Sumber: Freepik
Sahabat Wirausaha, pernah lupa dengan nama suatu barang terus tulis kata-kata yang berkaitan dengan produk tersebut contohnya, “Pisau lucu warna warni”, “Balon untuk anak”. Nah, contoh-contoh tersebut adalah salah satu penggunaan kata kunci atau keywords yang sering dipakai oleh orang-orang dalam mencari sesuatu. Apa itu kata kunci? Yuk kita simak pada kamus bisnis berikut.
Definisi
Dikutip dari Google Ads, keyword atau kata kunci adalah kata atau frasa yang digunakan untuk mencocokkan iklan Anda dan istilah yang ditelusuri orang-orang. Sebuah kata kunci biasanya digunakan oleh konsumen untuk mencari barang yang mengasosiasikan dengan barang yang ia cari. Oleh karena itu, kata kunci akan memberikan deskripsi terbaik yang sesuai dengan barang, situs, maupun laman dari bisnis.
Baca Juga: Mengenal Apa itu Google Adsense?
Sebagai contoh, ketika Sahabat Wirausaha memiliki bisnis kriya logam gelang anak. Mungkin Sahabat Wirausaha akan menambahkan “gelang anak”, “gelang perak”, “gelang emas”, dan lain-lain sebagai kata kunci untuk mendapatkan dan mencari informasi bisnis milik Sahabat Wirausaha. Namun, permasalahannya adalah bagaimana produk dan website Sahabat Wirausaha masuk di daftar pencarian awal ketika calon konsumen mencari kata kunci tersebut di Google? Itulah pentingnya kita mempelajari tentang kata kunci.
Jika sebagai pemilik usaha, kita salah dalam mengatur kata kunci akan membuat kita kesulitan untuk mendapatkan lalu lintas dan pengunjung virtual yang akan melihat produk kita. Hal ini disebabkan ketika calon pelanggan mencari menggunakan kata kunci, kata kunci tersebut tidak pernah cocok dengan apa yang sebelumnya kita atur. Sehingga membuat pelanggan tidak pernah mengunjungi laman dan produk kita, dan produk kita sepi pembeli. Itulah mengapa mengelola kata kunci jadi sangat penting untuk mendapatkan lalu lintas di internet yang menghampiri produk kita.
Baca Juga: Apa itu Online Marketing?
Karena kepentingannya tersebut kita harus bisa mengelola kata kunci dengan baik dimulai dengan mencari kata kunci yang pas dan cocok untuk produk dan laman kita. Salah satu caranya adalah menggunakan situs Keywords Explorer.
Di situs tersebut kita bisa memasukkan kata kunci dasar sebagai produk kita, sebagai contoh kita menjual baju tidur. Kita bisa memasukkan kata-kata yang terkait dengan baju tidur seperti piyama, baju tidur, dan lainnya sebagai pemancing. Kemudian dengan melakukan pencarian akan keluar ribuan hingga jutaan kata kunci yang sering berkaitan dengan produk tersebut.
Baca Juga: Mengenal Pihak Pemasaran Afiliasi?
Bagaimana kita bisa memiliki kata kunci yang banyak tersebut dengan kata kunci kita, salah satunya adalah dengan mempertimbangkan volume dari pencarian tersebut. Atau juga bisa menggunakan intensi dari kata kunci tersebut.
Sekarang, apa saja yang menjadi kata kunci produk atau laman Sahabat Wirausaha? Sudah kepikiran belum? Jika belum, ayo Sahabat Wirausaha memulai untuk memikirkannya dan mengeksplorasi sebanyak mungkin dan memilih yang paling terbaik untuk produknya. Agar suatu saat nanti, ketika calon pembeli ingin mencari sebuah produk yang keluar adalah produk atau laman Sahabat Wirausaha!
Referensi: