Bersiap Untuk Belanja Akhir Tahun? Cek Katalog Baru UKM JuWAra dan Dukung Usaha-usaha Lokal

Artikel · Berita
Lama Baca : 2 Menit

Bersiap untuk belanja akhir tahun?

Cek katalog baru UKM JuWAra dan dukung usaha-usaha lokal

WhatsApp bersama dengan UKM Indonesia dan Kementerian Perdagangan mempersembahkan katalog digital yang menampilkan transformasi, inspirasi, dan promosi UMKM Indonesia

Jakarta, 19 November 2021 Hari ini, WhatsApp bersama dengan UKM Indonesia dari Universitas Indonesia dan Kementerian Perdagangan meluncurkan situs #UKMJuWAra, sebuah katalog digital berisikan 100 UMKM terpilih dari program pelatihan Go Digital dan ScaleUp.

Situs ini diluncurkan dalam rangka menyambut perayaan akhir tahun, sehingga para pelanggan dapat sekaligus mendukung UMKM lokal dalam katalog tersebut. Para pelanggan dapat menjelajahi katalog ini berdasarkan kategori produk dan lokasi usaha-usaha tersebut, kemudian memesan langsung melalui tautan yang terhubung ke akun WhatsApp dan Instagram UMKM tersebut.

Situs www.ukmjuwara.id diluncurkan menyusul suksesnya pelatihan UMKM di seluruh Indonesia untuk mendorong pemulihan usaha mereka dari dampak berat pandemi selama dua tahun ke belakang. Katalog ini menampilkan para alumni terkurasi yang sudah berhasil mengoptimisasi teknologi untuk mengembangkan usaha mereka dan menjadi inspirasi bagi para UMKM lain untuk mengakselerasi transformasi digital mereka. Lebih dari 7.000 UMKM di seluruh Indonesia telah mengikuti program pelatihan Go Digital dan ScaleUp, di mana mereka belajar terkait cara memaksimalkan platform digital dan pembuatan konten untuk mempromosikan usaha mereka dengan lebih efektif pada masyarakat luas.

Untuk mengumumkan peluncuran situs ini, WhatsApp, UKM Indonesia, dan Kementerian Perdagangan mengadakan talkshow virtual bersama alumni UKM JuWAra 2020.

“Untuk memungkinkan pemulihan ekonomi nasional, pemerintah telah memperkenalkan berbagai langkah untuk membantu UMKM beradaptasi dan bangkit kembali. Namun, UMKM membutuhkan sistem dukungan tambahan untuk membantu mereka meningkatkan kapasitas serta bergabung dalam ekonomi digital secara cepat dan mudah. Penting bagi para UMKM untuk siap menggunakan teknologi guna terus menumbuhkan usaha mereka, terhubung dengan pasar, dan menjadi lebih kompetitif,” ucap Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Oke Nurwan dalam pidato pembukaannya.

Oke menambahkan, “Kami mengapresiasi WhatsApp dan UKM Indonesia atas program-program berharga mereka yang mendukung kami dalam meningkatkan skala dan mengakselerasi transformasi digital di antara UMKM yang belum terjangkau. Kami telah melihat bahwa platform perpesanan yang privat, seperti WhatsApp, dapat menjadi platform yang meskipun sederhana dan mudah diakses, tetapi dapat sangat berdaya untuk membantu UMKM berpartisipasi dalam ekonomi digital.”

Dalam situs tersebut, masyarakat dapat menemukan koleksi dari 100 UMKM terkurasi yang asal 19 provinsi Indonesia, mulai dari makanan, pakaian, kerajinan, dan banyak lagi. Ke depannya, katalog ini juga ditujukan untuk menjadi direktori UMKM guna membantu promosi agar mereka semakin mudah ditemukan oleh calon pelanggan. Lebih dari itu, katalog ini juga bertujuan untuk menginspirasi para UMKM lain dalam segi standar produk dan pemasaran digital.

Menurut Chief Editor UKMIndonesia.id Dewi Meisari, katalog digital ini bertujuan untuk mendukung keberlanjutan program-program pelatihan UMKM yang sudah diinisiasi oleh WhatsApp dan UKM Indonesia selama dua tahun ke belakang.

“Kami melihat bagaimana UMKM telah berjuang untuk tetap bertahan dan pulih dari pandemi,” ucap Dewi. “Kami ingin mengubah hal tersebut dengan menyediakan pelatihan digital yang kami percaya dapat membantu perbaikan cara berjualan UMKM, yang sangat penting untuk meningkatkan omset. Kami merekam semangat perbaikan dari pelaksanaan tugas dan interaksi pelatihan. Karena percuma ilmu kalau tidak dipraktekkan. Nah, yang terbukti memiliki semangat maju tinggi ini kami fasilitasi untuk dipromosikan lebih lanjut agar brand mereka semakin mudah ditemukan oleh pelanggan, yaitu melalui situs mikro ukmjuwara.id. Seiring kami terus melatih lebih banyak UMKM, kami akan menambahkan UMKM yang terkurasi untuk dipromosikan melalui katalog tersebut di masa depan, agar terus berkelanjutan.”

