Trusted Seller dalam wikipedia adalah sebuah istilah dalam dunia jual beli online yang berarti penjual terpercaya. Istilah ini banyak dipakai dalam kegiatan jual beli di market place.

Ciri-ciri penjual terpercaya dalam pasar jual beli online berbeda dengan pasar offline. Di dunia online, menjadi trusted seller tidak wajib punya toko offline yang besar, atau kantor pusat atau telah berbentuk badan usaha. Bagaimana ciri-ciri penjual terpercaya?

Baca Juga: Bagaimana UMKM Menerapkan Target Penjualan?


Ciri-ciri Penjual Terpercaya dalam Dunia Marketplace dan Media Sosial

1. Memiliki bio di profil yang jelas dan detail

Di dalam bio biasa dituliskan nama toko, jenis barang yang dijual, alamat toko, jam operasional. Pada sosial media ditambahkan juga info nomor kontak atau link untuk pemesanan barang.

2. Memiliki gambar produk dan tampilan toko yang menarik

Foto asli milik sendiri lebih disukai dibandingkan foto dari mengambil gambar dari internet atau milik orang lain. Foto produk kini ditampilkan dengan design yang menarik dan estetik. Warna latar belakang foto juga dibuat senada.

Baca Juga: Strategi Optimalisasi Digital Marketing & CRM Untuk Meningkatkan Penjualan

3. Punya banyak ulasan / review yang positif

Semakin banyak ulasan positif dapat diartikan penjual ini sudah berpengalaman dan terpercaya memberikan pelayanan dan menjual produk yang bagus. Foto-foto dan video ulasan dari konsumen juga dapat memberikan gambaran asli kondisi produk.

Maka sobat UMKM perlu membangun branding yang positif di dunia maya.

4. Berstatus star seller atau punya banyak pengikut

Status star seller inilah yang membedakan mana penjual yang serius dan laris manis, mana yang tidak. Sebab untuk dapat status star seller penjual perlu memenuhi sejumlah syarat. Jumlah followers juga dapat dijadikan acuan banyak yang tertarik membeli di toko online tersebut.

Baca Juga: Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Penjualan

Namun Sahabat UKM perlu mengecek apakah follower ini adalah akun asli dan bukan robot. Jika kebanyakan akun robot atau akun bule (luar negeri) bisa dikatakan penjual membeli followers dan kurang dapat dipercaya.

5. Aktif dan responsif membalas chat customer

Penjual terpercaya biasanya memiliki admin yang sangat cepat membalas pesanan dalam hitungan menit. Admin kerap menjawab pertanyaan konsumen secara detail dan ramah. Jika ada kesalahan atau komplain, admin turut responsif dan bertanggung jawab

6. Mengirim barang pesanan pembeli dalam waktu cepat

Penjual terpercaya biasanya memiliki satu hingga dua kali jadwal pengiriman. Pada beberapa seller besar jadwal pengiriman bisa lebih dari dua kali. Pada penjual yang terpercaya, konsumen yang membeli barang di pagi hari, barang akan dikirim di hari yang sama pada sore atau malam hari.

Baca Juga: Mengenal Content Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan

Membangun kepercayaan calon pembeli adalah kunci utama yang perlu dilakukan agar produk laris manis di dunia online jaman sekarang. Membangun branding dan reputasi mutlak diperlukan agar konsumen percaya dan pada akhirnya memutuskan membeli bahkan jadi pelanggan setia. Sudahkah Sahabat Wirausaha membangun branding dan menjadi seller terpercaya?

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. https://www.wisklik.com/2020/03/ciri-online-shop-t...
  2. https://www.bukalapak.com/bantuan/sebagai-pelapak/...
  3. https://www.suara.com/lifestyle/2020/11/13/172316/...