UKM Indonesia

​Fitur Tokopedia Yang Jarang Diketahui Pelapak


https://statik.tempo.co/data/2020/05/03/id_935435/935435_720.jpg

Dewasa kini, berjualan di marketplace menjadi metode dagang online yang paling banyak diminati pelaku usaha kecil dan menengah. Hal ini tak mengherankan, sebab perkembangan teknologi membuat konsumen lebih memilih belanja via daring. Terlebih di masa pandemi, saat banyak orang lebih senang meminimalisir kontak dengan individu lain.

Sebagai salah satu marketplace terbesar yang beroperasi di Indonesia, Tokopedia menjadi pilihan banyak Sahabat UKM untuk menjual produk. Berbagai keuntungan yang bisa dinikmati konsumen, seperti gratis ongkos kirim dan diskon lumayan besar, membuat mereka menggemari aplikasi ini. Selain itu, tentunya penjual juga bisa memanfaatkan berbagai fitur menarik di Tokopedia. Nah, apa saja fitur Tokopedia yang biasanya luput dari pengetahuan Sahabat UKM? Simak daftar lengkapnya berikut ini!

Baca Juga: Komponen Konten Pemasaran

1. Fitur Rating Produk

Tidak bisa tidak, penilaian konsumen terhadap produk kita harus terus dipantau. Hal ini penting, untuk menjaga reputasi toko kita tetap baik. Jika ada beberapa pelanggan yang memberi rating jelek dalam produk tertentu, maka calon konsumen lain tentu akan berpikir dua kali sebelum memesannya. Nah, agar pelapak bisa terus mengawasi rating produk, Tokopedia memberikan fitur Rating Produk di aplikasi Tokopedia Seller.

Fitur ini punya tampilan yang cukup simpel dan mudah digunakan. Berikut cara mengaksesnya:

  • Buka Aplikasi Tokopedia Seller, klik “Lainnya”, lalu pilih “Ulasan

top description

  • Setelah itu, piih opsi “Rating Produk” yang tersedia. Nah, pada bagian ini, teman-teman bisa dengan gampang mengecek mana produk yang punya rating baik dan mana yang buruk.

top description

Baca Juga: Content Marketing, Apa itu?

  • Untuk mengatur tampilannya atau mengurutkannya, kita bisa kik “Filter dan Urutkan”. Sahabat UKM bisa mengurutkannya sesuai rating, tanggal, maupun jumah ulasan. Selain itu, teman-teman juga bsia mengatur tampilan sesuai performa rating toko dan produk.

top description

  • Terakhir, dalam fitur ini,kita juga bisa menganalisa berbagai ulasan (review) yang diberikan untuk setiap produk kita. Caranya mudah, kita tinggal klik salah satu produk di halaman ulasan, lihat berapa bintang yang didapatkan produk tersebut, dan bacalah berbagai ulasan serta komentar pelanggan. Hal ini bisa membantumu untuk tahu apa yang salah dengan produk tersebut, dan memperbaikinya.

top description

Sebisa mungkin, balasah ulasan-ulasan yang diberikan pelanggan, terutama jika mereka memberi rating yang buruk. Untuk ini, gunakan Fitur Bahasa Ulasan Otomatis untuk produk bintang 4 dan 5. Dan gunakan fitur Balas Manual untuk produk yang diberikan bintang 3, 2,

Baca Juga: Apa itu Affiliated Marketing?

2. Fitur Rilisan Spesial

Ini merupakan fitur paling anyar yang diluncurkan oleh Tokopedia Seller, di mana pemilik toko bisa mengatur sasaran segmentasi pembeli masing-masing. Tokopedia yakin, dengan fitur ini, promosi yang dilakukan toko bisa lebih tepat sasaran. Dengan fitur ini, kita bisa memilih siapa saja pembeli yang berhak mendapatkan produk spesial kita melalui syarat dan ketentuan yang kita buat. Hal ini akan berjalan selama acara promosi Rilisan Spesialmu sedang dilangsungkan. Nah, bagaimana cara mengaturnya?

