Sumber: Freepik

Saat ini, menjadi entrepreneur saja seakan tidak cukup. Sebagai seorang wirausahawan, kita dituntut pula untuk memiliki kreativitas tinggi. Umumnya, seseorang yang menjalankan bisnisnya dengan cara seperti ini disebut Creativepreneur. Nah, sebenarnya apa definisi dari istilah Creativepreneur itu sendiri? Dan apa perbedaannya dengan seorang Entrepreneur? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.


Mengenal Istilah Creativepreneur

Dilansir dari Moselo.com, Ilise Benun yang merupakan seorang mentor marketing, mendeskripsikan creativepreneur sebagai seseorang yang memulai atau menjual bisnisnya dengan bermodalkan sebuah ide kreatif. Umumnya, ide tersebut sebuah karya seni atau desain sebagai tolak ukur utamanya.

Baca Juga: Mengintip Peluang Cuan Bisnis Lestari Dengan Mengolah Sampah Ampas Kopi dan Teh

Sementara itu, website Urban Dictionary mendefinisikan Creativepreneur sebagai seorang entrepreneur alias wirausahawan yang bekerja dalam kategori visual art dan/atau menjual produk-produk kerajinan tangan, seperti karya seni, karya sastra, serta barang-barang kerajinan rotan dan kayu. Seorang pelukis, penulis, pengrajin, dan fashion designer yang membuat karya dan menjualnya sendiri adalah beberapa pekerjaan yang bisa dikategorikan sebagai Creativepreneur.

Baca Juga: Dagadu, Ikon Silang Budaya dan Pariwisata Jogja

Lalu, apa bedanya dengan seorang entrepreneur? Creativepreneur adalah salah satu jenis entrepreneur. Seorang creativepreneur otomatis merupakan entrepreneur, namun seorang entrepreneur belum tentu merupakan creativepreneur.

Saat seorang entrepreneur hanya fokus pada bagaimana menjalankan bisnisnya agar sukses dengan kemampuan-kemampuan dasar wirausaha, seperti pengelolaan keuangan, marketing, dan membaca persaingan pasar, creativepreneur juga wajib memiliki semua hal tersebut. Hanya saja, creativepreneur mengandalkan kreatifitas dan imajinasi mereka dalam membuat produk-produk seni yang tidak hanya berguna bagi konsumen, namun juga memiliki nilai seni dan keindahan yang unik.

Baca Juga: Mengenal NFT dan Manfaatnya Bagi Bisnis


Pentingnya Peran Seorang Creativepreneur

Dalam dunia UMKM, seorang creativepreneur punya peran besar untuk membuat suatu produk menonjol dan unggul dibandingkan produk sejenis lainnya. Misalnya saja, dalam sebuah usaha kerajinan rotan yang saat ini banyak digeluti pelaku UMKM Indonesia. Kebanyakan desain kursi kerajinan rotan yang ada saat ini mirip satu sama lainnya. Nah, saat suatu bisnis dikelola oleh seorang Creativepreneur, mereka punya tanggung jawab untuk menjadikan produk kursi rotan ini berbeda dengan kursi buatan pesaingnya. Kreativitas merekalah yang akan diandalkan.

Hal ini berlaku pula untuk produk lainnya. Misalnya saja, produk tote bag, kaos dan t-shirt, serta buku. Sampul sebuah buku, kaos, dan tas kanvas umumnya mengandalkan desain dan ilustrasi seorang artis. Setiap artisan punya gaya seni yang berbeda antara satu dengan lainnya sehingga masing-masing desain jadi punya nilai unik tersendiri. Keunikan inilah yang kemudian diandalkan untuk menjerat hati konsumen.

Baca Juga: Lima Alasan Kenapa Budaya Inovasi Penting Bagi UMKM


Tiga Tipe Creativepreneur

Dilansir dari Blibli.com, ada tiga tipe creativepreneur yang banyak muncul beberapa tahun belakangan, yaitu :

1. The Artist

Tipe ini membuat dan mengkreasikan sendiri produk yang mereka jual. Keuntungannya, mereka jadi tahu betul kualitas produk yang dihasilkan dan karenanya paham betul model marketing macam apa yang harus ditempuh untuk mempromosikan produk. Biasanya, produk yang dihasilkan adalah produk kuliner, fashion, ilustrasi, dan kerajinan tangan lainnya.

2. The Entertainer

Tipe yang satu ini biasanya tidak memproduksi sendiri barang dagangannya. Mereka mengandalkan pekerja lain dan hanya membuat desain awal. Namun, mereka tahu betul cara mengemas dan memasarkan produknya dengan menarik dan menghibur. The entertainer akan lebih aktif dalam mengkreasikan konten yang tepat untuk promosi produk mereka, misalnya konten blog atau website perusahaan, konten Instagram dan Facebook, serta membuat konten video untuk promosi produk. Tipe seperti ini bisa jadi memegang posisi creative marketing dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga: Cerita Inspirasi, Bhoomi Art

3. The Coach

Tipe creativepreneur yang ini punya jiwa kepemimpinan yang kuat sehingga mampu menjadi mentor bagi orang lain dengan membagikan kisah inspiratif tentang produk yang dibuatnya. Produk apapun itu, sesederhana apapun bentuknya, sosok creativepreneur ini selalu bisa menonjolkan sisi positif, filosofis, atau keunikannya agar konsumen tertarik untuk membeli. Pendeknya, mereka bisa menceritakan produknya dengan baik.

Nah, itulah serba-serbi lengkap mengenai Creativepreneur. Setelah membacanya, Sahabat Wirausaha diharapkan bisa memahami profesi Creativepreneur dengan lebih baik. Bahkan, bukan tidak mungkin, menjadi salah satu di antaranya.

Semoga bermanfaat!

Referensi :

  1. https://journal.moselo.com/creativepreneur-bisnis-...
  2. https://glints.com/id/lowongan/karakteristik-creat...
  3. https://kumparan.com/karjaid/tips-menjadi-seorang-...
  4. https://www.blibli.com/friends/blog/3-tipe-creativ...
  5. https://www.urbandictionary.com/define.php?term=Cr...