Manfaat Bergabung dengan Komunitas Usaha - Mengembangkan sebuah bisnis bisa dikatakan ‘susah-susah gampang’. Ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi para pelaku UMKM, seperti bagaimana merancang strategi marketing yang baik, manajemen keuangan, dan sebagainya.

Para pelaku usaha juga kerap kehilangan semangat karena harus menghadapi tantangan tersebut seorang diri, terlebih jika baru merintis atau bisnis masih berjalan stagnan. Namun tentunya, hal itu akan berbeda cerita jika pelaku UMKM bergabung dengan komunitas usaha yang bisa memberikan banyak manfaat. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini!


5 Manfaat Pelaku UMKM Bergabung dengan Komunitas usaha

Salah satu hal yang dapat membantu kita dalam mengembangkan usaha adalah bergabung dengan komunitas. Ada banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh oleh pelaku UMKM yang bergabung dengan komunitas usaha, seperti : 

1. Memperluas Jaringan Bisnis

Manfaat pertama yang dapat kita rasakan ketika bergabung dengan komunitas usaha adalah dapat memperluas jaringan atau relasi bisnis. Kita akan bertemu banyak pelaku usaha dari berbagai bidang usaha, daerah dan latar belakang. Bahkan mungkin tanpa sengaja kita juga bisa bertemu dengan pelaku usaha sukses yang kita kagumi. 

Selain bertemu orang baru, melalui berbagai acara, forum diskusi dan pertemuan lainnya yang diadakan oleh komunitas, baik secara online maupun offline, kita juga memiliki kesempatan untuk bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat dan tujuan yang sama sehingga berpeluang untuk menjadi mitra bisnis, bahkan mendapatkan pelanggan potensial, hingga investor. Jaringan yang luas ini dapat membuka pintu untuk peluang baru, kolaborasi, dan kemitraan yang saling menguntungkan dan tentunya dapat memberikan manfaat bagi pertumbuhan bisnis UMKM.

Baca Juga: 8 Tips Komunikasi Efektif Untuk Menjalin Networking Bisnis, Perluas Jejaring Agar Siap Naik Kelas!

2. Pengembangan Kemampuan dan Keterampilan 

Bergabung dengan komunitas usaha juga dapat membantu kita dalam mengembangkan kemampuan dan keterampilan melalui seminar, lokakarya atau workshop, dan pelatihan yang kerap diselenggarakan oleh komunitas. Jika kita dapat memanfaatkan sumber daya ini, maka kita dapat terus meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam mengelola dan mengembangkan usaha.

Selain itu, di dalam forum bisnis juga biasanya akan ada hal-hal yang perlu didiskusikan bersama. Hal ini juga bisa menjadi kesempatan kita untuk melatih kemampuan berbicara atau komunikasi dan kepercayaan diri. Kemampuan berkomunikasi yang baik tentunya sangat diperlukan dalam berbisnis. Mungkin ini sepele, namun komunikasi yang baik dapat bermanfaat ketika kita berhadapan dengan pelanggan dan karyawan, atau ketika negosiasi dengan mitra dan sebagainya.

3. Berbagi Ilmu dan Pengetahuan

Komunitas usaha juga bisa menjadi wadah bagi kita untuk saling berbagi ilmu dan pengetahuan seputar dunia bisnis, seperti tips, trik, dan sebagainya. Kita juga bisa belajar dari cerita atau pengalaman berbisnis dari para anggota komunitas, baik pengalaman yang baik maupun buruk, seperti bagaimana saat pelaku usaha mengalami kendala dan bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. 

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai tren industri, peraturan, hingga peluang pasar. Tentunya ini dapat membantu kita untuk tetap kompetitif dan relevan dalam menghadapi lingkungan bisnis yang cepat sekali berubah. Dengan memanfaatkan informasi yang tersedia dalam komunitas ini, tentunya kita juga dapat mengembangkan strategi bisnis yang berkelanjutan dan dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk pertumbuhan jangka panjang.

Melalui sharing ilmu dan pengetahuan bisnis, kita juga bisa mendapatkan perspektif baru dari para anggota komunitas. Salah satunya yang berkaitan dengan bisnis inovatif, misalnya dalam hal branding, strategi marketing yang unik, atau terkait penentuan harga. Perspektif segar dari para anggota komunitas bisa memicu kita dalam mendapatkan ide baru untuk membuat sesuatu yang juga inovatif, sehingga bisnis kita bisa lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan yang sulit dan beragam.

4. Media Promosi untuk Meningkatkan Visibilitas dan Branding

Manfaat lainnya jika kita bergabung dengan komunitas usaha, kita dapat meningkatkan visibilitas usaha dan memperluas jangkauan pemasaran. Biasanya komunitas akan menyediakan platform online untuk promosi produk dan layanan. Selain itu, melalui kolaborasi dengan anggota komunitas yang lain, kita juga dapat memperkenalkan produk dan layanan kepada konsumen secara lebih luas. Dengan demikian, kita pun dapat meningkatkan kesadaran merek atau branding dan tentunya meningkatkan penjualan.

