Di tengah perkembangan sosial media yang begitu masif, terdapat berbagai cara untuk meningkatkan kesadaran konsumen terhadap suatu brand. Salah satu cara yang digunakan adalah menjadikan influencer pada media sosial sebagai digital brand ambassador. Kini kita akan membahas lebih dalam seputar digital brand ambassador.

Baca Juga: Apa itu Market Growth?


Apa itu Digital Brand Ambassador?

Dilansir dari EveryoneSocial, digital brand ambassador adalah seseorang yang mempromosikan brand dan produknya ke jaringan mereka dengan tujuan meningkatkan kesadaran konsumen terhadap suatu brand dan mendorong penjualan.

Pada umumnya, digital brand ambassador menggunakan seseorang yang aktif di media sosial tertentu yang memiliki pengikut dan interaksi yang sesuai dengan brand tersebut. Bisa dikatakan bahwa brand ambassador telah menjadi wajah dan citra dari sebuah brand.

Brand ambassador memiliki sedikit perbedaan dengan influencer. Menurut Keyhole, influencer biasanya bertanggung jawab pada satu kampanye pemasaran. Ketika kampanye pemasaran tersebut selesai, kolaborasi mereka dengan brand tersebut pun selesai. Sementara itu, brand ambassador adalah mereka juga telah setuju untuk menjadi ‘wajah’ sebuah brand dan terikat pada kontrak kerjasama dalam jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya.

Baca Juga: Mengenal Psikologi Konsumen Untuk Mengambil Keputusan Pemasaran


Mengapa Brand Ambassador Penting?

Brand ambassador memiliki dampak yang baik dalam proses perkembangan brand. Adapun alasan brand ambassador penting bagi bisnis kita, yaitu:

1. Meningkatkan Citra Brand

Seorang brand ambassador kerap memiliki pengikut yang banyak dan mampu untuk membangun opini dan citra positif terhadap suatu brand. Brand ambassador akan mengatakan hal-hal baik selama satu tahun berturut-turut sehingga akan terbentuk citra yang kuat bagi brand kita.

2. Menjaga Kepercayaan Konsumen

Brand ambassador menggunakan produk Anda secara teratur, berbicara dari sudut pandang mereka sendiri, dan merekomendasikan merek Anda berdasarkan pengalaman nyata. Terlebih, mereka sudah memiliki pengikut yang kuat yang dibangun di atas kepercayaan.

Baca Juga: Mengenal Costumer Acquisition

3. Meningkatkan Interaksi dan Penjualan

Brand ambassador tentunya akan meningkatkan interaksi, baik dalam sosial media maupun website. Dengan meningkatnya interaksi tersebut, maka penjualan juga akan meningkat.

Digital brand ambassador tidak hanya dikhususkan untuk korporasi besar, sebab saat ini banyak UKM yang juga menggunakan brand ambassador. Namun perlu disesuaikan dengan anggaran yang kita punya ya agar tidak boncos.

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:

  1. The Brand Ambassador: Who Are They And Why Do They Matter?
  2. What Is a Brand Ambassador? Why Are Brand Ambassador Programs Important?