Fitur ini dapat diatur pada halaman pengaturan promosi Rilisan Spesial pada menu ‘Aturan Campaign’. Untuk saat ini, segmentasi yang dapat diatur adalah segmentasi untuk Followers. Jadi, hanya followers toko kita saja yang bisa membeli produk Rilisan Spesialmu yang kita tawarkan. Tapi jangan khawatir, calon pembeli yang bukan followers toko tetap dapat melihat promosi Rilisan Spesialmu dan tetap bisa membelinya kok, dengan cara mengikuti toko kita. Ini bisa jadi salah satu strategi juga untuk menambah jangkauan konsumen.

  • Produk Unggulan

Tahukah teman-teman, bahwa Tokopedia juga menyediakan fitur yang dapat memperlihatkan daftar lima produk kita yang paling sering dilihat konsumen? Ya, fitur ini terdapat di aplikasi Tokopedia Seller, dan sebenarnya cukup mudah ditemukan. Data ini akan menunjukkan perbandingan nyata antara 5 produk yang paling sering dilihat pengguna aplikasi Tokopedia dan 5 produk yang paling jarang mereka lihat dalam 30 hari terakhir.

Tak hanya itu, kita juga bisa melihat berapa banyak produk yang masuk keranjang konsumen. Dengan mengetahui data ini, teman-teman UKM bisa meningkatkan performa produk-produk terbaik dan mengawal promosi lebih baik pada produk-produk yang jarang diminati konsumen.

  • Tokopedia Nyam!

Tokopedia Nyam merupakan fitur sekaligus program promosi yang diadakan Tokopedia khusus untuk para seller yang menjual makanan dan minuman di aplikasi mereka. Tujuan diadakannya fitur ini adalah untuk menjangkau pasar yang lebih luas bagi para seller di kategori tersebut. Penjual yang menyediakan berbagai makanan ringan, siap saji, kue kering, hingga kopi dan es krim, bisa bergabung dalam program ini. Keuntungan yang disediakan pun tidak kecil, konsumen bisa mendapatkan Bebas Ongkir, sementara penjual mendapatkan kampanye khusus dan berbagai promo eksklusif.

Setiap bulannya, Tokopedia Nyam akan memfokuskan promo pada salah satu kategori kuliner, seperti kopi, makanan ringan, dan makanan kemasan. Contohnya adalah Nyam Healthyfest untuk makanan sehat dan Nyam Satu Dalam Kopi untuk berbagai produk kopi.

Baca Juga: Apa itu Creativepreneur?

  • Laporan Penjualan

Salah satu hal paling penting yang harus dipelajari seller Tokopedia adalah fitur Laporan Penjualan. Melalui fitur ini, Sahabat UKM bisa melihat performa toko dan produk apa saja yang laku keras ataupun kurang diminati pelanggan. Cara mengaksesnya pun cukup mudah. Pertama-tama, Sahabat UKM bisa meng-klik ikon “Notifikasi” di aplikasi Tokopedia Seller. Pada tab Notifikasi tersebut, klik “Laporan Penjualan”, lalu pilih “Status Pesanan” yang ingin teman-teman lihat. Maka akan muncul daftar transaksi toko dalam jangka waktu yang kita inginkan.

Setelah itu, jika perlu, teman-teman bisa pula mengunduh Laporan Penjualan tersebut dalam bentuk file Microsoft Excel. Hal ini sangat berguna untuk memantau kinerja penjualan toko kita per bulan, dan bahkan per tahun. Secara internal, teman-teman bisa pula melakukan evaluasi penjualan berdasarkan data-data tersebut.

Nah, setelah mengetahui beberapa fitur penting di atas, diharapkan Sahabat UKM bisa meningkatkan performa penjualan dengan analisis yang baik. Jangan abaikan fitur-fitur di atas, sebab mereka bisa jadi salah satu jalan untuk UKM Naik Kelas!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi :

  1. https://seller.tokopedia.com/edu/atur-segmentasi-rilisan-spesial/
  2. https://seller.tokopedia.com/edu/
  3. https://seller.tokopedia.com/edu/fitur-seller-baru/
  4. https://www.komunitasmea.web.id/yang-harus-diketahui-seller-tokopedia-evaluasi-toko/
  5. https://www.tokopedia.com/help/article/bagaimana-cara-melihat-daftar-transaksi-penjualan
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: