TikTok, aplikasi media sosial yang kontennya berbasis video pendek, hari ini masih menjadi salah satu favorit warga Indonesia. Tak cuma muda-mudi remaja, pekerja kantoran berbagai profesi dan semua kalangan ramai-ramai menggunakan aplikasi ini. Tidak heran jika bagi pelaku UMKM, TikTok merupakan ladang cuan potensial sekaligus media marketing yang andal.  

Supaya bisa lebih dilirik oleh para pengguna TikTok, konten promosi kita harus masuk ke deretan FYP alias Front Your Page. Bagi banyak pelaku UMKM, istilah ini bisa jadi masih terdengar asing. Nah, apa sebenarnya FYP itu? Dan kenapa penting bagi kegiatan promosi kita? Berikut penjelasan lengkapnya.


Mengenal FYP di Tiktok 

Istilah FYP alias For Your Page, merupakan suatu fitur headline di dalam aplikasi TikTok. Segmen FYP ditempatkan sebagai halaman pertama yang muncul saat pengguna TikTok membuka aplikasi mereka. Artinya, saat kita membuka aplikasi TikTok, yang akan pertama kita lihat adalah video-video yang ada  di halaman FYP. 

Biasanya, konten-konten yang masuk ke segmen FYP berstatus viral dan memiliki viewers yang sangat banyak. Biasanya, akan jadi kebanggan sendiri bagi pengguna atau content creator TikTok saat konten mereka bisa tembus ke halaman FYP. 

Meski begitu, ternyata isi halaman FYP bisa berbeda antara pengguna satu dengan pengguna lainnya. Konten FYP yang muncul akan disesuaikan dengan minat dan kebiasaan setiap pengguna. 

Misalnya, saat bermain TikTok, kita sering menyukai atau berkomentar pada konten berisi kucing-kucing lucu atau hewan menggemaskan lainnya, maka konten yang muncul di FYP kita kebanyakan adalah seputar hal tersebut. Sebaliknya, jika kita kerap menyukai konten mukbang, tentu post tentang makanan pula yang akan muncul di halaman FYP kita.


FYP di Tiktok dan Manfaatnya Bagi Bisnis UMKM 

Sebagai pelaku UMKM di era digital, tentu penting bagi kita untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi agar tak melulu ketinggalan zaman. Salah satunya adalah dalam berpromosi dan menjangkau pelanggan. Jika bisa menembus halaman FYP, maka besar kemungkinan konten kita akan berhasil meraih perhatian banyak pengguna. Hal ini akan memberikan beberapa dampak signifikan, seperti : 

1. Melejitnya Pertumbuhan Akun

Menembus halaman FYP akan meningkatkan eksposur akun kita. Artinya, akan lebih banyak views (tayangan), likes, comments, hingga followers baru yang akan kita dapatkan. Hasilnya, akun kita bisa semakin menarik perhatian pengguna lain. Bertambahnya followers juga akan berarti meningkatnya pertumbuhan akun. Hal ini akan membuat akun kita semakin populer. Otomatis, produk atau jasa yang kita tawarkan juga akan lebih banyak dilihat orang lain.  

2. Genjot Brand Awareness

Masuk ke halaman FYP berarti satu hal : akan lebih banyak pengguna TikTok yang melihat konten kita. Jika brand yang kita kelola bertujuan meraih brand awareness, maka tingkat keberhasilannya akan semakin tinggi jika konten kita bisa konsisten tembus FYP. Semakin sering konten kita muncul di halaman utama ini, akan semakin sadar orang-orang akan keberadaan produk, jasa, maupun brand kita. 

Kepopuleran ini, jika dibarengi dengan kualitas yang apik, bisa meningkatkan potensi kerjasama dengan berbagai brand lain. Nggak cuma itu, dengan modal followers yang lebih banyak dan brand yang tengah naik daun, akan semakin mudah bagi kita untuk meyakinkan influencer ternama buat promosikan produk kita. 

3. Boosting Promosi Jualan

Semakin populer akun kita, maka akan semakin banyak pula penonton yang kita jangkau. Apalagi jika kita bisa memancing review positif bagi konten ataupun produk dan jasa yang kita jual. Hasilnya, jualanan kita juga akan lebih banyak dilihat pengguna TikTok. Bukan tidak mungkin, mereka juga mempertimbangkan untuk membeli produk kita. Jadi, siap-siap saja kebanjiran pesanan!

Jika akun jualanan kita berhasil masuk FYP satu kali, maka segeralah manfaatkan kesempatan ini dengan terus konsisten mengunggah video pendek berkualitas. Pastikan nama brand dan produk/jasa yang kita jual terlihat serta terdengar jelas dalam konten kita. Manfaatkan momen tenar ini untuk meraih lebih banyak pelanggan dengan konsisten berpromosi dan membuat konten yang menarik. Sekali-sekali, kita juga bisa menyisipkan kode promo maupun diskon untuk menggenjot penjualan. 

Yuk, saatnya UMKM Naik Kelas dengan konten digital!

***

Ingin tahu cara meningkatkan omzet lewat TikTok?

Ayo ikuti Webinar Series Spesial HUT Ke-6 ukmindonesia.id bertema "Meningkatkan Penjualan Berkali Lipat dengan Konten di TikTok" dan dapatkan merchandise dari Tiktok, voucher e-money serta paket produk dari UKMJagowan (Pawon Narasa, Snack Zone dan Tentang Peristiwa) untuk peserta terpilih!

Hari, Tanggal  : Senin, 25 September 2023
Waktu             : 13.00 - 14.30 WIB
Daftar gratis sekarang di s.id/daftarwebinartiktokukm