UKM Indonesia

​Tren Tiktok Marketing dan Triknya


C:\Users\JX\Downloads\photo-1596346599094-4dfa5c61fd0d.jfif

Yuk, Sahabat Wirausaha sambil mengkurasi gitu mulai lirik aplikasi tik tok. Tahu ga, ternyata tik tok ini efektif banget untuk meningkatkan penjualan kita loh. Kok bisa? Ya sebab tik tok ini adalah media sosial yang sangat mengguncang dunia dan penggunanya sebagian besar adalah anak muda. Gabungan antara audio visual serta produk ataupun jasa kita yang kita posting di tik tok tentu akan menarik pasar baru yakni pengguna tik tok tersebut. Bahkan saat ini sudah ada istilah tik tok marketing.

Maka dari itu Sahabat Wirausaha mari kita berkenalan lebih dekat dengan aplikasi ini. Jauhkan dulu pikiran bahwa tik tok hanya tempat orang-orang berekspresi seperti joget, dance ataupun bernyanyi. Kita sebagai pelaku usaha harus melihat tik tok bagaikan lautan target pasar yang harus kita raih sebanyak-banyak. Melalui tik tok kita pasarkan produk dan jasa kita sehingga keuntungan semakin meningkat. Penasaran kan? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial


Apa sih Tik tok?

Sebagai informasi bagi kita, Tik Tok adalah sebuah aplikasi di mana para penggunanya bisa berbagi video musik dengan durasi pendek. TikTok dikenalkan dan diluncurkan pertama kali pada Septyang sahabat ukm ini ganti sahabat wirausaha sihember 2016. Pada saat itu, aplikasi ini langsung diterima di Indonesia. Meski sempat mendapatkan respons negatif ketika pertama kali muncul, kini TikTok telah menjadi salah satu platform media sosial populer dan berhasil menguasai pasar.

TikTok dikembangkan oleh Beijing ByteDance Technology dan berasal dari Tiongkok, dan bisa diunduh melalui google playstore maupun appstore. Tren Tik Tok meningkat drastis memasuki masa pandemi awal tahun 2020 lalu. Hal in terjadi karena banyak orang mencari hiburan dari rumah masing masing melalui media sosial.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital


Tik Tok Marketing

Sahabat Wirausaha, sudah punya akun tik tok apa belum? Kalau belum yuk boleh diinstall dulu, kalau sudah mari kita pelajari ilmu baru yakni tik tok marketing. Tik tok marketing atau pemasaran melalui tik tok dapat menjadi strategi baru bagi para pelaku usaha dalam menawarkan produk atau jasanya.

Pengguna aktif TikTok sudah berjumlah ratusan juta di seluruh dunia bermanfaat bagi kita untuk salah satunya yaitu meningkatkan brand awareness. Apa sih brand awareness? Brand awareness atau kesadaran merek merupakan kemampuan yang dimiliki oleh masyarakat (konsumen) untuk mengenal sebuah merek, produk, maupun sebuah jasa.

Jadi singkatnya melalui video yang berisi produk atau jasa yang Sahabat Wirausaha posting, Tik tok akan menayangkan video tersebut dan membuat orang-orang lain diseluruh dunia melihat produk dan akhirnya mengenal produk atau jasa Anda. Tentu hasil akhirnya kita berharap penonton video tik tok akan membeli produk atau jasa yang kita tawarkan.

Oh ya satu hal yang penting bahwa Anda tidak perlu menjadi pengikut suatu akun terlebih dahulu untuk bisa melihat video tersebut. Hal ini, menjadi peluang yang sangat bagus bagi Anda, sebab siapa pun bisa menyimak video promosi Anda dan mendapatkan pesannya. Terbukti saat ini sudah banyak pelaku bisnis online yang sukses melakukan penjualan dengan tik tok.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri


Tips dan Trik Tik Tok Marketing

Menarik ya Tik tok marketing, pasti Sahabat Wirausaha sudah tidak sabar untuk menggunakannya juga kan? Lantas bagaimana memanfaatkan Tiktok Marketing untuk meningkatkan bisnis Anda? Nah.. berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

1. Analisis Tren Marketing TikTok

Pertama Sahabat Wirausaha bisa melakukan analisis terlebih dahulu terkait jenis dan tema video di TikTok. Perhatikan video seperti apa yang mudah sekali viral dan mendapatkan perhatian besar dari masyarakat pengguna TikTok. Dari analisis ini, Anda bisa menemukan strategi marketing lewat TikTok yang bisa Anda terapkan pula. Jangan lupa untuk memberikan inovasi yang sesuai dengan ciri khas bisnis anda, jangan sampai anda mengcopy karya orang lain secara keseluruhan.

2. Optimalkan Kualitas Video dengan Fitur Editing

TikTok menawarkan kemudahan dalam mengedit video. Tanpa perlu langkah yang panjang, maupun menghabiskan waktu lama, Anda bisa melakukan editing video dalam satu aplikasi. Cara baca jugaini termasuk sangat praktis dalam upaya menghasilkan video promosi yang unik dan menarik. Atau anda bisa merekam video dengan kamera bawaan aplikasi.

Lalu, Anda tinggal mengeditnya menggunakan berbagai tools yang ada di dalam aplikasi. Ini sudah lengkap dengan penambahan musik dan berbagai efek lainnya. Semua itu sangat memudahkan pengguna, sebab bisa mengurangi waktu yang terbuang hanya untuk mengedit video, seperti memotong, menambah musik, dan sebagainya.

Baca Juga: 10 Tips Membuat Foto Konten yang Menarik untuk Produk Makanan

3. Perhatikan Durasi Video dan Rutin Membagikan Konten

Durasi video tik tok saat ini sudah mencapai tiga menit, dan tergolong relatif singkat. Maka dari itu Sahabat Wirausaha harus mampu memberikan informasi penting pada penonton hanya dengan video singkat.

Sahabat Wirausaha juga wajib untuk terus membagikan konten yang menarik dan berkualitas secara rutin. Jangan terlalu terkesan berjualan, namun berikan unsur edukasi atau tips saat membuat video produk atau jasa Anda.

4. Gunakan hashtag (#) yang Sesuai

Konten video TikTok bergantung pada hashtag untuk katalog dan pencarian ses apanyauai judul. Melalui menu discover, video akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending. Penggunaan hashtag ini akan membantu Anda meluaskan penyebaran konten pemasaran bisnis.

Lebih baik gunakan hashtag spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis Anda mendapat spotlight. Pilihlah hashtag yang relevan saja, jangan gunakan hashtag terlalu banyak seperti di Instagram. Lalu, tambahkan hashtag #fyp agar muncul di halaman depan pengguna.

5. Kolaborasi dengan influencer

Tik tok juga ada influencer, mereka biasa disebut Seleb Tik Tok. Sahabat Wirausaha bisa membangun hubungan baik dengan influencer yang punya audience sesuai target market Anda. Ajak influencer untuk share dan me- review produk atau jasa usaha Anda.

Sebelum memilih influencer, Anda perlu menganalisis audience dari influencers tersebut. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah audience influencer ini cocok dengan target pemasaran produk Anda.

Baca juga: Tips Buat Bisnis Viral Lewat TikTok

6. Video Harus Menarik Dengan Description yang Jelas

Sampaikan nilai-nilai tertentu dalam tiap konten supaya menarik dan diminati target pemasaran Anda. Misalkan, cara memaksimal penggunaan produk Anda, informasi tentang kreasi yang bisa dicoba pengguna, keuntungan yang didapat dalam menggunakan produk, dan lain sebagainya.

7. Iklan

TikTok juga mempunyai sistem periklanan formal. Jadi, Anda bisa memasang iklan dengan mudah. Beberapa jenis iklan yang disediakan TikTok di antaranya adalah, Pre-roll ads atau iklan video yang muncul setelah buka aplikasi, In-feed ads yang muncul di tengah feed akun, Promoted hashtag challenges atau video promosi hashtag tertentu, dan Branded effects yang menyediakan filter yang dapat menampilkan informasi brand tertentu.

Oke itu tadi sudah dijelaskan tips & Trik tik tok marketing. Sahabat Wirausaha, silakan mencoba dan bereksplorasi dengan Tik Toknya ya! Tidak ada salahnya kita mencoba sesuatu yang baru dan jangan takut untuk merasa gagal.

Sangat disarankan, untuk menguji coba beberapa teknik dan jenis konten terlebih dahulu ya Sahabat Wirausaha. Hasilnya mungkin tidak akan instan, butuh proses dan percayalah saat Anda sudah menemukan ritme dan kunci dari sebuah Tik tok marketing, maka bisnis anda akan meningkat. Pada akhirnya bisnis Anda pun memiliki brand selling yang kuat. Yuk pasti bisa yuk!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. www.shortstack.com
  2. www.conviva.com
  3. www.business2community.com
Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: