Shinta Nurfauzia namanya, pendiri PT Lemonilo Indonesia Sehat, sebuah perusahaan konsumen startup sebagai loka pasar dengan produk sehat, alami, dan ekonomis. Perseroan Terbatas yang bergerak dalam bidang usaha makanan ini didirikan pada tanggal 1 Oktober 2016.

Perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta Barat ini menawarkan berbagai macam produk berkualitas tinggi, mulai dari mie instan, makanan ringan, bumbu dan kecap, minuman bubuk hingga hand sanitizer. Perseroan ini tidak hanya sukses menjual lebih dari 4.000 produk makanan alami dan bergizi, namun juga keberhasilannya mendapatkan dana dari Alpha JWC Ventures serta Unifam Capital di tahun 2018 lalu.

Saat ini mie Lemonilo telah menjalin kerja sama dengan lebih dari 300 UKM di seluruh Indonesia. Selain itu, PT ini tersedia di 28 wilayah Indonesia dan terus memperluas operasinya. Produk-produk yang ditawarkan tidak hanya tersedia di website e-commerce, tetapi juga di minimarket, supermarket, dan melalui aplikasi mobile.


Mie Lemonilo Mengemban Visi Misi Menyehatkan Bangsa

Bersama kedua rekannya, Shinta mempunya visi misi untuk menyehatkan bangsa Indonesia. Mereka bekerja keras untuk menciptakan pasar bagi individu yang mencari makanan sehat, tentunya dengan harga yang terjangkau.

Bisnis makanan sehat sendiri di Indonesia sedang naik daun. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya gaya hidup sehat membuka peluang besar bagi para pelaku UKM untuk merintis usaha di bidang ini.

Misalnya Sahabat Wirausaha bisa menawarkan catering bergizi seimbang dengan pilihan kalori yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Cocok untuk menyasar target pasar yang sibuk dan ingin praktis dalam memenuhi kebutuhan makan sehatnya.

Baca Juga: Yuk Bikin Proses Bisnismu Lebih Simpel, Pentingnya Manajemen Stok Barang dan Tips Menerapkannya Bagi UMKM


Mie Lemonilo Jadi Produk Andalan

Lemonilo mempunyai alasan tersendiri dalam memilih mie instan sebagai produk makanan sehatnya. Mie Lemonilo dipilih karena dianggap kontroversial, enak, murah, dan tidak menyehatkan. Namun pada kenyataannya, mie instan kerap menjadi makanan favorit banyak orang.

Selain itu, sebagian besar orang beranggapan bahwa makanan bergizi pasti tidak enak. Anggapan inilah yang coba dibantah oleh Shinta dan rekannya. Kemudian Shinta membuat iklan di TV dengan slogan ‘mie hebat untuk keluarga sehat’. Tujuannya untuk menormalkan pola hidup yang sehat.

Selain itu, kampanye ini bertujuan untuk menyatakan bahwa setiap orang bisa menjalani gaya hidup sehat, begitu pun dengan makanan sehat yang memiliki cita rasa sedap. Itu mengapa mie Lemonilo terkenal lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, mie ini dibuat dari bahan-bahan alami, tanpa pengawet, pewarna, atau MSG, justru mengandung nutrisi alami, tidak mengandung lemak trans, serta lebih rendah gluten, sehingga aman dikonsumsi saat diet sehat.

Bagi Sahabat Wirausaha yang mengikuti jejak serupa dalam berbisnis UMKM, bisa meniru langkah Shinta. Misalkan saja produk nugget yang selama ini dianggap sebagai ultra processed food dan tak baik dikonsumsi anak terlalu banyak, bisa kalian coba ‘akali’ dengan nugget homemade yang dicampur dengan sayuran sehingga menjadi produk nugget lebih sehat dan aman dikonsumsi setiap hari.


Ajakan bagi Brand Lain untuk Indonesia Lebih Sehat

Lemonilo dengan tagline ‘Setiap langkah berarti’ mendorong proses inovasi kolaboratif dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sehat. PT ini menyambut baik semua perusahaan yang ingin berkolaborasi dan menawarkan berbagai produk sehat.

Diantaranya produk tanpa bahan pengawet, pewarna, atau penambah rasa, serta produk yang dibuat dengan air rebusan jernih, ataupun inovasi kesehatan lainnya. Lebih lanjut, Shinta dan tim merasa komitmen untuk menjadikan NKRI lebih sehat tidak bisa dicapai sendirian.

Contoh lain kolaborasi pelaku UKM adalah antara Smesco Indonesia dan apotek Kimia Farma. Kolaborasi ini berfokus pada perluasan akses pemasaran produk herbal dan spa di dalam negeri. Melalui kolaborasi ini, produk-produk Smesco mendapatkan akses ke jaringan luas apotek Kimia Farma, sehingga bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Baca Juga: Bidik Segmen Konsumen Jadi Kunci Keberhasilan, Owner Bisnis Pempek Almira Membuktikannya!


Gandeng Boyband K-Pop dalam Kampanye dan Edukasinya

Mie Lemonilo telah melakukan banyak branding dan pemasaran yang signifikan untuk mempromosikan kampanye dan edukasi kesehatannya. Mereka bermitra dengan berbagai individu untuk membuat video edukasi ini.

Perusahaan ini juga menyelenggarakan challenge di media sosial dan berkolaborasi dengan partner yang memiliki target audiens yang sama. Sampel makanan gratis seringkali ditawarkan untuk mendorong konsumen mencoba makanan sehat.

