UKM Indonesia

Optimalisasi Facebook untuk UMKM melalui Facebook Ads



sumber : ikotrok.com

Sahabat Wirausaha pernah menonton film The Social Network? Dilansir dari kompas.com, film yang dirilis pada tahun 2010 lalu ini merupakan film biografi hasil kolaborasi sutradara David Fincher dan penulis naskah Aaron Sorkin. Cerita menarik yang diadaptasi dari buku The Accidental Billionaires karangan Ben Mezrich ini mengisahkan tentang perjalanan Mark Zuckerberg mendirikan Facebook.

Siapa yang tidak kenal dengan jejaring sosial Facebook? Ya Sahabat Wirausaha, popularitas Facebook rasa-rasanya tidak perlu dipertanyakan terlebih di Indonesia. Dilansir dari katadata, Indonesia menyumbang 130 juta pengguna aktif Facebook pada tahun 2017 atau lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan Facebook. Bagaimana tidak Sahabat Wirausaha, Facebook menghadirkan layanan yang luar biasa. Selain berfungsi sebagai sarana komunikasi dan hiburan, Facebook juga kini hadir dengan layanan baru yang mendukung bisnis, salah satunya melalui fitur Facebook Ads.


sumber : katadata

Apa Itu Facebook Ads?

Beriklan di Facebook atau yang lebih familiar dengan istilah Facebook Ads merupakan fitur yang secara khusus dirancang oleh Facebook sebagai media beriklan melalui fanpage dimana audience dari iklan tersebut ditujukan kepada pengguna Facebook. Jika Sahabat Wirausaha belum familiar dengan fanpage, ini merupakan halaman yang dapat mewakili sebuah bisnis, produk, layanan jasa, individu, merek, dan lain sebagainya, yang memungkinkan pengguna Facebook lainnya menjadi pengikut halaman tersebut atau memberikan like. Adapun penempatan iklan di Facebook Ads biasanya berada pada beranda atau sidebar.

Mengapa Menggunakan Facebook Ads?

Facebook Ads dapat memberikan kemudahan kepada Sahabat Wirausaha yang ingin beriklan dan merancang iklannya sendiri agar sesuai dengan kebutuhan. Adapun bentuk perancangan iklan yang dapat Sahabat Wirausaha lakukan adalah dengan mengatur target pasar berdasarkan jenis kelamin, usia, status pernikahan, wilayah geografis, pendidikan, hobi, dan lain sebagainya. Ini adalah satu dari beragam manfaat yang akan Sahabat Wirausaha rasakan jika menggunakan Facebook Ads. Yuk kita simak lebih dalam lagi apa saja manfaat dari penggunaan Facebook Ads dalam bisnis.

Facebook memiliki jumlah pengguna aktif yang besar

Dilansir dari beritasatu.com, Youtube masih merajai puncak sebagai media sosial yang paling populer di Indonesia dengan angka pengguna Youtube mencapai 94% dengan rentang usia di kisaran 16 hingga 64 tahun berdasarkan survei yang dilakukan GWI pada triwulan ketiga tahun 2020. Peringkat kedua disusul dengan Whatsapp, lalu Instagram, kemudia Facebook di peringkat keempat. Dari hasil ini, kita temukan bahwa Facebook masih termasuk dalam empat besar media sosial yang populer di Indonesia. Hal ini tentu tidak terlepas dari jumlah pengguna aktifnya yang besar.


sumber : beritasatu.com


Demografi Beragam

Selain memiliki jumlah pengguna yang banyak dan aktif, demografi pengguna Facebook juga sangat beragam. Dilansir dari napoleoncat.com, pengguna Facebook di Indonesia didominasi oleh laki-laki sebesar 54.8% dengan sebaran kelompok usia yang beragam dengan pengguna terbanyak di range 25-34 tahun.


sumber : napoleoncat.com

Target spesifik

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, melalui fitur Facebook Ads Sahabat Wirausaha dapat menentukan target iklan sespesifik mungkin berdasarkan lokasi, usia, minat, dan juga hobi.

Remarketing

Sahabat Wirausaha sudah mengenal istilah remarketing? Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan strategi mempertahankan keinginan calon pelanggan potensial yang belum berhasil membeli pada pertemuan sebelumnya. Bayangkan Sahabat Wirausaha melihat produk di sebuah marketplace tertentu. Belum sempat membelinya, Sahabat Wirausaha sudah membuka halaman website lainnya. Maka dapat dipastikan Sahabat Wirausaha akan melihat iklan produk yang sebelumnya tadi dilihat muncul di laman website yang dilihat saat ini, seakan-akan kita diingatkan kembali untuk segera menyelesaikan pembelian produk tersebut. Inilah yang disebut dengan remarketing.

Sama halnya dengan Google Ads, Facebook Ads juga menawarkan fitur remarketing. Dengan adanya fitur ini, target audience Sahabat Wirausaha bukan hanya melihat iklan Anda di Facebook, melainkan juga di website dan aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook. Dengan demikian, Sahabat Wirausaha dapat mempertahankan keinginan untuk membeli dari calon pelanggan potensial.

Efektif untuk berbagai tujuan pemasaran

Ada beragam tujuan pemasaran ketika kita melakukan iklan secara digital, termasuk di Facebook Ads. Sebut saja mulai dari mendapatkan trafik, mengumpulkan leads, men-download aplikasi, hingga melakukan pembelian. Melalui Facebook Ads, Sahabat Wirausaha dapat memilih salah satu dari pilihan tujuan pemasaran yang paling sesuai dengan tujuan bisnis saat ini.

Efisiensi Biaya Facebook Ads

Efisiensi biaya dapat Sahabat Wirausaha lakukan melalui beriklan di Facebook Ads. Bagaimana tidak, dengan biaya Rp 10.000 Sahabat Wirausaha sudah dapat beriklan di Facebook Ads. Lebih jauh, Facebook Ads juga memiliki fitur pengoptimalan anggaran iklan yang memaksimalkan jangkauan iklan namun dengan biaya yang terjangkau.

Mengenal Jenis-Jenis Facebook Ads

Beragam jenis Facebook Ads dapat Sahabat Wirausaha pilih sesuai dengan kebutuhan beriklan saat ini agar dapat menjangkau calon konsumen potensial. Ragam jenis Facebook Ads tersebut antara lain :

Facebook Video Ad

Preferensi konsumen di Indonesia saat ini lebih senang melihat video dibanding foto. Hal ini terlihat dari masih merajainya Youtube di posisi puncak sebagai media sosial yang paling populer di Indonesia. Iklan video dirasa menawarkan konten yang lebih menarik, sehingga video menjadi lebih populer di kalangan setiap pengunjung Facebook setiap harinya. Dengan format video, Sahabat Wirausaha dapat memperlihatkan produk dan layanan, menarik perhatian dengan cepat, serta mengarahkan calon pelanggan ke action tertentu.

Untuk dapat membuat iklan video di Facebook Ads, Sahabat Wirausaha harus pahami terlebih durasi maksimalnya. Dapat Sahabat Wirausaha lihat di tabel berikut ini ya.


Facebook Video Ads

Durasi Maksimal (dalam menit)

Facebook Feed

240

Marketplace

240

Beranda Messenger

240

Meskipun durasinya dapat dibuat hingga 240 menit, Sahabat Wirausaha dianjurkan untuk membuat videonya sesingkat mungkin dengan informasi yang compact dan menarik tentunya.

Facebook Photo Ad

Dibandingkan dengan video, memposting photo tentu akan lebih mudah untuk dibuat atau dipersiapkan oleh Sahabat Wirausaha. Secara umum, Facebook Photo Ads sangat cocok digunakan untuk promosi produk karena perhatian audiens akan langsung terfokus pada gambar. Oleh karena itu, Sahabat Wirausaha dapat menggunakan foto yang powerful, memiliki resolusi bagus, serta menyampaikan pesan dengan tepat. Ketahui juga secara pasti ukuran pixel Foto Ads yang digunakan ya.


Facebook Photo Ads

Ukuran (dalam pixel)

Beranda

1080 x 1350

Kolom Kanan

1200 x 1200

Artikel Instan

1200 x 1200

Marketplace

1200 x 1200

Stories

1080 x 1920

Facebook Multi-Product AdSecara sederhana, Facebook Multi-Product Ads adalah iklan yang memungkinkan pengiklan untuk menampilkan beberapa produk dalam satu iklan. Jenis iklan yang satu ini sangat tepat untuk digunakan jika Sahabat Wirausaha memiliki beragam produk yang berbeda, namun ingin dipromosikan dalam satu iklan.

  • Facebook Local Ad

Jika Sahabat Wirausaha memiliki lokasi fisik untuk berbisnis, maka Facebook Local Ads sangat cocok digunakan. Iklan ini akan menyasar secara geografik dari lokasi bisnis Sahabat Wirausaha, sehingga akan lebih tepat sasaran. Selain itu, iklan jenis ini juga memiliki opsi untuk menunjukkan arah, sehingga sangat mudah untuk siapapun menemukan dan menuju lokasi bisnis Sahabat Wirausaha.

Facebook Offer Ads

Jika kekuatan dari iklan Sahabat Wirausaha adalah diskon, maka jenis Facebook Offer Ads menjadi layak untuk digunakan, karena Facebook Offer Ads dapat mempromosikan diskon pada produk atau layanan yang dapat dilakukan di Facebook.

Facebook Event Ads

Jenis iklan ini sangat tepat untuk mempromosikan acara. Call to action atau CTA pada iklan tersebut biasanya langsung mengarahkan pengguna ke halaman pembelian tiket.

Facebook Retargeting Ad

Retargeting telah kita singgung sebelumnya ya Sahabat Wirausaha, dimana iklan akan melakukan penargetan ulang dalam mempromosikan iklan untuk calon potensial konsumen yang belum menyelesaikan pembelian sebelumnya.

Cara Membuat Halaman di Facebook

Jika Sahabat Wirausaha sudah mengetahui pentingnya menggunakan Facebook Ads dan beragam jenisnya, maka kini saatnya kita belajar bagaimana langkah-langkah membuat halaman di Facebook. Dilansir dari niagahoster.co.id, berikut langkah yang dapat Sahabat Wirausaha lakukan, yaitu :

Buka Facebook Pages

Buka Facebook Pages kemudian pilih jenis halaman yang menggambarkan bisnis Sahabat Wirausaha.


sumber : niagahoster.co.id

Pilih Kategori

Pilih kategori dan masukkan nama perusahaan Sahabat Wirausaha, kemudian klik tombol “memulai”


sumber : niagahoster.co.id

Lengkapi Informasi

Isi alamat dan nomor telepon. Dalam hal ini, Sahabat Wirausaha juga dapat mengatur untuk tidak menampilkan informasi alamat dan nomor telepon.

Unggah Foto Profil

Masukkan foto profil untuk halaman Facebook Sahabat Wirausaha.


sumber : niagahoster.co.id

Unggah Foto Sampul

Tambahkan foto sampul halaman Facebook Sahabat Wirausaha.


sumber : niagahoster.co.id


Sekarang Sahabat Wirausaha sudah memiliki halaman di Facebook. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat Facebook Ads.

Langkah-Langkah Membuat Iklan di Facebook Ads

Setelah Sahabat Wirausaha dapat membuat halaman di Facebook, maka kini saatnya kita belajar membuat iklan di Facebook Ads. Dilansir dari niagahoster.co.id, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Buka Facebook Ads

Sebelum membuka laman Facebook Ads Manager, pastikan Sahabat Wirausaha sudah login ke akun Facebook yang digunakan untuk membuat halaman di Facebook sebelumnya.

Pilih Pembuatan Iklan Terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat Iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan dalam membuat iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Kami merekomendasikan Sahabat Wirausaha untuk memilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan lebih spesifik.


sumber : niagahoster.co.id

Tentukan Tujuan Iklan

Ada beragam tujuan iklan yang disediakan Facebook dalam tiga kategori berbeda, yaitu Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.


sumber : niagahoster.co.id

Pilih Jenis Iklan Facebook

Facebook menyediakan dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran, dimana kita harus memilih salah satu karena tidak dapat digunakan bersamaan. Di jenis iklan Uji Split, Sahabat Wirausaha akan diminta membuat dua iklan dengan konten yang mirip, yaitu konten A dan konten B. Target audiens Sahabat Wirausaha akan dibagi menjadi dua dan akan melihat iklan yang berbeda. Dengan begitu, kita bisa melihat konten iklan mana yang lebih menarik berdasarkan trafiknya.

Karena membuat dua iklan, maka otomatis Sahabat Wirausaha membutuhkan dana dua kali lipat dibandingkan jenis pengoptimalan anggaran. Jika Sahabat Wirausaha masih pemula dalam beriklan, kami rekomendasikan untuk memilih pengoptimalan anggaran.


sumber : niagahoster.co.id

Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Tulis nama iklan agar kita bisa mengecek performa iklan tersebut di FB Ads. Kemudian pilih tujuan trafik di lalu lintas kunjungan, apakah ingin mengarahkan trafik ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.


sumber : niagahoster.co.id

Tampilkan Promo

Centang pilihan promo jika Sahabat Wirausaha sedang menjalankan promo dan ingin menampilkan promo tersebut.


sumber : niagahoster.co.id

Tentukan Target Audiens

Tentukan target audiens sesuai dengan target pasar dari produk dan layanan.


sumber : niagahoster.co.id

Tentukan Penempatan Iklan

Kami merekomendasikan Sahabat Wirausaha memilih Penempatan Otomatis, karena Facebook otomatis akan menampilkan iklan di tempat-tempat yang memiliki kinerja paling baik.


sumber : niagahoster.co.id

Pilih Jadwal Penayangan Iklan dan Format Iklan

Tentukan berapa lama iklan Sahabat Wirausaha akan ditampilkan. Berikutnya, pilih jenis format iklan yang sesuai dengan kebutuhan Sahabat Wirausaha, apakah ingin dalam bentuk video, foto, atau format lainnya.

Lengkapi Informasi Iklan

Buatlah deskripsi, masukkan judul, gambar, dan tautan yang sesuai sebagai kelengkapan informasi iklan. Pastikan deskripsi dan judul iklan menarik dan pixel gambar sesuai.

Bayar Iklan Facebook

Baik kartu kredit maupun kartu debit dapat Sahabat Wirausaha gunakan untuk membayar iklan Facebook. Setelah membayar, Facebook akan mereview iklan Sahabat Wirausaha dan akan segera menampilkannya jika sudah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Bagaimana Sahabat Wirausaha, mudah bukan membuat iklan di Facebook? Tentu membutuhkan pengalaman untuk bisa membuat iklan yang menarik dan menyedot trafik tinggi hingga akhirnya tujuan pemasaran dapat tercapai. Untuk itu, teruslah berlatih membuat iklan ya. Selamat mencoba!

Nikita Puspita Ing Endit @nikitapuspita.endit, Dosen STEI Jakarta dan Mentor Business Coaching Magister Manajemen Universitas Indonesia


Sumber referensi :

beritasatu.com, Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021.

katadata. Berapa Jumlah Pengguna Facebook di Indonesia.

kompas.com. Sinopsis The Social Network, Perjuangan Mark Zuckerberg Mendirikan Facebook.

napoleoncat.com. Facebook Users in indonesia - April 2020.

niagahoster.co.id. Cara Membuat Facebook Ads dari A-Z.

Mungkin Anda perlu membaca Artikel ini: