UKM Indonesia

​Tips Membuat Konten Reels Instragam Jadi Viral


C:\Users\supad\Downloads\Reels Instagram.jpg

Para pengguna media sosial terutama Instagram pasti nggak asing lagi dengan fitur ini. Dengan fitur Reels ini, setiap orang bisa membuat konten video pendek yang bisa dibuat dengan menarik dan kreatif. Banyak yang bilang Reels ini menjadi pesaing Tiktok.

Sahabat Wirausaha, fitur Reels ini bahkan bisa digunakan untuk promosi, lho. Pengguna Instagram di Indonesia hingga Juli 2021 sebesar 91,77 juta. Instgram berada di urutan ketiga platform media sosial. Instagram ini menjadi media sosial paling populer di dunia karena fitur fotografi dan videografinya.

Sedemikian besar pasar di Instagram. Rugi kalau tidak memanfaatkannya untuk mempromosikan usaha kita.

Jika dibandingkan IG TV, Video, atau gambar di Instagram, Reels Instagram memiliki keunggulan yang dapat mengundang viewers lebih banyak lagi tanpa harus men-share link postingan kita. Dengan sendirinya, fitur Instagram menampilkan berbagai video di fitur Reels Instagram.

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

Hal ini tentu saja menghemat waktu dan tenaga. Kita tidak perlu repot-repot melakukan promosi lagi bukan? Peluang promosi usaha lewat Reels Instagram pun semakin menjanjikan.

Kalau satu foto atau video biasanya hanya followers kita saja yang melihat atau me-like. Tapi berbeda dengan Reels Instagram. Pengguna Instagram yang bukan followers kita pun bisa melihat dan me-like konten kita. Nah, siapa tahu ada yang tertarik dengan iklan yang kita lancarkan lewat konten Reels Instagram tersebut.

Itulah alasan mengapa promosi usaha lewat Reels Instagram pun harus dilakukan.

Bagi Sahabat wirausaha yang sudah membuat konten Reels Instagram tapi belum mendapatkan views dan like banyak, perlu banget ikuti tips berikut ini yang bisa membuat Reels instagrammu ditonton banyak orang. Ini dia beberapa tipsnya.

1. Tampilan Awal Yang Menarik

Pasanglah tampilan yang menarik di deti-detik awal. Beberapa detik awal video menjadi hal yang vital dan sangat menentukan. Sesuatu yang menarik akan membuat orang yang sedang scrool konten Reels Instagram menjadi penasaran. Lantas mereka akan membuka dan menikmati Reels Instagram kita sampai habis.

Benar sekali apa yang dikatakan sebuah ungkapan ‘pandangan pertama begitu menggoda, selanjutnya terserah Anda’. Maka, tampilan awal sebuah konten itu sangat menentukan.

Tidak hanya konten videonya, penulisan teks atau pengucapan yang memancing penonton juga sangat menentukan. Maka, siapkan teks dan kata-kata yang paling menarik di awal. Buatlah orang terkesan dengan tampilan awal. Dengan begitu, views dan like konten bakal melesat cepat.

Baca juga: Tips Beriklan di Instagram Ads

2. Berikan Musik Latar yang Sedang Tren

Musik atau sound yang sedang tren bakal membuat konten video viral. Algoritma Instagram juga mengarahkan video yang berlatar musik serupa. Lantas, bagaimana mendapatkan informasi musik atau sound yang sedang viral?

Sahabat wirausaha dapat mencarinya di TikTok. Biasanya konten yang viral di Reels Instagram juga telah viral duluan di TikTok. Makanya, rajin-rajinlah mencari perbandingan ke TikTok lalu terapkan di Reels Instagram.

Konten Reels Instagram juga bisa diberikan music, teks, maupun efek. Dengan beragam fitur yang disediakan Reels Instagram yang secara otomatis bisa ditambahkan di konten kita, membuat video yang menarik pun semakin mudah.

Penggunaan fitur Reels Instagram ini memberikan peluang meningkatkan views dan likes pada konten Reels Instagram. Maka bersiaplah mendapatkan jumlah view dan likes bahkan followers yang lebih banyak lagi.

