Face expressions illustrations emotions feelings

Ketika Sahabat Wirausaha melakukan kampanye atau beriklan melalui pemasaran digital, terdapat beberapa istilah yang perlu diketahui agar mendukung performa iklan kita. Salah satu istilah penting tersebut adalah cost per impression. Apa itu cost per impression, apa manfaat mengimplementasikan metode cost per impression untuk bisnis Sahabat Wirausaha, hingga bagaimana cara menghitungnya? Simak artikelnya disini ya.

Mengenal Apa itu Cost Per Impression

Cost per impression atau yang biasa disingkat CPI adalah biaya yang harus dibayarkan oleh Sahabat Wirausaha atau perusahaan sebagai pengiklan, setiap kali iklan kita ditampilkan pada seseorang. Dalam dunia digital marketing, cost per impression dikenal juga dengan istilah cost per thousand impression ataupun cost per mile (CPM).

Manfaat Cost Per Impression

Dengan menggunakan metode cost per impression, Sahabat Wirausaha dapat mengetahui seberapa efektif iklan yang dipasang di internet. Lebih lanjut, dengan menghitung cost per impression, Sahabat Wirausaha bisa mengetahui return on investment dari kampanye online tersebut.

Secara umum, cost per impression biasanya dipilih untuk kampanye yang berfokus pada peningkatan brand awareness, dimana metode CPI ini dinilai lebih cocok digunakan dibanding menghitung cost per click, cost per purchase, maupun click-through rate. Selain itu, cost per impression adalah pilihan yang tepat jika sebuah kampanye iklan memiliki kemungkinan besar diklik oleh orang. Namun sebaliknya, jika trafiknya rendah, CPI bukanlah alternatif yang tepat.

Cara Menghitung Cost Per Impression

Teknik penghitungan CPI sangat sederhana, yaitu dengan membagi “total pengeluaran kampanye dengan biaya per impression atau biaya per impression dengan keseluruhan impression”. Sebagai contoh, Sahabat Wirausaha mengeluarkan Rp 2 juta untuk kampanye iklan seribu impression. Maka, nilai CPI yang didapatkan adalah Rp 2.000 per impression. Mudah, bukan?

Gambar 2. Rumus CPI

sumber : mix with marketing

Sahabat Wirausaha, itulah penjelasan singkat terkait cost per impression. Selamat mencoba dan semoga dapat menambah wawasan, selamat bertumbuh!

Referensi:
toffeedev.com. Apa itu Cost per Impression? Berikut Manfaat dan Cara Menghitungnya.