UKM Indonesia

Menjadi Power Merchant dan Official Store di Tokopedia ?


Apakah Sahabat Wirausaha sudah memulai berbisnis online ? kalau belum, sahabat wajib mencoba berbisnis online dengan menggunakan Platform Tokopedia ya. Sebab dilansir dari cnnindonesia nilai transaksi yang terjadi di Tokopedia pada bulan Mei 2019 mencapai 18.5 triliun. Sekarang coba sahabat bayangkan bagaimana rasanya jika 0.05% dari nilai omset tersebut adalah milik toko online sahabat di Platform Tokopedia, pastinya sangat menarik bukan.

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan omset penjualan toko anda di Platform Tokopedia adalah tipe keanggotaannya. Tipe keanggotaan yang sudah disediakan oleh Tokopedia diantaranya adalah Regular Merchant, Power Merchant, Official Store, dan yang terbaru yang di release oleh Tokopedia per 14 Juni 2021 kemarin adalah tipe keanggotaan Power Merchant Pro.

Nah pada artikel kali ini UKM Indonesia akan menjelaskan bagaimana caranya agar toko online Sahabat Wirausaha di Platform Tokopedia bisa menjadi Power Merchant dan Official Store. Simak terus pembahasan dibawah ini ya.

Baca Juga: Chat Commerce


Power Merchant

Apa itu Power Merchant

Power Merchant adalah jenis keanggotaan Seller yang berada satu level diatas Regular Merchant, berdasarkan data yang dikeluarkan Tokopedia pada tahun 2021, penjual dengan status keanggotaan Power Merchant lebih sering dikunjungi hingga 4,3x lipat, menerima pesanan lebih banyak hingga 5x lipat dan meningkat penjualannya hingga 5,5x lipat dibandingkan dengan Reguler Merchant. Untuk mendapatkan semua benefit diatas Tokopedia hanya mensyaratkan seller untuk membayar 1.25% per produk Sahabat Wirausaha yang terjual.

Selain benefit yang telah disebutkan diatas, ternyata masih banyak sekali manfaat yang bisa Sahabat Wirausaha peroleh jika sudah menjadi Power Merchant tentunya. Apa saja benefit yang akan Sahabat Wirausaha dapatkan akan kita ulas pada penjelasan berikut.

Seller Tokopedia

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial


Apa saja manfaatnya

Banyak sekali manfaat yang Sahabat Wirausaha akan dapatkan jika status keanggotaan toko sahabat di Platform Tokopedia sudah menjadi Power Merchant, diantaranya :

  1. Biaya bebas ongkir yang lebih ringan, pihak Tokopedia akan menurunkan biaya bebas ongkir bagi Seller yang sudah meng-upgrade tipe keanggotaan tokonya ke Power Merchant. Biayanya akan turun dari 2,5% ke 2,25% per produk terjual dengan bebas ongkir
  2. Bebas biaya layanan bagi pembeli yang menggunakan kartu kredit non cicilan dan kartu debit online pada toko yang sudah Power Merchant
  3. Sahabat Wirausaha bisa upload video pada halaman produk
  4. Sahabat Wirausaha juga akan mendapatkan akses untuk melakukan siaran berjualan secara live dengan menggunakan fitur Tokopedia PLAY

Tentunya jika Sahabat Wirausaha sudah mengupgrade keanggotaan menjadi Power Merchant maka toko Anda akan berkesempatan untuk lebih meningkat daya tariknya dimata pembeli hingga 4,3x lipat, mendapatkan pesanan hingga 5x lipat dan mendapatkan penghasilan sampai dengan 5x lipat lebih baik dibandingkan dengan toko Reguler.


Bagaimana cara menjadi Power Merchant

Cara agar toko Sahabat Wirausaha menjadi Power Merchant sangatlah mudah, namun perlu diperhatikan persyaratannya ya, karena Tokopedia membedakan beberapa persyaratan untuk menjadi Power Merchant bagi penjual lama dan penjual baru, berikut persyaratannya :

Seller Tokopedia

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital


Cara menjadi Power Merchant bagi Penjual Lama

Tokopedia akan mengategorikan sahabat sebagai penjual lama jika anda sudah membuka toko lebih dari 90 hari. Maka syarat yang perlu anda penuhi untuk menjadi Power Merchant adalah sebagai berikut,

1. Skor performa Toko minimum mencapai 60

Skor Performa Toko merupakan standar penilaian toko yang diterapkan Tokopedia berdasarkan kualitas pelayanan kepada pembeli. Skor Performa Toko ini meliputi 3 jenis komponen penilaian, yaitu Level Toko, Parameter Performa Toko, dan Poin Penalti.

Sahabat wajib menjaga Skor Performa Toko di angka (minimum) 60 untuk mempertahankan status keanggotaan sebagai Power Merchant aktif. Jika status Power Merchant toko sahabat wirausaha di Tokopedia tidak aktif, anda tidak bisa menggunakan fitur-fitur Power Merchant hingga Skor Performa Toko sahabat kembali mencapai skor minimal yaitu 60.

2. Verifikasi toko dengan meng-unggah foto KTP dan foto diri

Untuk mengupgrade toko sahabat menjadi Power Merchant, Sahabat Wirausaha cukup mengunggah foto KTP dan foto diri dengan KTP. Verifikasi toko ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Tokopedia di Android dan iOS. Pastikan anda menggunakan KTP asli ya bukan hasil scan atau fotokopi.