Selain itu, komunitas juga biasanya mengadakan kegiatan atau event, seperti pameran atau pasar lokal. Nah, dengan kita berpartisipasi dalam kegiatan komunitas, tentunya ini juga menjadi peluang untuk mempromosikan produk dan layanan kita, sehingga dapat meningkatkan visibilitas usaha di mata masyarakat secara lebih luas, terlebih jika komunitas kita juga menjalin kerjasama dengan media yang meliput kegiatan atau event, maka usaha kita akan dapat menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dan memperkuat citra merek.

Baca Juga: Perluas Relasi Hingga Peluang Kerjasama, Inilah 10 Manfaat Bergabung dengan Komunitas Usaha

5. Akses Pendanaan dan Modal

Komunitas usaha menjadi sumber potensial untuk akses pendanaan dan sumber daya lainnya. Ini bisa mencakup program pembiayaan khusus untuk anggota komunitas, akses ke investor tertentu, hingga kesempatan untuk dapat mengakses fasilitas dan infrastruktur secara bersama. Dengan begitu, tentunya kita dapat meningkatkan dan mengembangkan usaha kita.. 

Melalui komunitas usaha, kita juga berkesempatan mendapatkan informasi seputar pendanaan usaha atau permodalan. Terlebih lagi, kini telah banyak lembaga keuangan yang menjalin kerja sama dengan komunitas usaha untuk membantu meningkatkan dan mempercepat  inklusi keuangan di lingkup UMKM. Nah, kabar baiknya, jika usaha kita semakin berkembang setelah mendapat modal, lembaga keuangan akan ikut serta dalam mempromosikan usaha kita, lho!.


Beberapa Komunitas UMKM di Indonesia

Melansir dari laman Amartha, ada beberapa komunitas yang dapat Sahabat Wirausaha pilih untuk bergabung dengan komunitas tersebut, diantaranya : 

1. HIPMI

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) merupakan komunitas para pengusaha muda Indonesia. HIPMI sendiri didirikan pada 10 Juni 1972. Tujuan dibangunnya komunitas ini adalah untuk menumbuhkan wirausahawan di kalangan generasi muda, terutama pada saat itu yang mana masih sedikit sekali generasi muda yang berminat menjadi pengusaha. HIPMI kini menyediakan banyak program, terutama yang berhubungan dengan bisnis seperti seminar dan pelatihan keterampilan atau soft skill.

2. JCI Indonesia

Junior Chamber International (JCI) merupakan komunitas yang menaungi para profesional muda dan pengusaha berusia antara 18-40 tahun. JCI sendiri didirikan dengan tujuan menyediakan kesempatan untuk memberdayakan orang-orang muda yang ingin menciptakan perubahan positif. JCI memiliki banyak program, seperti yang berkaitan dengan ilmu bisnis di berbagai bidang.

3. Komunitas Tingkat Daerah

Komunitas tingkat daerah tentunya tersedia di setiap daerah dimana kita tinggal. KIta bisa mendapatkan informasi mengenai komunitas di daerah kita melalui orang-orang di kelurahan atau kecamatan. Atau kita juga bisa menggali informasi melalui kenalan atau pelaku usaha lain di daerah kita. Nah, biasanya program-program yang ditawarkan sendiri dapat berupa seminar mengenai bisnis, hingga berbagai pelatihan-pelatihan bisnis lainnya. 

Baca Juga: ​Ingin Membangun Tim yang Harmonis? Ini Dia 6 Cara Berkomunikasi Efektif Bagi Pemimpin Bisnis

Nah, demikianlah penjelasan mengenai manfaat bagi UMKM yang bergabung dengan komunitas usaha. Tidak perlu diragukan lagi, karena sudah banyak pelaku usaha yang bergabung dengan komunitas dan merasakan manfaatnya secara langsung. Nah, untuk Sahabat WIrausaha yang sudah bergabung dengan komunitas usaha, bisa banget nih sharing informasi dan pengalamannya di kolom komentar, ya!

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi : 

  1. https://www.linkedin.com/pulse/5-benefits-joining-community-small-business-owner-emma-rowley
  2. https://journeypoint.com.au/benefits-of-joining-a-business-community/
  3. https://www.kompas.id/baca/adv_post/ini-5-manfaat-umkm-gabung-komunitas-bisnis
  4. https://amartha.com/blog/usaha-mikro-ukm/tips-bisnis/alasan-pentingnya-gabung-komunitas-umkm-bagi-pelaku-usaha/