3. Transisi Yang Menarik

Sahabat wirausaha, agar penonton lebih lama berkunjung kita dapat menyajikan video dengan lebih menarik. Salah satunya adalah dengan memilih transisi yang menarik. Jangan sungkan untuk mengeksplorasi berbagai jenis transisi baik secara horizontal, vertikal, maupun sudut tertentu.

Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing

4. Menambahkan Teks yang Menarik

Sahabat wirausaha, adanya teks dapat memberikan penjelasan atas video. Teks membantu orang semakin paham dengan yang kita sampaikan.

Bahkan teks ini bisa juga teman wirausaha buat dalam asing. Apalagi jika jangkauan Reels Instagram sampai ke luar neger, adanya teks membantu penonton dari luar negeri memahami Reels Instagram kita. Wah, bangga dong kalau Reels Instagram kita sampai ditonton oleh orang luar negeri ya. Hal ini berarti pasar kita semakin meluas juga.

5. Curi Perhatian Dengan Thumbail

Thumbnail ini bisa membikin penasaran orang untuk menonton video kita. Mirip dengan thumbail di Youtube, thumbnail bisa berupa gambar diam atau video. Usahakan ada thumbail ya teman wirausaha. Jadi jangan hanya videonya saja. Apalagi kadang ada video yang terlihat putih. Kalau bisa jangan terjadi deh. Pastikan Reels Instagram teman wirausaha sudah ada thumbailnya sebelum pasang. Thumbnail ini bisa berfungsi sebagai clickbait yang mengundang penasaran orang.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital

6. Jangan Lupa Menambahkan Tagar

Nah, nggak kalah pentingnya menyertakan tagar di video Reels Instagram kita adalah dengan memberikan tagar maupun hastag. Cara ini sangat ampuh membuat konten bisa dilihat banyak orang.

Tagar di video Reels Instagram sama fungsinya tagar di platform lain. Tagar sendiri memiliki mekanisme kerja seperti SEO atau search engine optimization. Algoritma akan memberikan penelusuran ke konten-konten dengan tagar yang sama. Misalnya tentang produk kesehatan yang kita tawarkan di video kita, maka misalnya tagar #sehat #kesehatan #produkkesehatan dan sejenisnya.

Beragam tips di atas dapat kita terapkan untuk membuat video Reels Instagram yang mendatangkan view semakin banyak. Bahkan video kita bisa viral. Kalau sudah viral, maka bersiap-siaplah untuk kedatangan orderan.

Instragram sebagai media sosial tidak hanya sebagai sarana silaturahmi atau menyalurkan hobi. Bisa saja kita memposting foto atau video dari hobi yang kita lakoni. Namun, tidak ada salahnya juga untuk promosi usaha.

Daripada sekadar hiburan, alangkah baiknya media sosial digunakan untuk keperluan yang mendatangkan cuan. Menurut We Are Social pada tahun 2020 terdapat 94% sekitar 175 juta pengguna internet di Indonesia. Sebuah pasar yang sangat luas, bukan?

Baca juga: Tips Buat Bisnis Viral Lewat TikTok

Apapun kontennya usahakan membuat konten video yang menarik dan kreatif. Dan untuk itu teman wirausaha harus berlatih. Percayalah jam terbang akan mempengaruhi. Semakin banyak berlatih akan membuat kita semakin mahir. Percaya diri saja untuk membuatnya. Semakin banyak kita latihan akan semakin menemukan bagian kekurangan kita untuk kemudian diperbaiki dan disempurnakan.

Peralatan yang memadai juga sangat mendukung kualitas video konten Reels Instagram. Semakin bagus kualitasnya smartphone, maka hasil video pun semakin bagus. Membuat Reels Instagram kita bisa menggunakan smartphone saja. Sebaiknya gunakan smartphone dengan spesifikasi yang tinggi agar hasilnya pun maksimal suka.

Sahabat wirausaha, Reels Instagram berformat portrait atau vertikal. Jadi saat mengambil pastikan video pastikan kamera posisi portrait ya. Dengan durasi singkat sekitar 30 hingga 60 detik saja membuat kita benar-benar menampilkan video yang berkualitas saja. ada baiknya Reels Instragam berdurasi singkat. Walaupun singkat, pesannya harus tetap sampai. Usaha kita harus tetap bisa dipromosikan baik secara terang-terangan (hard selling) maupun secara halus (soft selling). Selamat mencoba.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: