UKM Indonesia

Fitur-Fitur Instagram Yang Bermanfaat Bagi Bisnis


Sahabat Wirausaha sudah menggunakan sosial media untuk mengenalkan produk ?. Sosial media pada artikel kali ini adalah Instagram. Jikapun, Sahabat Wirausaha belum memilikinya semoga artikel bisa membantu para sahabat untuk semakin mengenal fitur fitur Instagram Bisnis, yang dapat sahabat optimalkan untuk memaksimalkan pelayanan dan penjualan bisnis para sahabat. Nah,langsung saja yuk kita berkenalan dengan ke 9 fitur yang dapat membantu berkembangnya bisnis Sahabat Wirausaha.

1. Akun Instagram Bisnis

Sebelum berkenalan dengan fitur Instagram bisnis, pastikan terlebih dahulu bahwa akun para sahabat wirausah merupakan akun bisnis. Nah, yang belum dirubah menjadi akun Instagram bisnis. Berikut ini langkah-langkahnya :

1.1 Masuk ke akun Instagram yang akan digunakan untuk berjualan.

1.2 Masuk ke " Pengaturan"

1.3 Klik "Ubah akun bisnis"

1.4 kemudian klik centang.

Nah, setelah semua langkah ini dilakukan, maka secara otomatis akun Sahabat Wirausaha sudah menjadi akun bisnis. Yuk.kita melanjutkan berkenalan dengan fitur selanjutnya.

Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing

2. Insight

Insight merupakan fitur yang dapat diakses pada tombol bertuliskan insight yang terdapat pada tampilan profile, berikut ini contohnya :

Tombol ini merupakan informasi yang meliputi diantaranya : informasi data akun yang dijangkau, akun yang berinteraksi, total pengikut, konten yang dibagikan, data pemirsa cerita, Reels,video, siaran langsung, dan membuat promosi. Melalui data data ini, sahabat wirauasaha dapat mengetahui konten konten yang disukai oleh audiens, sehingga para sahabat wirauasaha dapat membuat konten berdasarkan data tersebut. dengan mengetahui kebutuhan,kesukaan, para audiens tentu dapat membuat konten yang sesuai dengan target pasar. Dengan begitu,diharapkan produk atau jasa yang ditawarkan dapat lebih dikenal, dan dekat dengan calon pelanggan.

Data pada insight tidak hanya dapat digunakan untuk pondasi dalam membuat konten, data tersebut juga dapat digunakan dalam melakukan penentuan target pasar, saat akan menggunakan fitur iklan atau promosi. Nah, pada insight juga dilengkapi juga dengan 5 informasi daerah yang dijangkau, kisaran usia yang dijangkau, dan pukul berapa kebiasaan mereka mengakses akun Instagram bisnis kita. Jadi, yuk segera gunakan fitur ini untuk membuat konten yang menarik dan konten yang dekat dengan target pasar, dengan begitu konten yang disuguhkan berpeluang untuk dibagikan dan merk bisnis kita semakin menjangkau banyak orang.

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram

3.Reels

Identik dengan fitur yang asik untuk berjoged dengan banyaknya pilihan musik yang sedang menjadi viral. Reels juga banyak digunakan untuk membuat variasi model konten, bahkan tidak sedikit yang dapat menjangkau pengikut akun baru dari konten Reels. Berikut ini, tombol Reels yang dapat Sahabat Wirausaha coba gunakan untuk membuat kontennya.

Terdapat beberapa tombol yang dapat digunakan langsung. Fitur reels yang dapat digunakan yaitu tombol rekam, pilihan suara atau nada,kecepatan video, filter, timer,dan kolase. Dengan fitur yang lengkap tersebut, tentu dapat menunjang Sahabat Wirausaha untuk semakin kreatif membuat konten dan dapat disesuaikan dengan ketertarikan dan keseharian target pasar. konten yang dibuat pada reels tidak hanya konten joged saja. Dihimpun dari berbagai sumber, pengguna reels berkreasi mengemas konten berupa video behind the scene (cerita saat proses pembuatan), proses pembukaan kemasan, cara membuat sesuatu yang berkaitan dengan produk atau jasa, video motivasi, dan cuplikan cuplikan humor.

Nah,dari pemaparan tentang Reels, semoga Sahabat Wirausa semakin semangat untuk membuat kontennya yah, dan semoga dapat menjangkau audiens yang luas. Oleh karena itu, yuk maksimalkan fitur fitur yang terdapat dalam reels ini, semakin sering mencoba, tentu ketrampilan akan semakin terasah bukan?.

4. Story (Fitur Cerita)

Setelah berkenalan dengan tombol Reels, saat ini kita akan berkenalan dengan fitur story atau fitur cerita pada Instagram. Mungkin,Sahabat Wirausaha berfikir apa kegunaan dari fitur ini?. Nah, kegunaan dari story ini adalah untuk dapat membagikan cerita yang dapat diakses dalam durasi 24 jam, namun jika postingan ini penting, dapat disematkan pada fitur sorot yang dapat diakses kapanpun. Berikut ini, adalah contoh tombol story pada Instagram.

Pada tombol story tersebut terdapat fitur fitur yang dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi akun sosial media Sahabat Wirausaha dengan audiens, terutama yang sudah memfollow akun sahabat. Terdapat fitur polling, q&a, hitung waktu mundur, animasi gambar, sehingga membuat konten cerita atau story menjadi lebih menarik dan asik untuk diikuti. Tentu menyenangkan bukan, dapat langsung berinteraksi dengan target pasar, dan dapat membangun kedekatan, tentu hal ini akan menaikan kepercayaan dan penjualan para Sahabat Wirausaha. Contoh konten fitur story atau cerita, misalnya Sahabat Wirausaha merupakan penjual mie ayam online. Nah, sahabat wirausah dapat membuat polling " Hujan gini mager mau masak, enaknya mau makan mie ayam atau mie ayam bakso untuk menu makan siang. Polling tersebut, dapat dikaitkan dengan produk atau jasa yang di sediakan. Bagaimana sudah ada gambaran hari ini, mau posting story apa di Instagram?

Baca juga: Tips Beriklan di Instagram Ads

5. Sorot

Pada pemaparan sebelumnya, sempat dibahas mengenai sorot pada Instagram. Sorot merupakan lini yang disematkan pada bagian bawah bio Instagram. Dihimpun dari berbagai sumber, sorot Instagram biasanya digunakan untuk menyematkan atau menyimpan konten informasi penting tentang akun sosial media, contohnya : sorot cara pemesanan produk, sorot cara menjadi reseller, sorot berupa informasi kontak, sorot informasi mengenai e-commerce, dan sorot testimoni pelanggan. Berikut ini contoh sorot pada Instagram:

Sorot pada akun instagram mempermudah audiens atau pengikut Sahabat Wirausaha untuk mendapatkan informasi penting atau informasi dasar seputar akun.Nah, bagaimana sudah terbayangkan akan membuat sorot di akun sahabat?. Jangan lupa pastikan informasi yang disematkan pada sorot jelas dan informatif ya.

6. Video

Mungkin banyak yang bertanya apa perbedaan fitur Reels, Story, dan Video. Nah, jika dilihat kesemaan ketiganya, sama sama menggunakan format video, yang membedakan adalah durasi, tambahan fitur, dan letak hasil unggahan. Reels menggunakan format video dengan durasi maksimal 30 detik, pada Reels dilengkapi dengan fitur yang dapat memproduksi video singkat langsung dari Instagram, dan hasil Reels dapat di masukan pada bagian story dan feed Instagram. Format video juga dimiliki oleh story, pada fitur Instagram yang satu ini, dilengkapi dengan fitur berupa polling, q&a, gambar,gambar bergerak, yang dapat digunakan untuk berinteraksi dengan audiens, hampir sama dengan Reels, story juga memiliki batasan durasi yaitu 15 detik, sedangkan video dapat digunakan untuk mengungah video dengan durasi panjang, yang nantinya dapat disematkan di feed Instagram.

Nah, pastikan sebelum membuat konten, pastikan konten tersebut akan dibuat untuk kebetuhan apa, sehingga dapat disesuaikan dengan ketepatan pemilihan fitur. Contohnya : Sahabat Wirausaha memiliki bisnis ecoprint, untuk memberikan edukasi kepada audiens, dapat membuat konsep video dengan konsep cara mudah membuat ecoprint dirumah. Video tersebut dapat meliputi informasi bahan,alat, tips, dan cara pembuatan. Video seperti ini,tentu menarik untuk diikuti dan cukup berpotensi untuk dibagikan di sosial media audiens. Bagaimana, sudah terbayangkan ingin membuat video apa?

Baca juga: Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis

7. Kontak

Fitur kontak yang ada di Instagram terletak di bawah bio. Tombol tersebut mencangkup, infomasi kontak meliputi : nomor ponsel dan email. Dengan, melengkapi kontak, tentu Sahabat Wirausaha memudahkan calon pelanggan untuk terhubung dengan bisnis Anda. Nah, berikut ini contoh tombol kontak pada instagram bisnis. Nah, ayo cek apakah kontak Sahabat Wirausaha sudah dilengkapi, jika belum segera lengkapi ya.

8.Direct Message (DM)

Dm atau Direct Message adalah fitur untuk mengirim dan menerima pesan yang terdapat pada Instagram. Sahabat Wirausaha, dapat langsung terhubung dengan calon pelanggan dengan menggunakan fitur ini. Untuk memiliki stadar pelayanan yang sama, alangkah baiknya jika sudah dipersiapankan SOP atau template dalam mengirim pesan dengan pelanggan. Hal ini, ditujukan untuk mempercepat pelayanan dan memiliki standar yang sama. Pada fitur Instagram ini, Sahabat Wirausaha selain berkirim teks, juga dapat berkirim gambar stiker, video, dan gift. Pada dm juga dapat disetting latar chat agar lebih menarik dan atraktif.

9. Filter Instagram

Filter di instagram adalah salah satu fitur yang terdapat pada Instagram, sebelum memposting konten foto. Fitur ini, berguna untuk mempercantik foto produk Sahabat Wirausaha. Nah, pasti Anda setujukan?, jika foto produk yang jelas dan bagus,tentu akan menarik para calon pembeli. Selain itu, tampilan sosial media juga lebih menarik dan membuat nyaman untuk melihat produk. sosial media Instagram dapat diibaratkan sebagai entalase digital produk, sehingga tata dengan lebih menarik agar semakin membuat para calon pelanggan tertarik dan memutuskan untuk membeli produk Sahabat Wirausaha. Nah, coba cek apakah sudah menarik etalase digital Anda?, jika belum yuk tata mulai dari sekarang.

Pemaparan tentang 9 fitur instagram bisnis semoga dapat menambah informasi Sahabat Wirausaha untuk meningkatkan dan mengembakan bisnis Anda. Yuk, mulai mencoba menggunakan instagram bisnis, dan coba gunakan fitur fitur tersebut, untuk semakin meningkatkan penjualan, selamat mencoba ya Sahabat Wirausaha. Cek terus selalu juga yah jika ada fitur baru lainnya di Instagram. Semangat Go-Digital!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: