Success Story
Cara lain untuk memperlihatkan produk atau jasa adalah dengan membuat video succes story atau kisah sukses dari konsumen Sahabat Wirausaha. Video ini tidak harus berfokus pada produk Sahabat Wirausaha, melainkan juga bisa menceritakan sedikit masa lalu konsumen Sahabat Wirausaha, pencapaian terbarunya, atau rencananya di masa depan.

  • Wawancara
Salah satu cara terbaik untuk menarik penonton baru adalah dengan melakukan wawancara dengan seorang ahli di bidang bisnis Sahabat Wirausaha, karena sang expert atau sang ahli juga pasti punya “pengikut” sendiri, sehingga Sahabat Wirausaha akan mendapatkan penonton baru darinya. Oleh karena itu, pastikan Sahabat Wirausaha juga meminta ahli tersebut untuk mempromosikannya di media sosialnya.

Sahabat Wirausaha, setelah kita dapat memahami hingga melakukan seluruh tahap yang telah dibahas sebelumnya, maka hal penting selanjutnya yang harus Sahabat lakukan terkait dengan optimalisasi digital marketing, yaitu memperhatikan SEO YouTube.


SEO YouTube

Tahukah Sahabat Wirausaha, jika ada sekitar 3 milyar pencarian setiap bulannya di YouTube? Hal ini yang menjadikan YouTube sebagai mesin pencari terbesar kedua di dunia tepat di belakang Google, lho Sahabat. Luar biasa, bukan? Oleh karena itu, mengoptimasi SEO YouTube itu sama pentingnya dengan SEO di website Sahabat Wirausaha, mulai dari riset kata kunci yang tepat untuk video, optimasi metadata, dan masih banyak lainnya.

Gambar 9. SEO YouTube

sumber : acehpungo

SEO YouTube adalah langkah optimasi dari video yang Sahabat Wirausaha buat dan unggah di YouTube dengan tujuan utama membuat video agar lebih banyak diakses oleh masyarakat. Dengan kata kunci tertentu, video bisa muncul di posisi atas.

Kalau Sahabat Wirausaha dapat mengoptimalkan video dengan menerapkan teknik SEO, video bisa lebih mudah ditemukan di dalam platform. Selain itu, video juga bisa muncul dalam pencarian di YouTube mengingat platform ini juga dimiliki oleh Google.


5 Langkah Optimasi SEO YouTube

Ada beragam langkah yang bisa Sahabat Wirausaha lakukan untuk memaksimalkan SEO YouTube yang Sahabat miliki, terdiri dari :

1. Riset Keyword

Dalam panduan SEO YouTube, Sahabat Wirausaha tentu mengenal yang namanya kata kunci atau keyword. Sama halnya dengan konten yang ada pada website, Sahabat Wirausaha menempatkan kata kunci dengan kerapatan tertentu mulai dari kata kunci utama, turunan, hingga sinonimnya atau LSI.

Kata kunci pada YouTube akan menentukan posisi dari konten yang Sahabat Wirausaha buat. Misal kata kunci “cara membuat nasi uduk”. Kata kunci ini tentu memiliki persaingan yang besar. Akun YouTube yang memiliki viewers lebih banyak dan pengikut lebih besar akan berada di peringkat atas. Kalau Sahabat Wirausaha ingin memaksimalkan konten video yang sudah atau akan dipublikasikan, hal yang perlu dilakukan antara lain temukan kata kunci sesuai niche, analisis tren terbaru, dan koleksi kata kunci di Google.

2. Membuat Video dengan Kualitas Terbaik

Sama seperti Google, algoritma YouTube juga rumit dan sering berubah. Dengan kata kunci yang sama, bisa saja video Sahabat Wirausaha baru berada di halaman pencarian ke sekian. Dalam pencarian YouTube, video yang berada di atas adalah video yang dianggap paling sesuai dengan kata kunci atau relevan. Nah, sebelum melakukan berbagai optimasi mulai dengan melakukan riset kata kunci, ada baiknya Sahabat Wirausaha tahu jenis video yang disukai oleh YouTube. Selain itu, hal lain yang tentu harus diperhatikan adalah memperbaiki kualitas editing, orisinalitas video, panjang durasi video, thumbnail yang menarik, dan perhatikan selera penonton.

3. Optimasi Metadata

Pada poin pembahasan sebelumnya, Sahabat Wirausaha telah banyak mendapat penjelasan terkait kata kunci atau keyword. Namun, Sahabat Wirausaha belum tahu di mana kata kunci itu harus diletakkan, apakah harus di dalam video atau pada deskripsi, caption, tag, atau sejenisnya. Optimasi Metadata lah yang akan membahas bagaimana optimasi SEO YouTube itu dilakukan dan di mana saja kata kunci di tempatkan. Hal-hal yang dapat Sahabat Wirausaha lakukan terkait hal ini, antara lain selipkan kata kunci di judul, optimasi deskripsi video, masukkan tag yang tepat, berikan hastag yang sesuai, dan buat thumbnail yang sesuai dengan isi video.

4. Promosi Video

Hal berikutnya yang harus Sahabat Wirausaha lakukan adalah melakukan promosi video dengan cara gunakan media sosial yang tepat, buat komunitas, iklankan video Sahabat Wirausaha.

5. Evaluasi Video YouTube Sahabat Wirausaha

Setelah menjalankan keempat langkah di atas, masih ada satu langkah lagi yang tidak kalah penting, yaitu evaluasi. Sahabat Wirausaha perlu melakukan evaluasi pada semua video yang sudah Sahabat Wirausaha rilis. Caranya dengan memahami analytics tool. Sahabat Wirausaha cukup membuka Studio YouTube, lalu arahkan kursor ke bagian kiri dan klik “Analytics”.

Itulah tadi beragam hal di YoTube yang perlu Sahabat Wirausaha optimalkan dalam rangka meningkatkan performa bisnis yang berkaitan dengan digital marketing. Selamat mencoba ya!

Katadata. 94% Orang Indonesia Akses YouTube dalam Satu Bulan Terakhir.

Niagahoster. Panduan Lengkap YouTube Marketing untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: