Time management concept for landing page

Sahabat Wirausaha tentu ingin mengalokasikan waktu semaksimal mungkin agar segala aktivitas dapat berjalan lancar. Pada analisis pareto alokasi waktu terdapat aturan 80/20, aturan ini dapat digunakan untuk meningkatkan manajemen waktu kita. Melalui artikel ini Sahabat Wirausaha akan memahami prinsip analisis pareto untuk alokasi waktu dengan lebih baik.

Baca Juga: Analisis Pareto Biaya


Pengertian Analisis Pareto Alokasi Waktu

Dalam teori manajemen, ada prinsip penting yang dikenal sebagai aturan 80-20 atau prinsip Pareto. Idenya dirumuskan oleh ekonom dan sosiolog Italia Vilfredo Federico Pareto. Prinsipnya menyatakan bahwa, untuk banyak peristiwa, kira-kira 80% efeknya berasal dari 20% penyebabnya.

Prinsip Pareto dalam alokasi waktu menyatakan bahwa 80% hasil akan datang dari 20% usaha. Akibatnya, menyadari prinsip Pareto terutama dapat membantu kita menetapkan prioritas yang tepat. Ini dapat membantu kita untuk fokus pada aktivitas yang akan memiliki dampak terbesar dalam bisnis dan kehidupan pribadi kita.

Baca Juga: Analisis Pareto Penjualan


Mengatur Waktu dengan Baik

Prinsip Pareto mengajarkan kita untuk fokus pada 20 persen pekerjaan kita, karena hal itu akan berdampak pada 80 persen hasil akhir yang diharapkan. Artinya dengan upaya minimal namun membuahkan hasil maksimal. Didalamnya tetap ada bagian dimana kita dituntut untuk bekerja keras dalam mengejar target, namun dengan fokus pada hal-hal yang terpenting.

Salah satu yang krusial dalam menerapkan prinsip 80/20 ini adalah menentukan apa yang menjadi hal terpenting dan menjadi pekerjaan utama. Tidak semua hal penting harus menjadi prioritas, kita harus bisa memilah mana yang menjadi pekerjaan utama dan terpenting sehingga harus diprioritaskan.

Baca Juga: Hal yang UMKM Wajib Tahu Tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko

Buatlah daftar pekerjaan penting itu dan urutkan berdasarkan prioritasnya. Jika kita bisa menyelesaikan pekerjaan utama yang menjadi tanggung jawab, maka bisa dipastikan 80% hasil sudah dalam proses. Lalu sisa pekerjaannya bagaimana? Kita bisa meminta bantuan atau mendelegasikannya. Untuk itu fokus pada hal-hal utama tersebut sangat penting dalam mencapai kesuksesan, karena hal ini merupakan kunci produktivitas.

Hari ini, Sahabat Wirausaha cobalah dengan membuat langkah pertama untuk menerapkan prinsip pareto ini, ketahuilah hal-hal dan prioritas dalam pekerjaan kita. Lalu fokus untuk menyelesaikan pekerjaan itu dan lihatlah hasilnya.

Baca Juga: Analisis Pareto

Jika merasa artikel ini bermanfaat, yuk bantu sebarkan ke teman-teman Anda. Jangan lupa untuk like, share, dan berikan komentar pada artikel ini.

Referensi:

  1. www.spica.com
  2. assets.entrepreneur.com
  3. hive.com