Baca Juga: Seluk Beluk Analisa Peluang Pasar di Tokopedia


Cara menjadi Power Merchant bagi Penjual Baru

Untuk kategori ini, Sahabat Wirausaha bisa langsung mendaftarkan toko menjadi Power Merchant jika belum lebih dari 90 hari, dan syarat yang perlu anda penuhi untuk menjadi Power Merchant adalah sebagai berikut,

1. Memiliki minimal 1 produk aktif

Pastikan sahabat sudah mengunggah minimal 1 produk aktif, atau anda dapat menambahkan jumlah stok pada tiap produk agar status toko tetap aktif.

2. Verifikasi toko dengan meng-unggah foto KTP dan foto diri

Untuk mengupgrade toko sahabat menjadi Power Merchant, Sahabat Wirausaha cukup mengunggah foto KTP dan foto diri dengan KTP. Verifikasi toko ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Tokopedia di Android dan iOS. Pastikan anda menggunakan KTP asli ya bukan hasil scan atau fotokopi.


Official Store

Seller Tokopedia


Apa itu Official Store

Official Store merupakan salah satu tipe keanggotaan seller di Tokopedia yang memberikan jaminan khusus untuk pembeli diantaranya Pasti Original, Pasti Ready dan Garansi Barang 7 Hari. Sahabat Wirausaha semua bisa mengupgrade toko di Platform Tokopedia menjadi Official Store selama Sahabat bisa memastikan bahwa produk yang dijual adalah produk original atau asli, selalu ready stock dan memiliki harga yang bersaing.

Baca Juga: Membedah Platform E-Commerce untuk UKM Ekspor


Apa saja manfaatnya

Dengan menjadi Official Store Tokopedia akan banyak sekali manfaat yang bisa sahabat wirausaha dapatkan yang pastinya akan semakin membantu penjualan produk sahabat semua ditengah ketatnya persaingan pasar online, dilansir dari sirclo berikut adalah beberapa manfaat yang bisa sahabat peroleh :

1. Lebih Mudah Dicari

Saat toko sahabat sudah menjadi Official Store tentunya akan ada pembeda dari jenis keanggotaan lain di Tokopedia salah satunya adalah badge khusus. Hal ini tentunya akan membuat visibiltas toko sahabat wirausaha semakin baik di dalam mesin pencarian Tokopedia atau sederhananya toko akan lebih mudah ditemukan saat calon konsumen mencari. selain itu toko juga akan mendapatkan halaman khusus di bagian Official Store

2. Tampilan Toko yang Lebih Menarik

Khusus untuk toko dengan jenis keanggotaan Official Store Tokopedia akan memberikan akses untuk mempercantik desain atau tampilan toko sehingga toko sahabat akan lebih rapih dan professional. Dengan tampilan yang menarik pastinya calon pembeli akan betah berlama-lama melihat toko yang akhirnya peluang mereka untuk membeli produk yang sahabat jual lebih besar.

3. Akses ke Fitur-Fitur Khusus

Dengan menjadi Official Store di Tokopedia, tentunya Sahabat Wirausaha akan diberikan akses ke banyak fitur menarik jika dibandingkan dengan toko reguler. Beberapa diantaranya adalah bebas megatur ekspedisi pengiriman, mendapatkan fitur statistik toko, beragam pengaturan diskon bisa digunakan dan diberikan pendampingan oleh Tim Bisnis khusus dari Tokopedia langsung.

4. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Tentunya dengan menjadi Official Store kepercayaan pelanggan terhadap toko sahabat akan semakin baik, sebab pembeli akan merasa aman karena barang yang dibeli sudah dipastikan asli, diberikan garansi dan lain sebagainya. Hal ini tentunya akan membuat penjualan toko anda semakin baik dan meningkat

Baca Juga: Apa itu Lean Start-up?


Bagaimana cara menjadi Official Store

Cara untuk menjadi penjual Official Store sangat mudah, sahabat hanya perlu masuk ke halaman berikut pendafataran Official Store. Setelah itu anda hanya perlu melengkapi dokumen yang di persyaratkan. Pada jenis keanggotaan ini, Tokopedia membagi lagi menjadi dua kategori yaitu tipe perseorangan & tipe badan usaha. Sahabat bisa lihat dokumen yang diperlukan pada tautan ini.

Setelah Sahabat Wirausaha melengkapi dokumen diatas, sahabat hanya tinggal menunggu maksimal 7 hari kerja untuk proses persetujuan, jika dalam waktu 7 hari tersebut toko sahabat tidak mendapatkan tanggapan dari tim Tokopedia artinya toko sahabat belum memenuhi kualifikasi untuk menjadi penjual Official Store. Namun, sahabat wirausaha tidak perlu khawatir sebab anda masih tetap bisa berjualan di Tokopedia sebagai penjual Reguler dan Power Merchant.

Nah itu tadi adalah cara untuk menjadi penjual Power Merchant dan Official Store di Tokopedia, Sahabat Wirausaha bisa langsung mencobanya ya, semoga dengan menjadi Power Merchant dan Official Store di Tokopedia omset penjualan Sahabat Wirausaha akan semakin meningkat. Jangan lupa dipraktikan ya sahabat.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Sumber :

cnnindonesia, Tokopedia, seller.tokopedia, sirclo

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: