Mempromosikan produk secara online memang terbukti lebih efektif dibandingkan offline. Selain itu, Sahabat Wirausaha juga tidak perlu menguras energi dan waktu berlebihan. Cukup lewat gawai atau laptop, bisnis Anda sudah bisa dikenal di berbagai daerah di indonesia, bahkan di dunia.

Karena kelebihan inilah yang menyebabkan istilah-istilah di dunia pemasaran online semakin beragam, salah satunya adalah paid promotion. Lalu, apa sih paid promotion itu? Bagaimana cara melakukannya? Simak penjelasannya di bawah ini ya.

Baca juga: Tren dalam Instagram yang Penting Bagi Digital Marketing


Pengertian Paid Promotion

Paid promotion adalah sebuah cara promosi online di media sosial seperti Instagram dengan cara memposting sebuah konten yang berisikan informasi produk kita. Paid promotion terkadang dianggap sama dengan endorse, padahal kedua istilah tersebut berbeda dari segi teknik promosi.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri

Teknik paid promote dilakukan dengan cara memposting sebuah konten yang telah dibuat oleh kita sendiri sebagai pelaku usaha. Namun, endorse dilakukan dengan cara memposting konten yang dibuat oleh si pemilik akun sosial media yang biasanya memiliki pengikut berjumlah besar.

Baca juga: Tips Beriklan di Instagram Ads


Cara Melakukan Paid Promotion

Berikut adalah cara melakukan paid promote di Instagram :

  1. Pilihlah akun sosial media di instagram yang memiliki followers banyak, misalnya di atas 10.000 pengikut.
  2. Perhatikan konten apa yang sering diunggah di akun tersebut. Lakukan riset mengenai umur pengikutnya dan berapa tingkat persentase engagement-nya. Anda bisa memeriksa engagement di situs berikut secara gratis :
  1. All stars engagement rate
  2. Phlanx engagement rate
  3. Hype auditor

Anda bisa membandingkan antara satu akun dengan yang lainnya sebagai alternatif yang lebih cocok. Semakin tinggi engagement-nya, maka produk Anda bisa dikenal oleh banyak orang.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital

  1. Hubungi akun sosial media yang sudah Anda pilih lewat direct message atau whatsapp, lalu tanyakan berapa biaya untuk posting di akun tersebut. Sesuaikan dengan anggaran iklan Anda.
  2. Usahakan untuk request posting di golden hours, yaitu sekitar jam 5 sore hingga 7 malam, disaat pengguna sosial media sedang banyak-banyaknya. Hal ini berpotensi untuk meningkatkan performa iklan Anda lebih baik.

Nah, itu tadi adalah cara mudah melakukan paid promotion. Semoga dengan cara ini, bisnis Sahabat Wirausaha bisa meningkat penjualannya. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Tips Membuat Foto Konten yang Menarik untuk Produk Makanan

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. dotnextdigital.com
  2. arahkata.pikiran-rakyat.com