Bagi Public Policy Manager WhatsApp Indonesia Esther Samboh, situs #UKMJuWAra merupakan pencapaian baru bagi WhatsApp dalam mendukung UMKM di Indonesia.

“Kami dengan sangat senang hati meluncurkan situs #UKMJuWAra bekerja sama dengan UKM Indonesia dan Kementerian Perdagangan untuk terus memberdayakan UMKM di seluruh Indonesia,” kata Esther. “Sejak tahun lalu, pelatihan Go Digital dan katalog UKM JuWAra kami telah terbukti efektif dan berdampak positif dalam mendorong digitisasi ribuan UMKM di lebih dari 32 provinsi di seluruh Indonesia, termasuk di kabupaten-kabupaten terpencil seperti Kabupaten Simeulue di Aceh, Kabupaten Rote di NTT, serta Kabupaten Maybrat di Papua Barat. Sekitar 30% dari peserta pelatihan kami tahun ini juga berasal dari luar Pulau Jawa.”

Esther juga menambahkan, “Katalog ini menjadi direktori terkurasi untuk masyarakat di seantero negeri agar dapat dengan mudah menemukan dan mendukung usaha lokal favorit mereka seiring kita mendekati tahun baru dan selanjutnya. Lebih penting lagi, kami juga berharap situs ini dapat menjadi sumber inspirasi bagi para UMKM lain di Indonesia untuk tumbuh dan pulih bersama. Sangat menyenangkan melihat semua ini dapat terealisasikan dengan bantuan aplikasi seperti WhatsApp Business yang didesain untuk menyederhanakan dan bisa diandalkan oleh para pelaku UMKM untuk berhubungan langsung dengan para pelanggan mereka di pelosok Indonesia. Sepanjang pelatihan, kami juga memastikan para pelaku usaha mengerti bagaimana cara menjaga diri mereka sendiri dan para pelanggan mereka agar tetap aman di WhatsApp.”

Menyusul acara peluncuran ini, kampanye #UKMJuWAra akan dilanjutkan dengan serangkaian kegiatan daring seperti sesi Instagram Live dengan beberapa UMKM terpilih pada tanggal 20 November, kompetisi Instagram Reel, dan kompetisi artikel untuk jurnalis. Kedua kompetisi tersebut akan diadakan dari tanggal 21 hingga 27 November dengan berbagai hadiah, mulai dari uang tunai hingga kupon belanja.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait katalog digital dan kampanye #UKMJuWAra, Anda dapat mengakses http://ukmjuwara.id.

###

Tentang WhatsApp

WhatsApp adalah aplikasi perpesanan privat yang sederhana, andal, dan aman. Lebih dari 2 miliar orang di lebih dari 180 negara menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, kapan pun dan di mana pun. WhatsApp tidak hanya menawarkan layanan tanpa biaya, tetapi juga tersedia di berbagai perangkat seluler dan dapat dijangkau di area dengan konektivitas rendah sekalipun. WhatsApp memudahkan pengguna untuk berbagi momen favorit, mengirimkan informasi penting, atau mengobrol dengan teman secara privat. Pengguna juga dapat mengirim dan menerima foto, video, dokumen, serta melakukan panggilan video atau berbagi pesan suara. Semua pesan dan panggilan diamankan dengan enkripsi end-to-end. WhatsApp membantu setiap orang untuk tetap terhubung dan berbagi informasi di mana pun mereka berada.

Tentang ukmindonesia.id

Webportal ukmindonesia.id adalah sebuah Hak Cipta dan Hak Merek dari Universitas Indonesia, yang hadir untuk menghadirkan pusat informasi, pengetahuan, dan ragam kesempatan bagi UMKM yang ingin naik kelas. Sebagai media online, ukmindonesia.id dikelola di bawah LPEM FEB UI yang memperkuat konten berbasis riset dan kajian. Sebagai fasilitator komunitas UMKM yang ingin naik kelas, ukmindonesia.id jugamengembangkan ragam program pelatihan dan pendampingan dengan merek UKM Indonesia yang dikelola oleh PT Indonesia Tumbuh Inklusif di bawah perjanjian lisensi dengan Universitas Indonesia.

ukmindonesia.id
2021-11-22 14:37:17