Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (SBBI) KEMENPAREKRAF RI

Deskripsi Program

Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia (SBBI) KEMENPAREKRAF RI

Dampak pandemi COVID masih dirasakan banyak kalangan, tak terkecuali pelaku ekraf tanah air. Program Stimulus Bangga Buatan Indonesia merupakan rangkaian dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Program ini diberikan pemerintah untuk mendorong peningkatan transaksi penjualan produk kreatif nasional para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor Fesyen, Kriya dan Kuliner di platform digital. Stimulus ini diharapkan mampu mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan mengajak masyarakat untuk ikut berperan dengan lebih memilih untuk membeli produk buatan dalam negeri.

Syarat Penerima Bantuan

  • Produk merupakan buatan Indonesia, tervalidasi sebagai merek lokal;
  • Merchant dimiliki WNI;
  • Merupakan produsen atau distributor resmi yang memiliki hak kuasa atas merek untuk produk kategori Fesyen, Kuliner, dan Kriya;
  • Memiliki sertifikat merek yang masih berlaku dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual;
  • Terdaftar sebagai Merchant di Platform Digital yang bekerjasama dengan Program SBBI (Bhinneka, Blibli.com, Bukalapak, Lazada, theFthing, goorita);
  • Memiliki NIB atas nama pribadi atau badan usaha;
  • Belum pernah dan tidak sedang menerima bantuan pemerintah yang menggunakan anggaran PEN maupun bantuan sejenis lainnya.

Langkah Mudah Program SBBI

  • Lakukan pendaftaran data diri dan data merchant kamu di stimulus-bbi.kemenparekraf.go.id
  • Setelah mendapatkan notifikasi email, silahkan input data merchant, merek, platform digital, toko, produk, dan berbagai data tambahan lainnya. (selengkapnya dapat Sahabat UKM cek di https://drive.google.com/file/d/1hzWXo2txsAAO9jRwe4z3WwmfpLRfiCpM/view )
  • Setelah mendaftar, panitia akan melakukan kurasi pada merchant terdaftar dan akan mengumumkan apakah merchantmu lolos sebagai penerima manfaat program ini
  • Promosikan produk kreatifmu dengan voucher potongan harga PSBBI
  • Buat rekapitulasi setiap penjualan Sahabat sesuai dengan format tersedia
  • Dapatkan pencairan dana stimulus untuk merchant Sahabat.

Konten Terkait

Ekonomi Inklusif

Universal Basic Income Ala Koperasi

SAAT ini wacana Universal Basic Income (UBI) makin santer gaungnya. Sejauh ini beberapa negara maju masih dalam tahap uji coba implementasi unconditional universal basic income dalam skala terbatas. Apa itu UBI? Yuk kita bahas di artikel ini.

2020-09-17 23:05:54

Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Izin Operational

1 Daerah

UPDATE: Menurut Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2018 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik, disebutkan bahwa Nomor Induk Berusaha (NIB) berlaku juga sebagai TDP. Dengan berlakunya peraturan ini, maka pengurusan TDP di daerah berangsur-angsur akan ditiadakan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai NIB, silahkan klik disini.Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah dokumen pengesahan bahwa suatu usaha telah melakukan kewajiban pendaftaran perusahaan.

Buku Direktori Pendamping UMKM Edisi I Tahun 2019

Coaching dan Mentoring

Gratis

Halo para wirausahawan! Ada kabar baik dari Kementerian Koperasi dan UKM nih! Deputi Restrukturisasi Usaha telah menerbitkan buku Direktori Pendamping UMKM Edisi I Tahun 2019. Buku ini sangat bermanfaat untuk para pelaku usaha yang mendambakan usahanya berkembang dan ingin berkonsultasi langsung dengan pendamping-pendamping UMKM, khususnya yang sudah terdaftar resmi di lembaga pemerintah.

Selalu Berjalan

LAMIKRO: Aplikasi Pencatatan Keuangan a la KemenkopUKM RI

Akses Teknologi

Gratis

Bagi Anda yang baru pertama kali membangun bisnis, membuat laporan keuangan mungkin memang membingungkan. Tapi pemerintah kini memberikan Anda kemudahan dalam membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda.Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan aplikasi Laporan Akuntansi Usaha Mikro (Lamikro) untuk para pelaku usaha mikro yang baru memulai usaha atau wirausaha pemula. Lamikro adalah aplikasi pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro yang bisa digunakan melalui smartphone dengan sistem operasi Android.

Selalu Berjalan