LAMIKRO: Aplikasi Pencatatan Keuangan a la KemenkopUKM RI

Deskripsi Program

Bagi Anda yang baru pertama kali membangun bisnis, membuat laporan keuangan mungkin memang membingungkan. Tapi pemerintah kini memberikan Anda kemudahan dalam membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan aplikasi Laporan Akuntansi Usaha Mikro (Lamikro) untuk para pelaku usaha mikro yang baru memulai usaha atau wirausaha pemula. Lamikro adalah aplikasi pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro yang bisa digunakan melalui smartphone dengan sistem operasi Android.


Aplikasi Lamikro bisa diakses kapan saja dan di mana saja, Aplikasi ini dirancang untuk menjadi fleksibel dengan banyak pilihan berbasis pengguna. Hal tersebut akan beradaptasi dengan berbagai prosedur penganggaran dan cukup kuat untuk menggantikan metode tradisional pencatatan manual.

Jenis Fitur dari Aplikasi Lamikro

Sama halnya dengan aplikasi lain, Lamikro juga terdiri dari berbagai fitur yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut fitur-fitur yang ada pada Lamikro:

  • Entri Jurnal

Catatan untuk transaksi akuntansi berdasarkan urutan kronologi, yaitu pada saat transaksi itu terjadi. Semua transaksi akan dicatata melalui jurnal entri yang menunjukkan nama akun, jumlah, serta mengetahui apakah akun tersebut dicatat di sisi debit atau kredit.

Klik “Entri Jurnal” pada sisi tab kiri aplikasi, lalu isi tanggal jurnal sesuai dengan tanggal teradinya transaksi.


  • Pengisian jenis transaksi dapat Anda pilih dengan menu droplist. Terdapat beberapa jenis transaksi yakni pengeluaran, utang, bayar hutang, piutang, tambah modal, dan lainnya.
  • Lalu isi kolom “diterima dari”, pilih pada panah droplist.
  • Selanjutnya isi kolom “Simpan ke”, pilih juga pada panah droplist.
  • Setelah itu, isi besaran nominal uang yang dipakai dalam transaksi tersebut.
  • Jika ada keterangan tambahan, silakan isi untuk memperdetail transaksi tersebut.
  • Klik “Simpan


  • Daftar Jurnal

Jurnal merupakan rincian semua transaksi keuangan dan akun-akun yang memengaruhi transaksi tersebut. Daftar semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis bertujuan untuk pendataan berdasarkan transaksi yang diinput pada Entri Jurnal.

  • Untuk melihat transaksi yang sudah Anda simpan tadi, Anda bisa mengeklik “Daftar Jurnal” pada sisi tab kiri aplikasi.
  • Jika Anda ingin menghapus transaksi pada jurnal yang salah, klik kotak pada transaksi yang ingin dihilangkan, lalu klik “Hapus”, lalu klik “Ok”.

  • Laba dan Rugi

Bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba atau rugi bersih.

Klik “Laba dan Rugi” pada sisi tab kiri aplikasi untuk mendapatkan perhitungan akuntansi pada tabel laba dan rugi. Tabel laba dan rugi akan secara otomatis tampil sesuai dengan situasi keuangan UKM sesuai dengan input pada jurnal atau transaksi harian tadi.

  • Neraca

Merupakan bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entisitas tersebut pada akhir periode.

Klik “Neraca” pada sisi tab kiri aplikasi. Setelah itu perhitungan akuntansi pada tabel neraca akan tampil secara otomastis sesuai dengan keuangan UKM sesuai input pada jurnal atau transaksi harian.


Cara Menggunakan Aplikasi Lamikro

Aplikasi Lamikro dibuat dengan berbagai kemudahan dan fleksibilitas untuk digunakan pelaku usaha mikro. Berikut cara penggunaanya:

  • Download aplikasi Lamikro melalui Google Playstore atau kunjungi website www.lamikro.com.
  • Pilih menu Lamikro web, lalu klik “Daftar”.
  • Isi kelengkapan data seperti nama lengkap, perusahaan, alamat, nomor izin usaha UKM, NPWP, e-mail, nomor telepon, nama akun, serta kata sandi.
  • Setelah semua data terisi, Anda bisa mengeklik “Daftar”

Pencatatan laporan keuangan secara tertib merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pelaku usaha mikro. Oleh karena itu, Lamikro hadir untuk memberikan kemudahan.

Referensi:

https://lamikro.com/ dan

https://www.indonesia.go.id/layanan/kependudukan/ekonomi/lamikro-aplikasi-keuangan-a-la-kemenkopukm

(Artikel ini disusun pada 26 Juli 2019)

Konten Terkait

Akses Pasar

6 Strategi UMKM dalam Melakukan Identifikasi Pesaing

Apapun industri yang dimasuki oleh Sahabat UKM, tentu tidak luput dari yang namanya pesaing. Dalam hal ini, sangat penting rasanya kita melakukan identifikasi pesaing. Apa itu strategi identifikasi pesaing dan bagaimana langkah-langkah dalam melakukan identifikasi pesaing akan kita bahas di artikel kali ini ya.

2021-07-25 21:03:40

Akses Modal

Bank Infaq Solusi Kebangkitan UMKM ditengah Pandemik COVID-19

Para ahli telah sepakat menyebutkan bahwa pandemik COVID-19 telah menjadi krisis multidimensi. Itulah mengapa UMKM juga turut merasakan dampak dengan adanya pandemik COVID-19 ini. Karena ini merupakan krisis multidimensi, maka dibutuhkan pula solusi yang bersifat holistik. Apakah Bank Infaq dapat menjadi salah satu alternatif solusi tersebut dan bagaimana caranya?

2020-09-05 14:22:15

Ulasan - Bisnis Umum

​Inilah Prosedur dan Biaya Pendaftaran Barcode di Indonesia

Menyematkan barcode ke barang dagangan menjadi praktik yang main lazim dari hari ke hari. Apalagi di era digital seperti sekarang, di mana teknologi terus berkembang pesat. Di kalangan industri kecil dan menengah, barcode juga punya fungsi yang tak kalah penting, mulai dari mengontrol pasokan bahan sampai melancarkan ekspor produk. Bagaimana sih cara membuat barcode? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

2021-04-30 06:44:57

Jasa Keuangan dan perpajakan

Keuangan dan Pajak

PT. Godiva Caraka Konsultama atau dikenal dengan GCK Consulting merupakan Perusahaan yang bergerak dalam Jasa Keuangan dan Perpajakan, yang mempunyai visi dan misi menjadi "sahabat" dalam mengatasi masalah aktivitas Keuangan dan Perpajakan bagi Bisnis/Usaha Anda.