Jika toko online Sahabat Wirusaha belum punya landing page, ayo segera dibuat! Karena landing page bisa membantu Sahabat Wirausaha dalam menghasilkan lebih banyak rupiah dari website toko online, loh! Nah, sebelum memiliki landing page, Sahabat Wirausaha wajib memahami A sampai Z mengenai landing page. Di artikel ini, Sahabat Wirausaha akan mendapatkan penjelasan apa itu landing page, memahami definisi landing page serta fungsinya.


Memahami Landing Page

Landing page adalah halaman dalam website yang didesain khusus dengan mindset marketing. Halaman inilah yang ditampilkan ketika pengunjung mengakses website dari hasil pencarian berbayar (paid search). Dengan kata lain, landing page dibuat dengan tujuan spesifik untuk mengarahkan pelanggan melakukan sebuah aksi tertentu, seperti membeli, memesan, atau pun mengisi formulir. Biasanya pelanggan akan mengklik iklan atau pun promosi Sahabat Wirausaha dalam bentuk apapun, setelah itu mereka akan diarahkan untuk mengunjungi sebuah situs.

Baca Juga: 5 Jenis Aplikasi Digital Untuk Bisnis Naik Kelas

Di dalam landing page tersebut, dimuatlah berbagai informasi tertentu, seperti detail produk/layanan, fitur, keunggulan, media digital (e-book, video, audio), tombol aksi, dan sebagainya. Landing page ini akan berguna sekali dalam kampanye marketing dalam bisnis Sahabat Wirausaha, karena perannya yang krusial dalam mengkonversi pelanggan yang masuk menjadi transaksi. Jadi, perusahaan yang mengandalkan digital marketing, landing page adalah sesuatu yang wajib diperhatikan. Seperti dikutip dari Hubspot, bahwa perusahaan yang memiliki 10-15 landing page dalam situsnya mengalami kenaikan leads hingga 55% dan perusahaan yang memiliki lebih dari 40 landing page mengalami kenaikan leads hingga 120%. Pengaruhnya sangat signifikan, ya?

Baca Juga: Cara Mengoptimalkan Instagram Untuk Berbisnis, Yuk Simak Tipsnya!


Karakteristik Dan Fungsi Landing Page

Supaya toko online Sahabat Wirausaha tidak ditinggal oleh calon pelanggan, maka Sahabat Wirausaha harus memiliki landing page. Landing page bisa diibaratkan ruang-ruang khusus dalam rumah. Entah itu ruang tamu, ruang keluarga, dapur, kamar tidur, ataupun kamar mandi. Intinya, landing page hanya memiliki satu fungsi yang spesifik. Seperti apa karakteristik landing page? Berikut penjelasannya:

Karakteristik landing page:

  • Landing page adalah halaman yang memiliki fungsi khusus dalam website;
  • Mendorong pengguna untuk fokus pada satu produk dan lekas melakukan transaksi di website.
  • Mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya, membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan.

Baca Juga: Langkah Aksi Membangun Brand untuk Meningkatkan Nilai dan Citra Positif Produk/Perusahaan

Sementara berdasarkan jenisnya, ada dua fungsi utama landing page, yaitu :

  • Landing page bisa dipakai untuk mengumpulkan data pengunjung potensial atau leads. Leads inilah yang dijaga oleh bisnis. Kemudian calon pelanggan ini diharapkan melakukan pembelian di masa mendatang.
  • Landing page juga bisa berfungsi untuk mempercepat transaksi. Halaman ini minim distraksi dari menu dan tombol navigasi lainnya. Dengan kata lain, landing page memberikan jalan khusus bagi pengunjung untuk mengakses produk atau layanan yang ingin dibeli.

Manfaat Menggunakan Landing Page Dan Cara Kerjanya

Apa saja manfaat yang didapatkan jika Sahabat Wirausaha sudah memiliki landing page?

1. Mempromosikan produk/layanan

Di dalam landing page Sahabat Wirausaha bisa leluasa menjelaskan setiap detail produk hingga harga-harganya. Landing page akan menjadi media yang tepat untuk Sahabat Wirausaha dalam mengenalkan produk/layanan pelanggan, sehingga memicu mereka untuk segera melakukan pembelian.

