-
Penulis : Ayu Lusiani; Editor : Banu Rinaldi
- 11 Juni 2022
Sumber Gambar : Accurate
Sahabat Wirausaha pernahkah melihat beberapa artis terkenal atau selebriti sedang mempromosikan suatu produk di akun sosial media miliknya? Praktik promosi tersebut saat ini biasa dikenal sebagai
endorsement.
Apa Itu Endorsement?Menurut
The Economic Times,
endorsement merupakan bentuk iklan yang menggunakan tokoh atau selebritis terkenal yang memiliki tingkat pengakuan, kepercayaan, rasa hormat atau kesadaran yang tinggi diantara orang-orang. Orang yang mengiklankan suatu produk tersebut biasa dikenal sebagai
endorser. Pada umumnya
endorser akan meminjamkan nama atau gambar mereka untuk mempromosikan produk atau layanan dengan harapan akan meningkatkan penjualan atau menambah calon pembeli.Di era globalisasi saat ini, praktik
endorsement bukan lagi merupakan hal yang asing. Kemajuan teknologi telah banyak merubah siklus bisnis dan usaha termasuk praktik promosi itu sendiri. Pada zaman dahulu praktik promosi biasa dilakukan melalui surat kabar atau media cetak lainnya dengan budget beragam. Adapun perusahaan dengan budget promosi lebih besar akan menggunakan saluran penyiaran seperti iklan di tv maupun radio. Namun, saat ini perkembangan teknologi membuat gaya hidup konsumen pun bergeser dengan istilah serba
online.Pergeseran tersebut menjadikan media sosial memegang peranan penting bagi banyak orang, dimana orang membutuhkan media sosial untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya seperti
facebook, instagram, tweeter, youtube dll. Dengan banyaknya penggunaan media sosial untuk berinteraksi kemudian membuat media sosial menjadi lahan hijau untuk melakukan promosi suatu produk atau layanan. Mengiklankan dengan cara demikian dirasa akan lebih efektif karena terhubung dengan lebih banyak orang daripada iklan biasa.
Sumber Gambar: HarmonyApa Tujuan dari Endorsement?Dewasa ini media sosial bukan hanya sebagai media interaksi tetapi juga menjadi media berbagi pengalaman dan keilmuan. Sehingga tak jarang ada diantaranya orang yang dijadikan sebagai panutan atas sebuah
trend, gaya hidup, maupun hiburan untuk yang lainnya. Dengan demikian, praktik
endorsement oleh seseorang akan memberikan citra merek pada sebuah produk atau layanan yang lebih berpengaruh dan bertahan lebih lama di benak konsumen dibandingkan dengan praktik iklan konvensional. Semakin terkenal seorang
endorser maka akan semakin mahal pula kepribadian tersebut untuk sebuah produk.Dengan kata lain, tujuan dari praktek
endorsement adalah melekatkan
brand image sebuah produk atau layanan kepada personal
endorser itu sendiri. Sehingga citra dari produk tersebut dapat terangkat dengan nilai kepribadian atau karakter dari
endorser.Misalnya promosi yang dilakukan oleh
brand lokal yang sudah terkenal ke mancanegara, yaitu Erigo. Erigo merupakan brand fashion dengan konsep
street style dan
travelling. Pada praktik pembuatan
campaign iklan, Erigo menggandeng beberapa artis terkenal dan selebgram untuk ikut mempromosikan produknya. Sejalan dengan karakter Erigo yang lebih millenial, maka
endorser yang dipilih pun ialah anak-anak muda yang aktif dan enerjik. Dengan demikian, karakter dan kepribadian
endorser dari Erigo pun akan melekat terutama pada produk yang diiklankan. Secara tidak langsung, cara ini akan lebih menarik perhatian para pengikut dari
endorser untuk turut serta memakai atau menggunakan produk yang sama.
Jenis-jenis EndorserDilihat dari personal:
- Typical Person Endorser merupakan pengenalan produk atau campaign iklan yang dilakukan oleh orang awam atau bukan orang terkenal dalam penyampaian iklannya kepada audience.
- Celebrity Endorser merupakan sebagai semua individu yang menikmati pengenalan public dan menggunakan pengenalan ini untuk kepentingan produk konsumen dengan cara tampil bersama produk dalam sebuah iklan. Dengan kata lain, Celebrity Endorser adalah seseorang yang dikenal secara luas oleh publik yang kemudian mengiklankan sebuah produk dengan tujuan agar orang yang melihat bisa tertarik untuk menjadi seperti apa yang ada di dalam iklan.
Dilihat dari biaya:
Endorsement Berbayar adalah mengiklankan produk oleh seorang
endorser yang melibatkan kontrak bayaran tertentu baik secara tertulis maupun tidak. Kontrak tersebut mungkin berisi beberapa aturan atau batasan dan pedoman untuk diikuti selebriti atau publik figur. Bayaran yang diberikan pun beragam, bisa berupa uang, barang atau jasa gratis atau kombinasi keduanya. Jenis
endorsement ini kerap ditemukan dan digunakan oleh para
marketing suatu produk.
Endorsement Tidak Berbayar atau
endorsement terselubung terjadi ketika seorang selebriti atau publik figur dengan sukarela mengiklankan produk tertentu tanpa bayaran. Biasanya
endorsement jenis ini dikarenakan kepuasan yang dirasakan oleh
endorser selaku konsumen pada umumnya atas keuntungan atau kelebihan dari produk yang digunakan. Jenis
endorsement ini juga bisa dilakukan dengan cara mengirimkan produk
sample gratis kepada
endorser untuk kemudian diminta review atau testimoninya.

Bagaimana Cara Melakukan EndorsementMungkin bagi sebagian pelaku usaha banyak yang bertanya-tanya bagaimana cara melakukan
endorsement atau cara
paid promote melalui akun artis ataupun selebritis. Kegiatan
endorsement biasanya tidak memerlukan prosedur yang terlalu rumit dan tidak memakan waktu yang lama. Biasanya pengiklan cukup dengan menghubungi pihak
endorser melalui pesan singkat atau
direct message dan kemudian dilanjutkan dengan transaksi.Saat membuat kesepakatan dengan calon
endorser, perlu disepakati terlebih dahulu mengenai sistem pembayarannya, apakah cukup dengan mengirimkan sample produk dengan jumlah tertentu atau perlu biaya lain.Selain itu tentukan kesepakatan antara pemilik
brand dengan calon
endorser mengenai cakupan wilayah pemasaran dimana saja produk tersebut akan dipromosikan, bisa melalui satu platform pemasaran atau beberapa media sosial. Misalnya untuk media sosial instagram, promosi yang dilakukan
endorser hanya akan ditayangkan di
feed Instagram mereka atau di instastory juga. Untuk penayangan di instastory pun perlu disepakati mengenai masa promosinya seperti 1 x 24 jam atau 2 x 24 jam, atau lebih.Saat melakukan
endorsement pastikan akun
endorser yang digunakan tidak bersifat
private. Hal tersebut untuk memudahkan
campaign promosi bisa menjangkau konsumen yang lebih luas. Selain itu, hal ini juga untuk memudahkan orang lain melakukan interaksi pada postingan iklan seperti memberikan
feedback atau bahkan melakukan
share ke yang lainnya. Sebelumnya, pastika bahwa
endorser biasa memberikan komentar atau
review yang positif pada penggemarnya mengenai produk yang biasa mereka iklankan. Hal ini dikarenakan akan berpengaruh pada reputasi dari
brand produk itu sendiri.Selanjutnya, sepakati juga pihak mana yang menyediakan naskah
endorse. Biasanya pihak pengiklan akan memberikan poin-poin penting nya saja dari produk yang akan dipasarkan. Kemudian pihak
endorser akan melakukan improvisasi dalam menyampaikan poin-poin tersebut kepada khalayak. Namun, pastikan bahwa sang
endorser memberikan
review yang jujur dan terkesan tidak terlalu dibuat-buat. Hal ini menyangkut reputasi dari sang
endorser dan produk itu sendiri agar tidak terkesan berlebihan.Perlu dipahami bahwa promosi melalui
endorser berbeda dengan
brand ambassador.
Endorsement bersifat tidak mengikat. Misalnya, jika produk yang kita miliki adalah produk kosmetik dan memutuskan untuk melakukan promosi melalui
endorser. Maka, sah saja jika di waktu lain
endorser mempromosikan produk kosmetik lain dan kita tidak berhak untuk menuntut.
Hal yang Perlu Dipertimbangakan Sebelum Melakukan EndorsementAda beberapa faktor yang mempengaruhi iklan
endorsement, adalah sebagai berikut:
1. Jumlah FollowerJumlah
followers seorang endorser biasanya akan berbanding lurus dengan tingkat
closing penjualan sebuah produk atau layanan. Hal tersebut dikarenakan jumlah
followers tentu akan memberikan dampak pada jumlah
viewers iklan yang dilihat di media sosial. Jadi, jika suatu produk diiklankan pada seorang
endorser dengan jumlah
followers satu juta, maka ada kemungkinan iklan tersebut akan dilihat oleh satu juta pengguna akun media sosial. Kemudian, jika tingkat closing diambil 10% dari jumlah viewers, maka akan berpotensi mendapatkan 100 ribu penjualan pada satu iklan.
2. Engagement RateEngagement rate adalah nilai persentase antara jumlah pengikut yang aktif berinteraksi di media sosial. Kedekatan selebgram dengan para pengikutnya dapat mempengaruhi tingkat keberhasilan iklan
endorsement. Oleh karenanya, perlu adanya tolak ukur untuk mengetahui sebuah iklan
endorse bisa dikatakan berhasil atau tidak. Tolak ukur yang biasa digunakan dalam dunia
endorsement adalah
engagement rate. Semakin tinggi persentase
engagement rate, maka akan semakin besar pula peluang keberhasilan
endorsement. Angka ini juga bisa menjadi penyeleksi jumlah pengikut palsu atau
fake account.
3. Personal Endorser yang RepresentatifUntuk mengiklankan sebuah produk atau layanan melalui
endorsement perlu kiranya memperhatikan juga sosok
endorser nya. Mereka yang akan mengiklankan produk lebih baik yang sesuai dengan pangsa pasar. Sebagai pertimbangan, bisa dilihat dari intensitas postingan yang disajikan oleh pemilik akun tersebut. Misalnya, jika produk kita adalah produk untuk ibu hamil dan menyusui, maka pilihlah
endorser yang memiliki keterkaitan dengan produk tersebut. Sebagai contoh, pilihlah
endorser seorang wanita yang sudah berkeluarga dan yang memiliki anak kecil. Hal tersebut karena bisa dipastikan bahwa
followers atau pengikut mereka juga memiliki ketertarikan yang sama pada sebuah produk. Dengan adanya keterkaitan
endorser dengan produk yang akan diiklankan maka akan berpengaruh pula pada tingkat
closing yang tepat sasaran. Beda halnya jika kita melakukan
endorsement produk untuk ibu hamil dan menyusui tersebut kepada seorang laki-laki yang belum berkeluarga dan memiliki ketertarikan pada otomotif. Maka bisa jadi iklan
endorsement tersebut tidak akan berhasil karena salah membidik target pasar.
4. HargaJika hal-hal yang di atas sudah dengan matang dipertibangkan, maka hal lainnya yang tidak kalah penting adalah soal harga. Setiap
endorser memiliki tarif yang berbeda-beda dalam melakukan
endorsement. Biasanya, artis atau selebgram yang memiliki jumlah
followers dan tingkat
engagement yang tinggi akan mematok harga yang lebih tinggi pula. Maka pilihlah
endorser yang sesuai dengan
budget iklan. Ada juga diantaranya
endorser yang menawarkan paket
endorsement dengan harga yang lebih terjangkau, seperti paket dengan jumlah feed atau
story yang akan dibagikan dengan kurun waktu tertentu.
Sumber Gambar: Zetizen
Apa Saja Manfaat Melakukan Endorsement?1. Membangun Kredibilitas ProdukEndorsement pada umumnya menggunakan artis atau selebritis terkenal. Dengan demikian, selain meningkatkan penjualan, dampak dari
endorsement itu sendiri adalah meningkatkan kredibilitas produk itu sendiri. Setiap
endorser memiliki penggemarnya masing-masing, dan mereka biasanya percaya pada kehidupan,
life style bahkan cara pemilihan produk oleh idolanya. Hal ini menunjukkan bahwa produk yang dipasarkan oleh
endorser adalah layak digunakan dan kepercayaan
brand pun ikut terbangun.
2. Membuat Brand Lebih Menonjol Selanjutnya, manfaat dari melakukan
endorsement adalah membuat
brand produk lebih menonjol dibandingkan
brand produk yang lainnya. Produk yang dipasarkan oleh
endorser akan lebih dikenal dan melekat di benak konsumen karena memiliki
positioning tersendiri di mata konsumen. Semakin terkenal artis atau selebritis yang mengiklankan biasanya akan membuat semakin mahal nilai jual dan semakin tinggi kualitas dari sebuah produk.
3. Membuka Pasar BaruManfaat lainnya dari
endorsement adalah
brand awareness produk akan lebih luas dari sebelumnya. Jangkauan pemasaran yang dilakukan melalui
endorser akan semakin luas. Teknologi saat ini memungkinkan semua orang untuk berinteraksi satu dengan lainnya dan bertemu di sosial media tanpa terhalang jarak dan waktu. Selain itu, akun
endorser yang memiliki ribuan bahkan jutaan pengikut menjadi lahan hijau untuk mendapatkan
traffic pemasaran yang lebih banyak. Dengan demikian, tidak menutup kemungkinan upaya tersebut bisa membuka pasar baru bagi produk yang diiklankan.
4. Kegiatan Promosi Lebih EfektifMelakukan promosi melalui akun tokoh terkenal seperti artis maupun selebgram, akan lebih mendapatkan perhatian dari konsumen dibanding dengan melalui akun jualan. Hal tersebut dikarenakan,
followers dari selebritis tersebut akan sering memperhatikan apa saja yang menjadi postingan dari pemilik akun termasuk kehidupan pribadi dan aktivitas sehari-hari. Untuk itu, kegiatan promosi suatu produk pun akan lebih efektif jika melalui
endorsement.
5. Menghemat Biaya PemasaranSelain lebih efektif, praktik
endorsement juga biasanya akan memakan biaya lebih sedikit dibanding dengan melakukan promosi dengan cara konvensional seperti melalui tv, radio, atau penggunaan papan reklame di jalan. Dengan demikian, biaya promosi pun bisa lebih hemat dan dana yang seharusnya untuk promosi bisa dialokasikan untuk ekspansi bisnis selanjutnya.
6. Meningkatkan Penjualan dan Jumlah FollowerTujuan utamanya dari melakukan
endorsement adalah menaikkan penjualan. Kebanyakan artis atau selebriti memiliki banyak penggemar yang mengikuti gaya termasuk produk yang digunakan. Lebih khusus lagi untuk artis yang memiliki penggemar fanatik justru tidak akan banyak mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan produk yang diiklankan, tetapi lebih kepada mengikuti
life style dari idolanya tersebut. Maka, penjualan produk melalui
endorsement berpotensi akan terus meningkat dan laris manis di pasaran.
Nah, itulah jenis promosi yang saat ini sedang banyak dilakukan oleh pelaku usaha terutama UKM. Dengan kemudahan dan manfaat yang diberikan melalui
endorsement akan lebih menguntungkan para pelaku UKM untuk mempromosikan produknya ke khalayak yang lebih luas. Sehingga, tidak menutup kemungkinan bahwa Sahabat Wirausaha bisa bersaing dengan pemilik
brand terkenal lainnya.