UKM Indonesia

​Sertifikat Benefit Corporation

Deskripsi


    Benefit corporation (B Corp) merupakan sertifikasi Internasional yang diberikan oleh Lembaga Non-Profit, B Lab asal Amerika Serikat (AS), kepada perusahaan yang selama proses audit dapat membuktikan bahwa bisnis, sistem operasional, hingga produk yang diperkenalkan ke konsumen bernilai positif dan berdampak baik terhadap makhluk hidup dan lingkungan. Mengantongi sertifikat ini akan menaikkan kepercayaan brand di mata konsumen. Sementara bagi pemilik usaha, akan lebih mudah membangun kepercayaan dan kesetiaan konsumen.

    Baca Juga: Mengenal Phytosanitary Certificate

    Selain itu memiliki sertifikat ini dapat membantu perusahaan mempertahankan misi, menentukan tolak ukur dan meningkatkan kinerja, berkolaborasi dengan mitra, menghemat pengeluaran, membuka akses layanan, dan meningkatkan modal usaha. Untuk di Indonesia sendiri, sudah ada tiga perusahaan yang memiliki sertifikat ini seperti Danone AQUA, Beachgold, dan MYCL. Ada juga perusahaan internasional bersertifikasi B Corp yang beroperasi di Indonesia seperti Innate Motion, 24Slides dan Indosole dari total 4.075 perusahaan, 153 industri, di 77 negara.

    Segala jenis bisnis, baik itu dilihat dari segi ukuran, industri, dan struktur hukum apapun dapat mendapatkan sertifikat ini. Termasuk bagi mereka yang mendirikan usaha secara sole owner (pemilik tunggal), incorporate company (perseroan terbatas), hingga corporate company (perusahaan korporat).

    Namun, untuk syarat mutlaknya perusahaan yang boleh memiliki sertifikat ini harus sudah berdiri diatas 1 tahun, atau start-up yang telah mendapatkan program pending B Corp khusus. Terakhir, untuk mendapatkan atau memperpanjang sertifikasi ini, perusahaan harus membuktikan kinerjanya atas 5 aspek utama dalam sebuah proses audit yang ketat dan mendalam meliputi: tata kelola, karyawan, lingkungan, komunitas, konsumen.

    Baca Juga: Mengenal CV


    Syarat dan Memperoleh Sertifikat Benefit Corporation

    Sahabat Wirausaha dapat memperoleh sertifikat ini langkah-langkahnya sebagai berikut:

    1. Melengkapi B Impact Assessment (BIA) dengan cara mengunjungi platform online gratis atau klik link berikut ini. Jika Sahabat Wirausaha belum memiliki akun, pilih sign up lalu isi data diri yang diminta. Selanjutnya ikuti arahan yang diminta. Platform ini nantinya akan mengevaluasi bagaimana bisnis yang Sahabat Wirausaha jalankan berinteraksi dengan karyawan, pelanggan, komunitas, dan lingkungan sekitar.
    2. Memenuhi persyaratan hukum yang berlaku di Indonesia dengan mengunjungi link berikut ini. Pada kolom negara, pilih Indonesia, lalu pilih view requirements, kemudian ikuti arahan yang diminta. Tujuan pada persyaratan yang kedua ini untuk menentukan bagaimana bisnis yang Sahabat Wirausaha jalankan dapat berintegrasi dengan pertimbangan pemerintah dalam hal tata kelola.
    3. Setelah menyelesaikan BIA dan memenuhi persyaratan hukum yang berlaku di Indonesia, B Lab akan melakukan verifikasi skor usaha Sahabat Wirausaha untuk menentukan apakah perusahaan memenuhi standar (80 poin).

    Baca Juga: Mengenal Sertifikasi ISO dan Manfaatnya untuk Bisnis

    Sahabat Wirausaha juga bisa bertatap muka dengan staf B Lab secara virtual untuk meninjau kelanjutan BIA. Jika telah selesai, B Lab akan mengirimkan balasan berupa dokumentasi rahasia sekaligus melakukan validasi. Sertifikat B Corps ini berlaku setiap tiga tahun sekali dan proses pendaftarannya gratis.

    Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

    Sumber foto:

    https://greennetwork.id/kabar/bisnis-sebagai-kekua...

    Sumber artikel:

    https://www.bcorpindonesia.org/

Syarat
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: