Business people meeting.

Sahabat Wirausaha untuk berhasil memenangkan persaingan, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah mempertahankan konsumen. Bagaimana caranya mempertahankan konsumen? yaitu dengan mengenal siapa dan apa yang dilakukan oleh kompetitor bisnis. Oleh karena itu artikel ini akan mengupas tentang analisis peta persaingan yang akan membantu Sahabat Wirausaha mengenali kompetitor bisnis dengan baik.


Apa Itu Analisis Peta Persaingan?

Analisis peta persaingan merupakan suatu kegiatan menganalisa atau mengidentifikasi apa-apa saja yang dilakukan oleh pihak pesaing atau perusahaan yang menghasilkan barang atau jasa yang mirip dengan produk kita.

Baca Juga: e2e Webinar Strategi Menarik Investor guna Meningkatkan Daya Saing UMKM


Analisis Peta Kekuatan Persaingan

Dalam analisis peta kekuatan persaingan adalah upaya untuk mengidentifikasi sumber utama tekanan persaingan dan seberapa kuat tekanan tersebut. Menurut Porter, pola umum peta persaingan dalam pasar biasanya melibatkan lima kekuatan yang masing-masing saling memperoleh keuntungan yang maksimal berasal dari:

Baca Juga: Meningkatkan Daya Saing Ekspor Dengan Mengkomunikasikan Prinsip ‘Sustainability’

  1. Persaingan diantara sesama penjual dalam merebut dan mempertahankan pasar.
  2. Adanya barang subtitusi.
  3. Adanya potensi tekanan masuknya pendatang baru.
  4. Kekuatan tawar-menawar para supplier.
  5. Kekuatan tawar-menawar pihak pembeli.
  6. Persaingan diantara sesama penjual.

Peta Posisi Pasar Perusahaan Kuat dan Lemah

Sahabat wirausaha, ada sejumlah langkah yang perlu dilakukan dalam menyusun peta persaingan suatu kelompok usaha strategis dan menentukan perusahaan mana yang termasuk di dalamnya, yaitu:

Baca Juga: Market Risk

  1. Identifikasi karakteristik persaingan yang dapat membedakan satu perusahaan dengan perusahaan yang lain.
  2. Plot perusahan-perusahaan tersebut atas dasar peta dua variable yang dipilih dengan menggunakan dua macam karakteristik yang berbeda.
  3. Tandai perusahan-perusahaan yang masuk dalam era dan kelompok yang menggunakan strategi yang sama.
  4. Buatlah lingkaran pada tiap-tiap kelompok strategis, luas lingkaran proporsional dengan ukuran pangsa pasar terhadap total penjualan industry keseluruhan.

Dalam menghadapi persaingan pasar yang ketat, memahami pelanggan saja tidaklah cukup. Perusahaan harus mulai memberikan perhatian lebih kepada pesaing-pesaingnya. Maka dari itu penting untuk melakukan analisis peta persaingan. Semoga sahabat wirausaha mendapat informasi baru dan bermanfaat dari artikel ini.

Baca Juga: Black Market

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Referensi:

  1. akuntansiterapan.com
  2. www.slideshare.net
  3. ejurnal.its.ac.id