Baca Juga: Memilih Berbisnis Lewat E-commerce di Era Digital

2. Mendapatkan data leads potensial

Dengan menggunakan landing page, Sahabat Wirausaha dapat dengan mudah menyaring audiens yang masuk dan mengkategorikannya ke dalam daftar pelanggan potensial yang sewaktu-waktu dapat dihubungi.

3. Mempermudah konsumen untuk bertransaksi

Landing page juga akan membantu pelanggan Sahabat Wirausaha dalam membuat keputusan tepat untuk melakukan transaksi. Serangkaian informasi yang dimuat di dalamnya akan membuat mereka paham terhadap kebutuhannya masing-masing, serta solusi yang ditawarkan oleh produk/layanan Sahabat Wirausaha.

Baca Juga: Mengenal Ragam Platform Untuk Membuat Website Toko Online Milik Sendiri

4. Meningkatkan angka conversion rate

Semakin banyak pelanggan yang melakukan transaksi di dalam landing page, menjadikan angka konversi dalam bisnis Sahabat Wirausaha juga semakin tinggi. Akan tetapi, hal tersebut dapat terjadi apabila dari sisi desain, copywriting, dan penawaran dalam landing page sesuai dengan minat para pelanggan Sahabat Wirausaha.

Lalu, bagaimana sebuah landing page bekerja? Sebagai contoh, jika Sahabat Wirausaha mempunyai sebuah layanan, maka Sahabat Wirausaha dapat menjelaskan secara spesifik, menarik dan jelas mengenai layanan milik Sahabat Wirausaha. Sahabat Wirausaha juga memberikan tombol call-to-action (CTA) pada landing page yang terhubung langsung dengan halaman registrasi ataupun transaksi selanjutnya. Disini Pengunjung akan mengisi formulir pada landing page yang Sahabat Wirausaha buat, karena mereka percaya konten yang mereka akses akan berharga bagi mereka. Sahabat Wirausaha dengan senang hati memberikan penawaran khusus pada user yang telah mengisi formular. Nah, user tersebut digunakan untuk upaya pemasaran kedepannya.

Baca Juga: Apa itu Market Growth?


Alur Penggunaan Landing Page

  1. Pertama, User berkunjung atau diarahkan pada landing page dengan call-to-action (CTA) formulir atau form pembelian
  2. Kedua, User mengisi data pada form sehingga yang awalnya pengunjung menjadi tamu.
  3. Ketiga, Informasi yang didapatkan dari form kemudian disimpan dalam basis data prospek kamu.
  4. Keempat, Informasi yang kamu dapatkan dapat dari data digunakan untuk upaya prospek pemasaran kedepannya.

Baca Juga: Mengenal Istilah Social Media Campaign


Website Inspirasi untuk Landing Page

Bagi Sahabat Wirausaha yang tertarik untuk membuat landing page yang menarik dan menghasilkan konversi, berikut beberapa website yang dapat Sahabat Wirausaha jadikan sebagai sumber inspirasi!

  1. Bootstrap (www.getbootstrap.com)
  2. Landingfolio (www.landingfolio.com)
  3. Nicepage (www.nicepage.com)
  4. Collectui (www.collectui.com)
  5. Dribble (www.dribbble.com)
  6. Behance (www.behance.net)
  7. Webdesign Inspiration (www.webdesign-inspiration.com)

Baca Juga: Menentukan Strategi Pemasaran di Media Sosial Melalui Audit Performa Akun

Yuk, segera bangkitkan toko online Sahabat Wirausaha dengan memiliki landing page! Yang terpenting adalah bagaimana Sahabat Wirausaha dapat mengelola landing page dengan baik menggunakan tools yang memang benar benar berguna buat Sahabat Wirausaha.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Link :

  1. https://www.niagahoster.co.id
  2. https://sasanadigital.com
  3. https://glints.com/id
  4. https://www.jagoanhosting.com