Di era yang serba digital, memasang iklan digital menjadi salah satu strategi pemasaran yang banyak dipilih Sahabat Wirausaha. Namun, salah satu tantangan dan risiko yang dihadapi ketika beriklan adalah boncos atau justru merugi. Mengeluarkan dana besar agar untung, tapi justru tidak mendapat apa-apa bahkan merugi.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, Sahabat Wirausaha dapat menggunakan metode cost per action. Yuk kita pahami terlebih dahulu apa itu cost per action dan apa manfaat mengimplementasikan metode cost per action untuk bisnis Sahabat Wirausaha? Simak artikelnya disini ya.

Baca Juga: Sistem Informasi Debitur dan Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK

Gambar 1. Cost Per Action


Mengenal Apa itu Cost Per Action

Cost per action atau yang biasa disingkat CPA adalah salah satu bentuk iklan online, di mana Sahabat Wirausaha sebagai advertiser atau pengiklan harus membayar saat ada user yang mengambil suatu tindakan, seperti user melakukan pendaftaran, mengisi formulir, membeli produk dari iklan tersebut, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Apa itu Accrued Expense?


Manfaat Cost Per Action

Dengan menggunakan metode cost per action, Sahabat Wirausaha akan mendapat keuntungan karena kita dapat mengontrol biaya iklan untuk tujuan pemasaran tertentu. Mengapa bisa demikian? karena Sahabat Wirausaha sebagai advertiser hanya akan membayar jika user melakukan aksi dari iklan yang sudah dipasang.

Sebagai contoh, Sahabat Wirausaha memasang iklan dengan tujuan untuk mempromosikan aplikasinya dengan mengajak user untuk registrasi dan mencoba free trial dari aplikasi tersebut. Dengan begitu, Sahabat Wirausaha dapat mengatur keuangan untuk promosi aplikasi tersebut dengan cost per action.

Baca Juga: Tips Mudah Bikin Laporan Keuangan Dengan Aplikasi Digital


Cara Menghitung Cost Per Action

Teknik penghitungan CPA sangat sederhana, yaitu dengan membagi “budget marketing per bulan dengan jumlah konsumen per bulannya”. Sebagai contoh, Sahabat Wirausaha memiliki budget sebesar Rp 2.000.000 untuk melakukan strategi cost per action dalam satu bulan. Apabila dalam periode tersebut Sahabat Wirausaha berhasil mendapatkan 4.000 konsumen yang melakukan aksi melalui iklan yang Sahabat Wirausaha pasang, maka biaya CPA yang dikeluarkan sebesar Rp 50.000.

Sahabat Wirausaha, itulah penjelasan singkat terkait cost per action. Selamat mencoba dan semoga dapat menambah wawasan, selamat bertumbuh!

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.

Referensi:
  1. toffeedev.com. Apa itu Cost per Action? Berikut Manfaat dan Cara Menghitungnya.