Pada tahun 2022, PT ini berkolaborasi dengan salah satu boyband terbesar Korea Selatan. Dimana Lemonizens atau warga yang membeli produknya berkesempatan memenangkan fanmeeting online bersama NCT DREAM. Kabar baiknya, kolaborasi ini tidak sia-sia. Dimana pihaknya mendapatkan banyak pelanggan setia. Ya, masyarakat sangat mengapresiasi upaya Lemonilo untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat dan bahagia.

Bagi pelaku UMKM, menggaet brand ambassador untuk pemasaran mungkin akan cukup membebani biaya produksi apalagi harus menyewa jasa idol K-Pop. Namun tenang saja, kalian tetap bisa riding the wave dengan memanfaatkan kegemaran para idol K-Pop. Misalkan saja saat Lisa member girlband Blackpink menyantap Es Cendol Elizabeth ketika konser di Indonesia, kalian penjual cendol bisa menggunakan tagline: ‘Minum es cendol sehari sekali biar ngehits seperti Lisa Blackpink!’


Meraih Pendanaan Besar

Meski perusahaan ini masih startup, namun pendapatannya jauh lebih besar daripada kompetitornya. Bahkan perusahaan ini sukses mengumpulkan 72 juta dolar AS (lebih dari Rp 1 triliun) dalam lima putaran investasi.

Adapun pendanaan dari putaran Seri C terus tumbuh pada tahun 2021, dengan kontribusi lima investor. Perusahaan ini berhasil meraih investasi Seri C sebesar Rp 516,2 miliar. Putaran ini dipimpin oleh Sofina Ventures SA dari Belgia, dengan beberapa investor tambahan seperti Sequoia Capital India.

Tidak bisa dipungkiri, akses terhadap modal dan pendanaan menjadi kunci utama dalam pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Kabar baiknya, ada berbagai cara yang bisa ditempuh oleh para pelaku UKM untuk mendapatkan suntikan dana, misalnya melalui investor. Adapun tips untuk mudah mendapatkan investor adalah:

  • Proposal bisnis harus memuat informasi mengenai visi, misi, strategi, dan proyeksi keuangan usaha.
  • Jalinlah komunikasi dengan para investor, pengusaha, dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Bisnis yang unik, inovatif, dan memiliki potensi pasar besar akan lebih menarik bagi para investor.
  • Pastikan kamu memahami dengan baik persyaratan dan ketentuan yang berlaku untuk setiap sumber pendanaan.
  • Ikutilah program pendampingan dan pelatihan yang disediakan oleh pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, atau inkubator bisnis lainnya.

Baca Juga: Inspiratif! Inilah Deretan Bisnis Ria Ricis yang Hasilkan Milyaran per Bulan


Jalankan Bisnis yang Bermanfaat dan Beri Kemudahan Bagi Banyak Orang

Shinta selalu terinspirasi untuk bekerja di sektor yang bermanfaat bagi banyak orang. Itu sebabnya ia belajar hukum dan bercita-cita menjadi pengacara. Namun, ia merasa pendekatan yang sama mungkin bisa diterapkan dalam dunia bisnis.

Ia menyatakan bahwa perusahaan yang sukses tidak hanya harus membawa perubahan, tetapi juga membuat kehidupan banyak orang menjadi lebih mudah. Inilah yang menjadi landasan bagi perkembangan mie Lemonilo. Shinta berharap bisa terus memberikan pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia yang ingin menjalani gaya hidup sehat.

Mengikuti kisah inspiratif mie Lemonilo, Sahabat Wirausaha juga bisa membuka bisnis yang bermanfaat bagi banyak orang. Misalnya bisnis layanan katering rumahan. Dimana kamu bisa menyediakan makanan siap saji yang praktis dan lezat. Kamu bisa menawarkan berbagai macam menu dengan harga yang terjangkau.


Jangan Batasi Diri dalam Mencapai Kesuksesan

Shinta menyampaikan pemikirannya mengenai keberaniannya mendirikan perusahaan. Shinta mengungkapkan, sekolah formal bukanlah tujuan akhir, apalagi menjadi penghalang kesuksesan karir seseorang.

Itu sebabnya, meski memiliki gelar sarjana hukum, ia tak merasa resah saat bergabung dengan tim bisnisnya. Shinta merasa perusahaan yang didirikannya bisa sukses jika dikelola oleh staf dan mitra yang tepat.

Selain itu, perempuan yang mengagumi sosok Ibu Sri Mulyani sebagai Menteri Perekonomian ingin memberikan motivasi kepada perempuan lain. Ia berharap perempuan tidak membatasi upayanya sendiri untuk mencapai kesuksesan.

Pesan Shinta Lemonilo kepada perempuan Indonesia adalah jangan ragu dan percaya pada diri sendiri. Apapun latar belakang Sahabat Wirausaha, jangan pernah takut untuk mengejar cita-cita. Jika kamu yakin sesuatu bisa dicapai, pasti akan terasa mudah untuk menggapainya.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM.

Referensi:

  1. https://www.cermati.com/artikel/shinta-nurfauzia
  2. https://www.fimela.com/lifestyle/read/5269363/lady-boss-sehat-juga-bisa-lezat-cerita-shinta-nurfauzia-rintis-sukses-lemonilo?page=3
  3. https://uwrite.id/news/kisah-inspiratif-shinta-nurfauzia-pendiri-mie-lemonilo-sang-kreator-produk-sehat-bermutu