WhatsApp Business Summit 2024 – WhatsApp menggelar acara WhatsApp Business Summit (WABS) 2024 pada Kamis (22/8) lalu di Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta. Dalam pagelaran WABS yang kedua ini, WhatsApp mengumumkan peluncuran tiga fitur digital terbaru bagi para penggunanya di Indonesia. Ketiganya adalah fitur Meta Verified, Panggilan Dalam Chat, dan Meta AI untuk WhatsApp Business

Fitur-fitur ini dirancang khusus untuk membantu pelaku bisnis membangun presence, menghadirkan pengalaman percakapan yang lebih menyenangkan, serta terhubung lebih erat dengan para pelanggannya demi pengembangan bisnis. Mau tahu apa saja manfaatnya untuk UMKM? Simak penjelasan fitur-fiturnya lebih dalam di sini. 


Pimpin Tren Perpesanan Bisnis, Indonesia Butuh Teknologi Mutakhir Agar Tetap Unggul

Bukan tanpa alasan, sejumlah fitur terbaru diluncurkan WhatsApp demi memfasilitasi keunggulan pelaku usaha Indonesia yang unggul dalam penggunaan layanan perpesanan bisnis selama beberapa tahun terakhir. Pasalnya, menurut survei BCG dan Meta pada Mei 2024, sebanyak 87 persen konsumen Indonesia tercatat lebih memilih perpesanan sebagai cara utama untuk berkomunikasi dengan bisnis. Hal ini turut menekankan pentingnya peran perpesanan bisnis alias business messaging, bagi pelaku usaha lokal. 

“Angka ini melampaui rata-rata global di 79,4 persen. Hal ini menyoroti peran penting WhatsApp dalam memudahkan bisnis dan konsumen untuk saling terhubung,” ucap Pieter Lydian, selaku Country Director Indonesia Meta

Peter Lydian, Country Director, Indonesia, Meta, berbicara dalam acara WhatsApp Business Summit 2024, Kamis (22/8)

Tak hanya itu, sebanyak 90% pelaku bisnis di Indonesia juga lebih memilih menggunakan aplikasi perpesanan bisnis di setiap tahap perjalanan konsumennya, mulai dari interaksi awal, pra-penjualan, hingga transaksi akhir. 

Hari ini, Indonesia tercatat memiliki lebih dari 60 juta usaha kecil yang turut berkontribusi hingga 61% dari total PDB nasional. Data terbaru juga mengungkapkan sektor UMKM mampu membuka lapangan pekerjaan bagi 97% tenaga kerja. Mengingat hal ini, ada urgensi tersendiri bagi bisnis lokal untuk mengadopsi penggunaan aplikasi perpesanan bisnis dalam tren yang lebih mutakhir.

Apalagi, usaha kecil di Indonesia menduduki posisi paling depan dalam penggunaan teknologi digital untuk mengembangkan bisnis secara online. Bahkan, 2 dari 3 UKM pengguna WhatsApp melaporkan peran aplikasi ini mendorong jangkauan pelanggan baru serta meningkatkan kepuasan pelanggan. 

Kami memahami betapa pentingnya WhatsApp dalam kehidupan sehari-hari dan akan terus mendukung bisnis untuk meraih kesuksesan dengan WhatsApp,” pungkas Pieter di akhir sesinya.

Baca Juga: Memperkenalkan Fitur AI, Verifikasi Meta, dan Lainnya untuk Bisnis di WhatsApp


Fitur Terbaru WhatsApp Business, Dekatkan Interaksi UMKM Dengan Pelanggan

Setidaknya ada 3 fitur terbaru yang diluncurkan WhatsApp Business guna memudahkan interaksi antara pelaku bisnis kecil dengan pelanggannya, yaitu : 

1. Meta Verified (Verifikasi Meta)

Bulan Juni lalu, WhatsApp mengumumkan bahwa Indonesia akan menjadi salah satu negara pertama yang memiliki fitur ini. Meta Verified sendiri merupakan fitur lencana centang biru yang akan disematkan pada bisnis dan UMKM yang telah melalui proses memenuhi syarat verifikasi Meta. Fitur ini tersedia di aplikasi WhatsApp Business untuk UMKM di Indonesia dan berfungsi meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap usaha kita. 

Jika telah terverifikasi, bisnis kita bisa menerima dukungan akun tingkat lanjut serta dapat diakses melalui lebih dari satu perangkat digital (device) untuk karyawan. Lencana Meta Verified berwarna biru akan ditampilkan di samping nama akun bisnis kita, baik di WhatsApp Channel maupun profil WhatsApp Business yang mudah dibagikan melalui media sosial.

 

2. Meta AI untuk WhatsApp Business

WhatsApp akan mulai menerapkan fitur teknologi AI pada bisnis yang menggunakan WhatsApp Business guna meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan pada penggunanya. Teknologi AI membantu pengiriman pesan dan percakapan antara bisnis dan konsumen menjadi lebih singkat dan organik. Tak hanya itu, Meta AI juga memungkinkan kita mengkreasikan iklan tanpa biaya tambahan. 

“Ini adalah tahap awal dan WhatsApp akan terus berupaya dalam menyempurnakannya sebelum meluncurkannya kepada lebih banyak bisnis di seluruh dunia,” ungkap Pieter Lydian. 

Baca Juga: Yuk Kembangkan Bisnis dengan Iklan yang Mengarah ke WhatsApp dan Pesan Berbayar, Berikut Pembahasannya

3. Panggilan Dalam Chat dengan Bisnis Skala Besar

Ini adalah fitur paling baru WhatsApp yang memungkinkan pelanggan untuk dapat melakukan panggilan telepon secara langsung ke akun bisnis. Fitur ini akan diaktifkan melalui WhatsApp Business Platform, sehingga pelanggan dapat terhubung dengan akun bisnis lebih cepat. Fitur ini nantinya akan hadir sebagai layanan dalam WhatsApp Business Platform yang berbayar. 

Meski masih dalam proses pengujian dan belum tersedia di Indonesia, WhatsApp akan terus memperluas fitur ini guna menjangkau lebih banyak bisnis dalam waktu dekat. Hingga saat ini, hanya akun bisnis yang dapat menghubungi konsumennya secara langsung. Jika aktivitas panggilan juga dapat dimulai oleh pelanggan, maka hal ini akan membuka interaksi yang lebih intim dan terpercaya dengan bisnis kita. 

Kemajuan era digital di Indonesia memperlihatkan tren tak terduga dalam transaksi penjualan melalui layanan perpesanan bisnis. Karena itulah, layanan WhatsApp Business Platform yang semakin mutakhir menghadirkan peluang besar bagi pengembangan bisnis di negara kita. 

Tak hanya meningkatkan kualitas dan kecepatan layanan, inovasi ini juga mampu membantu bisnis mengembangkan basis pelanggan menjadi lebih besar dan lebih kuat. Hal ini menunjukkan, bahwa business messaging tetap menjadi jalan terbaik bagi konsumen dan bisnis untuk menyelesaikan berbagai urusan, mulai dari menjawab pertanyaan, mendiskusikan produk, hingga menyelesaikan transaksi pembelian.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi dan Sumber Gambar

Press Kit WhatsApp Business Summit 2024, Jakarta, Indonesia.