DI LEVEL MANA BRAND ANDA BERADA? - MIX Marcomm

Dalam dunia marketing, banyak sekali istilah asing yang penggunaannya mulai sering terdengar. Salah satunya adalah istilah brand attitude. Brand attitude sendiri sangat erat kaitannya pada saat perusahaan melakukan market research. Nah, untuk lebih jelasnya, Sahabat Wirausaha bisa menyimak artikel berikut ini.


Pengertian Brand Attitude

Brand Attitude merupakan pendapat customers terhadap suatu produk maupun jasa. Pendapat ini diperoleh dari sebuah market research yang dilakukan oleh perusahaan. Dengan kata lain, melalui brand attitude ini, perusahaan bisa dengan mudah mengidentifikasi keunikan produknya yang dapat diterima di pasar. Pada saat proses identifikasi, perusahaan memanfaatkan respon dari pasar atas pendapatnya terhadap produk yang dimilikinya.

Baca juga: Strategi Mengunggah Konten di Instagram


Komponen dalam Brand Attitude

Brand Attitude bisa dikatakan juga sebagai persepsi subjektif dari setiap individu target market atas keadaan pikiran masing-masing. Namun, ada hal yang bisa digaris bawahi yang bisa menjelaskan seberapa besar pelanggan lebih menyukai suatu brand dibandingkan dengan pesaingnya:

  1. Kondisi perasaan positif maupun negatif dari customer berdasarkan pengalaman mereka mengenai merek tertentu.
  2. Keyakinan yang dimiliki produk atas kondisi perasaan positif atau negatif dari customers itu akurat.

Baca juga: Tips Beriklan di Instagram Ads


Manfaat Brand Attitude

Dengan menciptakan brand attitude yang positif tentu akan mendatangkan keuntungan tersendiri, seperti:

1. Penjualan Lebih Meningkat

Perspektif yang bagus di masyarakat terhadap sebuah brand akan membuat pelanggan menjadi lebih loyal. Hal ini tentu akan berbanding lurus dengan tingkat penjualan di masa mendatang.

2. Brand Lebih Unggul

Dengan memanfaatkan informasi dari brand attitude, sebuah brand akan lebih mudah dalam mengidentifikasi apa saja kelebihan dari brand yang dimilikinya. Dengan demikian, brand akan menemukan keunggulan tersendiri dibanding dengan para kompetitornya.

Baca Juga: Bangun Customer Engagement Lewat Gimmick Promosi di Media Sosial

3. Jangkauan Pasar Lebih Luas

Respon yang positif di pasar juga akan memudahkan brand untuk memperluas jangkauan pemasaran. Bahkan dengan adanya customer loyal proses pemasaran pun akan dengan sendirinya tersebar ke pasar yang lebih luas.

Nah, itulah salah satu istilah yang terdapat di dunia marketing. Sebenarnya masih banyak lagi istilah asing yang sering kita temukan. Untuk itu, tidak ada salahnya jika Sahabat Wirausaha mencari tahu lebih banyak lagi istilah-istilah tersebut untuk memudahkan proses pemasaran.

Baca Juga: Brand Activation

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini ya Sahabat Wirausaha.