Bisnis Parfum – HMNS atau yang dibaca Humans merupakan salah satu merek parfum lokal Indonesia yang barangkali sudah pernah Sahabat Wirausaha tahu. Sebagai sebuah brand parfum lokal, HMNS mampu menarik perhatian pasar hingga mendapatkan penghargaan Tokopedia Beauty Awards 2021 di industri kecantikan.

Brand dengan tagline ‘Made for Humans’ ini hadir sebagai solusi bagi setiap orang yang berusaha mencari parfum yang berkualitas namun dengan harga terjangkau.  Terbukti dalam waktu 3 tahun, HMNS berhasil meraup untung hingga Rp100 miliar. Kira-kira apa saja strateginya? Yuk simak ulasannya.


HMNS, Dari Hobi hingga hadirkan Parfum Kelas Dunia

Brand HMNS atau Humans dimiliki oleh Rizky Arief yang sekaligus menjadi CEO HMNS. Dengan modal awal Rp10 juta, Rizki bertekad untuk menjalani bisnis ini didorong karena kecintaannya pada dunia fashion, sehingga ia memutuskan terjun di bisnis parfum.

Sejak berdiri tahun 2019, Rizky menyadari bahwa di Indonesia bahan baku mentah berkualitas sangat melimpah. Bahkan 70% bahan baku parfum dunia berasal dari Indonesia, sehingga ia bercita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara penghasil bahan baku, melainkan juga merek parfum yang diakui dunia.

Salah satu yang menjadi keunggulan HMNS adalah fokus untuk menghasilkan produk parfum yang berkualitas namun dengan harga terjangkau. Oleh karenanya, Ia kemudian mendirikan PT HMNS (Hadir Mengharumkan Nusantara) hingga terbukti HMNS menjadi brand yang berhasil mengambil pangsa pasar sampai 10.65% pada industri lokal.

Prestasi lainnya yang terbukti diraih HMNS adalah penghargaan Tokopedia Beauty Awards 2021 untuk HMNS, memperoleh peringkat kelima setelah YSL, Dior, Bvlgari dan Channel berdasarkan data Compass: E-Commerce Market Insight Dashboard periode 1-15 Agustus 2021 serta meraih penghargaan lain dari Female Daily & Tokopedia sebagai merek parfum Indonesia terbaik pada tahun 2022 dan 2023.

Baca Juga: 6 Perusahaan Maklon Parfum Buat Kamu yang Tertarik Mulai Bisnis dengan Brand Sendiri


Strategi Bisnis Parfum Ala HMNS

Sebagai sebuah brand lokal, tentu HMNS memiliki strategi khusus hingga mampu meraih prestasi dan menarik perhatian industri parfum lokal. Kira-kira apa saja strategi bisnis ala HMNS sehingga dapat menginspirasi Sahabat Wirausaha? Yuk disimak!

1. Menerapkan Metode Lean Startup

Metode atau pendekatan ini digunakan oleh HMNS dengan menciptakan produk yang sesuai dengan permintaan pasar dan inferensi pelanggan atau customer. HMNS menggunakan metode ini dalam pemasaran produknya dengan memfokuskan pegembangan produk secara iteratif dan berbasis data.

Hal itu menjadi pertimbangan besar dalam menciptakan produk baru dengan terlebih dahulu melakukan riset pasar. HMNS juga menerapkan Minimum Viable Product (MVP) yaitu meluncurkan produk dalam jumlah yang sedikit untuk menguji pasar dan respon customer. Sehingga hal itu dapat menjadi feedback agar dapat disesuaikan dengan selera pasar.

2. Fokus pada Kualitas Produk

Salah satu strategi bisnis ala HMNS adalah fokus pada kualitas produk. Sebagaimana tagline dari bisnis ini ‘Made For Humans’ dengan komitmen awal dari Rizky sebagai owner yakni menghasilkan kualitas parfum yang setara dengan Dior, Channel, Bvlgari namun dengan harga yang terjangkau, sehingga dapat dinikmati semua orang.

Oleh karena itu, HMNS menciptakan parfum-parfum yang eksklusif tetapi dengan harga yang terjangkau. Meski begitu, HMNS juga menyasar target pasar grade A dan B dengan harga jutaan rupiah. Adapun parfum-parfum lainnya juga berada di kisaran Rp100.000-Rp400.000. Pada kategori parfum branded, HMNS tergolong cukup unik dan berbeda, dengan harga yang masih dapat dijangkau dengan kualitas  parfum mahal.

Salah satu produk HMNS diantaranya The Perfection dengan harga Rp398.000, Essence of The Sun seharga Rp369.000, Discovery set Gen XY seharga Rp145.000, The Room Makes Me O seharga Rp269.000 serta berbagai produk lainnya dengan kualitas setara parfum branded.

3. Emotional Branding

Salah satu strategi bisnis yang digunakan HMNS untuk menarik hati konsumen adalah dengan menggunakan emotional branding. Teknik pemasaran ini menggunakan sisi emosional konsumen untuk menarik hati pelanggan lainnya.

Menariknya, emotional branding yang digunakan HMNS memanfaatkan metode storytelling sebagai Teknik pemasaran yang efektif sehingga mampu menarik pelanggan bahkan tanpa mencium sampel parfumnya. HMNS berhasil menggunakan metode ini selama 3 tahun. 

Teknik pemasaran ini lebih dikenal dengan Unique Value Proposition (UVP) dan Unique Storytelling Proposition (USP) yaitu suatu kondisi dimana penjualan sangat bergantung pada cerita setia produknya untuk membantu memberikan gambaran pada pelanggan dan mendorong pembelian dari online. 

Barangkali sebagai pelanggan atau customer, Sahabat Wirausaha sering ketika membeli sesuatu mempertimbangkan ulasan pelanggan lain sebelum membeli. Ternyata hal itu merupakan salah satu Teknik pemasaran yang membantu pelanggan yakin dan meningkatkan relasi antara penjual dan pembeli. Tentunya dengan tetap menjaga kualitas dan pelayanan.

Baca Juga: ​14 Cara Memulai Bisnis Parfum Brand Sendiri, Simak Langkahnya!

4. Customer Stories

HMNS juga dikenal karena pelayanan pelanggannya yang responsif dan peduli. Mereka selalu berusaha memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan dan memperhatikan masukan serta feedback dari para konsumen. Cerita-cerita dari pelanggan menjadi bukti konkret kualitas produk HMNS. 

HMNS memanfaatkan feedback testimoni pelanggan tersebut sebagai preferensi dan kebutuhan pelanggan sehingga HMNS dapat mengidentifikasi tren dan selera pasar. Melalui metode ini, pelanggan yang merasa mendapat pelayanan dan kualitas yang baik akan dengan sukarela menceritakan pengalamannya sehingga secara otomatis menjadi jalan promosi dan citra positif bagi HMNS.

Metode juga dapat digunakan Sahabat WIrausaha dalam berbagai jenis bisnis atau usaha. Pelanggan yang senang dengan produk kita akan menceritakan dan sekaligus mengajak orang lain membeli produk kita serta meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Pemasaran Digital yang Efektif

HMNS dalam strategi bisnisnya banyak mengandalkan pemasaran digital. Salah satu platform media sosial yang menjadi andalan HMNS adalah Twitter dan instagram. Media ini sejak 2019 menjadi salah satu channel promosi HMNS melalui storytelling-nya. 

Ia mengandalkan copywriting dan emotional branding ternyata mampu menjadi kekuatan HMNS dalam menarik pelanggan. Twitter juga menjadi media dalam pemasaran melalui emotional branding. Rizky sebagai founder juga aktif berkomunikasi dengan membalas chat customer, sehingga dari sinilah rasa empati pelanggan terbangun melalui interaksi tersebut.

6. Kolaborasi Strategis

Salah satu strategi yang dikembangkan dan diterapkan oleh HMNS adalah berkolaborasi dengan influencer dan selebritas. Kerjasama ini dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar. Salah satu selebriti yang berkolaborasi dengan HMNS adalah Christian Sugiono pada peluncuran parfum The Perfection, yang kemudian berhasil menjual sekitar 2000 botol dalam waktu singkat.

Kolaborasi dengan public figure atau influencer dapat menjadi alternatif pemasaran apabila Sahabat Wirausaha ingin mempromosikan produk. Meski begitu, kolaborasi juga dapat dilakukan dengan brand lainnya yang mampu memberikan impact yang baik bagi bisnis Sahabat Wirausaha, sebagaimana tahun 2020 HMNS berkolaborasi juga dengan Folkative, salah satu platform periklanan.

Baca Juga: Onix Fragrance : Sukses Menggandeng Influencer Lewat Kolaborasi

7. Distribusi Selektif

Selain memanfaatkan media sosial, HMNS juga menggunakan strategi distribusi selektif. Dalam arti bahwa HMNS membatasi penjualan hanya melalui channel tertentu untuk menjaga eksklusivitas. Dengan menetapkan harga premium untuk memperkuat posisi sebagai produk berkualitas tinggi.

Meski begitu, HMNS juga menyediakan parfum premium dengan harga terjangkau yang dapat dinikmati semua orang. Hal itu sebagai upaya untuk menjangkau pasar yang lebih luas namun tetap juga kualitas parfum yakni dengan kisaran harga Rp300.000

Melalui perjalanan bisnis HMNS, Sahabat Wirausaha dapat memahami bahwa sebuah ide bisnis dapat muncul dari mana saja, bahkan dari hobi dan kegelisahan yang kita alami. Sebagaimana kelahiran HMNS sebagai solusi bagi semua pencinta forum eksklusif namun dengan harga yang ekonomis.

Di samping itu, metode pemasaran yang digunakan HMNS menyasar pendekatan emosional sehingga menyentuh hati dan meningkatkan loyalitas konsumen. Pendekatan ini ampuh dalam membangun relasi dan kedekatan dengan konsumen. Hal itu dapat Sahabat Wirausaha adopsi untuk membangun dan memperluas jangkauan bisnis.

Sahabat Wirausaha juga dapat menggunakan strategi pemasaran dengan lebih dulu mempertimbangkan target pasar. HMNS menjadi merek yang dilirik karena di samping kualitas parfum, namun juga menyediakan jenis parfum yang mampu dijangkau oleh semua kalangan.  

Berbagai tips dan strategi bisnis ala HMNS dapat menjadi insight  yang berarti bagi Sahabat Wirausaha yang sedang menjalankan bisnis. Peningkatan kualitas, pelayanan dan loyalitas terhadap pelanggan dapat menjadi kunci agar menarik minat dan kepercayaan mereka terhadap produk kita. 

Di sisi lain melalui bisnis parfum ala HMNS, Sahabat Wirausaha dapat memahami pentingnya inovasi, kolaborasi dan metode pemasaran dalam menentukan kesuksesan bisnis sehingga produk dan bisnis Sahabat Wirausaha dapat bersaing dengan competitor dan mampu mengikuti tren dan selera pasar. Meski begitu, HMNS memberikan motivasi bahwa produk lokal juga mampu setara dengan kualitas produk internasional.

Jika tulisan ini bermanfaat , silahkan di share ke rekan-rekan Sahabat Wirausaha. Follow juga Instagram @ukmindonesia.id untuk update terus informasi seputar UMKM. 

Referensi:

  1. https://madeforhmns.com/ 
  2. https://bithourproduction.com/
  3. https://blog.ninjaxpress.co/
  4. https://linkumkm.id/