Gambar diambil dari freepik.com

Ketika Sahabat Wirausaha sedang internetan di Google menggunakan handphone/gadget, apakah Sahabat Wirausaha pernah menemukan iklan suatu produk yang muncul dalam website tersebut? Atau Sahabat Wirausaha justru malah tertarik dengan produk yang diiklankan dengan mengakses linknya? Apabila iya, hal tersebut dinamakan iklan yang ditawarkan secara digital (digital advertisement) dengan penerapan Pay per click (PPC).

Apakah Sahabat Wirausaha penasaran dengan PPC? Bisa tidak ya kita menggunakannya dalam bisnis Sahabat Wirausaha? Jika Sahabat Wirausaha penasaran, berikut adalah penjelasan mengenai PPC, manfaat yang didapat dari PPC, serta penerapannya dalam bisnis Sahabat Wirausaha. Yuk, lanjut!


Pengertian Pay Per Click (PPC)

Pay per click (PPC) adalah salah satu metode marketing melalui internet dengan cara mengiklankan website atau bisnis di situs pencarian Google (Google Ads). Kemudian, pengiklan mendapat bayaran dari setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs tersebut.

Baca Juga: Ragam Jenis Endorser Dalam Pemasaran Digital

Salah satu kelebihan dari metode PPC melalui Google Ads adalah pengiklan dapat menyesuaikan anggaran atau budget yang akan dikeluarkan untuk usaha atau bisnisnya dengan metode PPC ini, tergantung dari waktu pengiklanan (mingguan/bulanan) serta intensitas penayangan iklan usaha.

Google Ads menjadi salah satu yang cukup digemari dalam metode Pay per click ini karena posisinya cukup strategis, mengingat ada banyak sekali orang yang mengakses situs Google untuk melakukan pencarian. Misalnya, apabila ada yang mencari kata “pakaian pria murah di Tangerang” melalui Google, maka situs usaha sahabat dapat langsung berada di atas kolom pencarian agar mudah diakses oleh pengunjung situs website tersebut.

Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran


Jenis Platform Dalam Pay Per Click (PPC)

Sebenarnya, bisa saja jika sahabat wirausaha ingin mengiklankan usaha atau bisnis sahabat selain di Google Ads, beberapa di antaranya melalui iklan di media sosial (Social Advertising) seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan sebagainya. Namun, Google Ads menjadi salah satu platform atau tempat yang paling populer untuk penerapan Pay per click ini.

Selain menggunakan basis pencarian untuk iklan, PPC juga bisa dimanfaatkan dalam bentuk iklan tayang (Display Advertising) sehingga pengunjung website dapat melihat visualisasi produk yang diiklankan. Tetapi, untuk jenis iklan tayang ini juga membutuhkan biaya yang lebih karena penayangan produk usaha yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung melalui layar handphone/gadget.

Baca Juga: Unique Selling Proposition


Manfaat PPC Dalam Bisnis

Adapun beberapa manfaat Pay per click untuk usaha atau bisnis Anda yaitu:

  • Dapat meningkatkan SEO (Search Engine Optimization) sehingga produk usaha semakin dikenal luas oleh masyarakat.
  • Menghasilkan pencarian yang sesuai dengan target pengunjung dari produk usaha yang dijalani.
  • Membangun brand awareness atau ciri khas merek dari produk usaha yang diiklankan.

Baca Juga: Apa itu Digital Wallet?


Cara Menerapkan PPC Dalam Bisnis

Pertama, Sahabat Wirausaha wajib tahu target audiens yang akan mengunjungi situs usaha sahabat. Kemudian, sahabat bisa menyesuaikan aspek pencarian, seperti dari demografi, minat, kriteria pencarian dan lainnya. Dengan kata lain, iklan hanya akan dilihat oleh mereka yang memenuhi kriteria yang ditentukan.

Setiap iklan yang ditayangkan dengan metode PPC, Sahabat Wirausaha perlu membayar biaya kepada platform atau pengiklan. Salah satu kelebihan PPC adalah Anda hanya membayar iklan ketika iklan diklik oleh pengunjung situs internet. Jika Anda membayar kepada pengiklan 50.000 Rupiah untuk satu kali klik saja, namun ternyata iklan Anda di klik sebanyak 100 kali dalam satu hari, maka keuntungan akan berpihak pada bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Apa itu Google Adsense?

Metode PPC (Pay per click) ini sangat menguntungkan para pelaku bisnis karena fleksibilitas yang ditawarkan. Bagaimana sahabat? Tertarik untuk menerapkan metode PPC ini dalam bisnis? Metode PPC ini dapat dicoba dalam usaha atau bisnis sahabat untuk meningkatkan pendapatan serta branding usaha.

Referensi:

Xendit.co